Sisca Dwi Rachmawati traveling enthusiast

10 Tempat Makan di Jakarta yang Jadi Favorit Wisatawan

4 min read

Bakmi Gang Kelinci Jakarta

Sebagai Ibu Kota, Jakarta tidak hanya menjadi pusat perekonomian tetapi juga memiliki beberapa tempat kuliner yang legendaris dan memiliki cerita unik di dalamnya. Budaya Betawi yang kental serta beragam sajian khas yang ditawarkan pun menjadi paduan yang istimewa. Berikut 10 ulasan tempat makan di Jakarta yang legendaris, unik hits dan istimewa yang wajib dikunjungi:

1. Bubur Kwang Tung

Bingung memilih menu sarapan pagi? Atau malas makan nasi di pagi hari? Jika itu menjadi keluhan anda hari ini, mengunjungi tempat makan di Jakarta, Bubur Kwang Tung yang terletak di Pecenongan, Senopati, dan Kelapa Gading, Jakarta bisa jadi pilihan. Bubur Kwang Tung menyajikan menu makanan dengan porsi yang melimpah. Menu favorit di tempat ini adalah bubur ayam yang dijual dengan harga Rp40.000.

Bubur Kwang Tung Tempat makan di Jakarta
Bubur Kwang Tung jakarta, Foto oleh Myeatandtravelstory WordPress Com

Tak hanya menyediakan menu bubur saja, Bubur Kwang Tung yang buka 24 jam untuk cabang Pecenongan ini juga menyediakan menu lainnya seperti nasi goreng atau cah kailan. Memiliki tempat yang nyaman untuk santap pagi bareng keluarga menjadi salah satu keunggulan tempat makan Jakarta ini loh. Jadi, jangan lupa mampir dan mencoba menu sarapan yang legendaris ini yah!

2. Es Krim Ragusa

Bingung memilih menu pencuci mulut yang cita rasanya legendaris? Tak perlu khawatir lagi, ada tempat makan di Jakarta yang namanya Es krim Ragusa atau yang sering juga disebut dengan Ragusa Italian Ice Cream. Merupakan salah satu tempat legendaris yang sudah beroperasi sejak tahun 1932. Es Krim Ragusa ini memiliki desain interior maupun eksterior yang bernuansa klasik vintage yang membuat kita serasa kembali ke zaman tempo dulu. Terdiri dari empat jenis varian es krim yang ditawarkan, yakni mulai dari reguler, premium, mixed hingga fancy flavored. Tapi, ada satu menu andalan yang paling banyak dicari pengunjung, yaitu spaghetti Ice Cream, untuk rasanya tidak perlu ditanya lagi pastinya yummy!

Es Krim Ragusa Jakarta
Es Krim Ragusa Jakarta, Foto oleh Dailyvoyagers Com

Es Krim Ragusa didirikan oleh Vicenzo dan Luigio Raguso, berlokasi di Jalan Veteran 1 No. 10, Gambir, Kota Jakarta Pusat. Memiliki jam operasional melayani pembeli mulai dari pukul 10.00 sampai 22.00 malam. Untuk 1 porsi es krim dibanderol mulai harga Rp15.000 saja loh. Sudah terbayang kan kesegaran Es Krim Ragusa ini? Jangan lupa mampir yah!

3. Bakmi Gang Kelinci

Bakmi legendaris di Jakarta ini sudah berdiri sejak 1957 di kawasan Pasar Baru, Jalan Kelinci Raya No. 1-3, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat. Kepopulerannya bertahan terus dan tak lekang oleh waktu. Hal ini bisa dilihat dengan ramainya pengunjung yang silih berganti mengisi setiap tempat duduk sejak pukul 07.00 sampai 21.00.

Bakmi Gang Kelinci Tempat Makan di Jakarta
Bakmi Gang Kelinci Jakarta, Foto oleh Lidbahaweres Com

Tempat makan di Jakarta ini menawarkan berbagai menu dengan bahan dasar mie. Menu yang disajikan seperti Bakmi Ayam Cah Jamur hingga Dimsum lezat yang dibanderol mulai harga Rp25.000 saja. Menu paling favorit  yaitu Bakmi Ayam Jamur bisa menjadi opsi untuk makan siang atau makan malam anda. Rasanya dijamin nendang banget!

4. Gado-Gado Bonbin

Gado-Gado Bonbin turut menjadi tempat makan legendaris yang ada di Kota Jakarta. Tempat makan sederhana ini berdiri sejak 1960, yang dibangun oleh Hadi Lingga Wijaya. Gado-Gado Bonbin berisikan kol, kacang panjang, toge, bayam, timun, kentang, tahu, telur, kemudian disiram dengan bumbu kacang yang diracik oleh pemilik rumah makan sendiri. Setelah itu tak lupa bawang goreng ditaburkan di atasnya, juga emping untuk membuat rasanya semakin istimewa.

Gado Gado Bonbin Jakarta
Gado gado Bonbin Jakarta, Foto oleh Manual Co Id

Tempat makan di Jakarta yang satu ini, berlokasi di Jalan Cikini IV No. 5, Menteng, beroperasi sejak pukul 10.00 sampai 17.00. Rasanya tetap terjaga sejak awal dibuka, satu porsi Gado–Gado Bonbin ini dibanderol harga mulai dari Rp23.000 saja loh. Nikmati kelezatan makanan khas Jakarta yang menyehatkan ditempat legendaris ini ya!

5. Nasi Uduk Gondangdia

Nasi Uduk Gondangdia Jakarta
Nasi Uduk Gondangdia Jakarta, Foto oleh Teaforbreak Com

Nasi Uduk Gondangdia berada di Jalan Cikini IV No. 12, buka mulai pukul 10.00 sampai 23.00. Menu yang tersedia, seperti nama tempatnya, yakni nasi uduk yang ditambah dengan irisan daging yang empuk dan lezat. Sajian nasi uduk di tempat ini cukup terjangkau di kantong, yakni mulai harga Rp20.000 saja loh. Jangan lupa mampir ke Nasi Uduk Gondangdia untuk menikmati sajian nasi gurih dengan aromanya yang semerbak dan menggoda pada tempat makan di Jakarta yang khas ini!

Baca Juga : Oleh-Oleh Khas Jakarta

6. Restoran Trio

Meski tempatnya tak terbilang mewah, Restoran Trio yang terletak di Jalan R.P. Soeroso No. 29A cukup terkenal dan legendaris, apalagi soal rasa makanannya. Restoran yang sudah jadi favorit sejak 1985 ini menghadirkan lebih dari 20 menu makanan Chinese Food.

Restoran Trio Jakarta
Restoran Trio Jakarta, Foto oleh Tasteatlas Com

Babi Hong merupakan menu favorit yang dapat anda santap di restoran ini hanya dengan merogoh kocek Rp70.000 saja. Restoran ini mempunyai dua jam buka yakni jam 10.00-14.00 dan 17.00-21.30 malam. Well,  tertarik untuk datang dan mencicipi makanan di Resto Trio?

7. Kopi Tak Kie

Memiliki hobi minum kopi? Di Jakarta, terdapat Kedai Kopi Tak Kie yang sudah berdiri sejak tahun 1930, cita rasanya yang khas tetap bertahan meskipun ragam cita rasa kopi kini hadir dengan segala kebaruannya. Tempat ini menyajikan dua jenis kopi, yakni kopi hitam dan kopi susu ala tempo dulu, jadi jangan harap kalian bisa menemukan rasa kopi kekinian seperti yang biasa ditemukan sekarang ini ya. Berlokasi di jalan Gg.Gloria No. 4-6, Glodok, Jakarta Barat. Jangan lupa menikmati sajian kopi legendaris yang satu ini yah!

Kopi Tak Kie Jakarta
Kopi Tak Kie Jakarta, Foto oleh Minumkopi Com

8. Soto Betawi H. Ma’ruf

Belum pernah coba Soto Betawi? Soto memang punya banyak jenisnya, di Jakarta sendiri, kamu bisa menemukan banyak jenis soto salah satunya adalah Soto Betawi yang hits dan legendaris. Soto Betawi H. Ma’ruf merupakan pilihan tepat bagi anda yang ingin mencicipi soto legendaris saat pergi ke Jakarta.

Soto Betawi H. Ma’ruf Tempat Makan di Jakarta
Soto Betawi H. Ma’ruf Jakarta, Foto oleh Travelingyuk Com

Tempat makan di Jakarta ini, berlokasi di Taman Ismail Marzuki Jalan Cikini Raya No. 73 Jakarta Pusat, Soto Betawi H. Ma’ruf terkenal enak dan segar. Mau kuah bening atau kuah santan, jangan lupa ditambah seporsi sate kambing agar lebih nikmat rasanya.

9. Laksa Betawi Asirot

Kuliner lokal khas Jakarta yang layak dicoba adalah Laksa Betawi Asirot. Kualitas yang terjaga membuat kuliner ini mampu bertahan sejak tahun 1978 di Jalan Assirot No. 1, Sukabumi, Kota Jakarta Selatan. Kuah laksa dengan rasa rempah yang kuat memberikan sensasi tersendiri bagi para penikmatnya. Paduan bumbu khas Indonesia seperti lengkuas, jahe, kunyit, biji pala, jinten, lada, serai, kemiri, daun jeruk, daun salam, ketumbar, serta rebon memberikan cita rasa yang khas.

Laksa Betawi Asirot Jakarta
Laksa Betawi Asirot Jakarta, Foto oleh Azwar Muhis

Apalagi adanya tambahan santan memunculkan sensasi gurih yang mengesankan pada makanan. Isian laksa seperti telur, tahu hingga daging semur yang dihidangkan bersama ketupat, daun tauge, kucai, dan bawang goreng menjadikan kuliner khas Jakarta ini sensasional dalam hal rasa.

10. Asinan Betawi H Mansyur

Jika ingin mencoba kuliner khas Jakarta lainnya, anda boleh mampir ke tempat makan di Jakarta, Asinan Betawi H Mansyur yang berlokasi di Jalan Taman Kamboja No. 10, Rawamangun, Jakarta Timur, yang beroperasi mulai pukul 10.00 sampai 21.00. Tempat ini menyajikan menu asinan sayur dan asinan buah dengan rasanya yang enak. Perpaduan rasa gurih, pedas, manis, dan asam sangatlah menggugah selera.

Asinan Betawi Jakarta
Asinan Betawi Jakarta, Foto oleh Food Detik Com

10 ulasan tempat makan Jakarta di atas merupakan rekomendasi yang wajib anda coba ketika singgah di Kota Jakarta. Sajian legendaris lengkap dengan konsep tempat yang unik serta cita rasa makanan yang istimewa, semakin membuat pengunjung selalu ingin mencobanya. Selamat berkuliner!

Last Updated on August 29, 2020 by Siti Ruli Wahyuni

Sisca Dwi Rachmawati
Sisca Dwi Rachmawati traveling enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *