1. Oleh-Oleh Khas

10 Oleh-oleh Khas Solo yang Terkenal dan Kekinian

Solo memiliki ciri khas budaya dan keramahan warga lokalnya, menjadi pesona dan daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke Kota Solo. Setelah puas menikmati keindahan alam dan ragam wisatanya, jangan lupa menyempatkan diri untuk membeli oleh–oleh khas Solo ya! Berikut 10 rekomendasi oleh-oleh khas Solo yang wajib dicoba:

Solo memiliki ciri khas budaya dan keramahan warga lokalnya, menjadi pesona dan daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke Kota Solo. Setelah puas menikmati keindahan alam dan ragam wisatanya, jangan lupa menyempatkan diri untuk membeli oleh–oleh khas Kota Solo ya! Berikut 10 rekomendasi oleh–oleh khas Solo yang wajib dicoba:

1. Serabi Khas Solo

Daftar Isi

Serabi Khas Solo
Serabi Khas Kota Solo, Foto Oleh Pinterest Com

Setelah mencoba makanan berat, pastinya penasaran dan tertarik untuk mencicipi jajanan ataupun kue khas Kota Solo. Serabi Solo merupakan kue yang sudah terkenal dan banyak peminatnya. Serabi merupakan jajan tradisional yang terbuat dari tepung beras dengan cita rasa yang manis dan bertekstur lembut. Diolah dengan santan yang kental membuat serabi memiliki cita rasa manis dan gurih. Dibanderol dengan harga Rp2.000 per serabi. Wah, cukup menggiurkan untuk dicoba bukan?

2. Serundeng

Serundeng Khas Solo
Serundeng Khas Solo, Foto Oleh Omiyago Com

Serundeng merupakan salah satu rekomendasi oleh–oleh dari Kota Solo. Terbuat dari olahan buah kelapa yang diparut dan dicampur irisan daging kecil–kecil. Menghasilkan cita rasa yang gurih pada serundeng membuat makanan satu ini digemari oleh banyak orang, mulai dari warga lokal hingga wisatawan yang datang berkunjung. Serundeng cocok dimakan dengan nasi hangat, hmm nikmat kan? 

3. Intip

Oleh-oleh khas Kota Solo yang satu ini bernama Intip yang identik dengan makanan “wong ndeso” yang selalu ramai diburu oleh wisatawan. Intip diolah dengan cara pengambilan kerak nasi yang melekat pada panci, kemudian dijemur hingga kering dibawah sinar matahari. Setelah teksturnya kering, barulah digoreng dengan minyak yang panas. Intip menghasilkan cita rasa yang gurih, asin dan renyah.

Intip Khas Kota Solo
Intip Khas Solo, Foto Oleh Traveling Yuk Com

Oleh–oleh Intip juga memiliki rasa lain seperti, rasa manis yang terbuat dari olahan karamel gula jawa yang menambah rasa legit di setiap gigitannya. Harga Intip ini dibanderol kisaran Rp10.000 sampai Rp50.000 saja, murah kan? Tak heran banyak wisatawan berkunjung ke Solo yang selalu menyempatkan untuk membeli Intip sebagai oleh-oleh khas Solo.

4. Ampyang

Ampyang Khas Kota Solo
Ampyang Khas Solo, Foto Oleh Tribun News Com

Oleh–oleh Solo selanjutnya yang bisa dijadikan rekomendasi adalah Ampyang. Jajanan tradisional yang sudah legendaris ini terbuat dari olahan Gula jawa merah yang sebelumnya dilelehkan terlebih dahulu kemudian dicampur dengan kacang tanah dan dicetak sesuai selera. Ampyang memiliki cita rasa yang manis, legit, gurih dan pastinya enak. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau di kantong, yakni mulai dari harga Rp4.000 sampai Rp15.000 saja. Ampyang cocok disajikan bersamaan dengan secangkir kopi maupun teh hangat. Jadi jangan lupa mampir membeli Ampyang ketika mampir di Solo!

5. Solo Pluffy

Solo Pluffy Oleh-oleh Khas Solo
Solo Pluffy Khas Solo, Foto Oleh Toko Pedia Com

Di era saat ini banyak yang berbondong–bondong membuka usaha kue di berbagai kota, salah satunya yang tak terlewatkan adalah Solo. Solo Pluffy merupakan olahan kue kekinian dengan tekstur yang lembut dan lezat. Rasa yang ditawarkan sangat beragam seperti choco, cheese, strawberry dan cornflake. Solo Pluffy dibanderol mulai dari Rp48.000 sampai Rp58.000 saja. Penasaran dengan rasa lembut dan lumer yang ditawarkan? Jangan lupa mampir yah ketika berkunjung ke Solo

6. Roti Orion

Roti Orion Kota Solo
Roti Orion khas Solo, Foto Oleh Toko Pedia Com

Roti Orion atau yang sering disebut Roti Mandarijnnya merupakan salah satu oleh-oleh kue khas Solo. Roti Onion ini memiliki varian rasa seperti mandarijn biasa, mandarijn kismis, dan mandarijn spesial. Dibanderol dengan harga Rp75.000 sampai Rp180.000. memiliki resep rahasia yang membuat roti ini bertahan hingga satu minggu. Untuk rasa yang dihasilkan dari roti orion ini jangan diragukan lagi, rasanya enak dan lezat. Jadi, jangan lupa masukan list roti orion sebagai buah tangan ketika berkunjung ke Solo yah!

7. Bakpia Balong

Bakpia Balong Oleh-oleh Khas Solo
Bakpia Balong Khas Solo, Foto Oleh Shopee Co Id

Tidak hanya di Kota Jogja saja yang punya bakpia, tapi di Kota Solo juga mempunyai Bakpia Balong yang menjadi oleh–oleh khas Solo. Memiliki tekstur yang lembut Bakpia Balong selalu dicari wisatawan yang mampir ke Solo. Dilengkapi dengan varian rasa yang otentik yakni, ketan, kacang hitam, dan coklat. Tertarik mencoba bakpia lembut khas Solo ini?8

8. Balung Kethek

Balung kethek Kota Solo
Balung kethek Khas Solo, Foto Oleh Beepdo Com

Nama oleh–oleh Solo yang satu ini cukup unik yakni Balung Kethek jika diartikan dalam bahasa indonesia artinya adalah tulang monyet. Terbuat dari bahan dasar singkong yang dipotong seperti irisan keripik. Dilengkapi dengan varian rasa balado, ayam bakar, pedas, keju. Renyah dan gurih itulah cita rasa yang dihasilkan oleh jajanan Balung Kethek dari Solo. Bagaimana tertarik untuk mencoba jajanan khas Solo ini? Jadi, jangan lupa mampir membelinya sebagai buah tangan yah!

9. Brem Solo

Brem Khas Kota Solo
Brem Khas Solo, Foto Oleh Detimes Com

Brem Solo merupakan oleh–oleh khas Kota Solo yang berbentuk bulat dan padat. Brem Solo terbuat dari olahan peragian air tape. Dan jajanan ini memiliki rasa unik yakni cita rasa masam, dingin dan sedikit lumer ketika di dalam mulut. Brem Solo memberikan sensasi menyegarkan di dalam mulut dalam satu gigitan saja. Dengan rasanya yang nikmat dan harganya yang terjangkau, tak heran wisatawan yang berkunjung ke Kota Solo selalu menyempatkan untuk mampir membeli oleh–oleh khas Solo yang satu ini.

10. Solo Prabu

Rori Prabu Kota Solo
Rori Prabu Solo, Foto Oleh Mami Kos Com

Solo Prabu menjadi salah satu oleh–oleh yang menjadi primadona para wisatawan. Buah tangan dengan oleh kekinian dari pastry yang dilapisi cream dan topping di atasnya membuat orang yang melihat langsung ingin mencicipinya. Yang menjadikan makanan ini unik adalah pengambilan nama menu yang berasal dari nama pandawa lima dan pewayangan. Memiliki varian rasa seperti yudhistira O’cheese, bima greentea, arjuna blueberry, nakula chocolate dan sadewo taro, semar keju, petruk tiramisu. Harganya pun relatif terjangkau mulai dari harga Rp40.000 sampai Rp55.000. Jadi, sangat menarik untuk dijadikan salah satu list oleh-oleh ketika mampir ke Kota Solo.

Well, diatas merupakan ulasan rekomendasi oleh–oleh khas Solo yang bisa kamu bawa pulang untuk keluarga maupun kerabat terdekat. Kenikmatan rasa yang ditawarkan dan harga yang terjangkau membuat para wisatawan tak pernah absen loh untuk mampir dan membeli buah tangan khas Kota Solo!

Baca Juga : 25 Makanan Khas Solo Jawa Tengah yang Harus Kamu Cicipi

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 10 Oleh-oleh Khas Solo yang Terkenal dan Kekinian

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Martabak manis adalah salah satu makanan yang sangat populer di Indonesia. Makanan ini terbuat dari tepung terigu, telur, gula, dan susu. Martabak manis biasanya menggunakan berbagai macam topping, seperti coklat, keju, kacang, dan meses. Jika kamu ingin membuat martabak manis ala rumah, tidak perlu khawatir karena pembuatannya pun mudah, cukup menggunakan teflon saja. Berikut ini […]
    Singkawang merupakan salah satu kota di Kalimantan Barat yang terkenal dengan keragaman budayanya. Keragaman budaya tersebut juga tercermin dalam kuliner khas Singkawang yang beragam. Singkawang merupakan kota yang kaya akan kuliner khas. Kota ini memiliki beragam makanan khas yang turun temurun oleh berbagai budaya, mulai dari budaya Tionghoa, Melayu, dan Dayak. Berikut ini  5 makanan […]