Sisca Dwi Rachmawati traveling enthusiast

10 Tempat Makan di Jogja yang Terkenal Enak & Murah

4 min read

Moelih Ndeso

Pesona kota Jogja memang tidak pernah ada habisnya, mulai dari destinasi wisatanya hingga berbagai makanan khas bercita rasa unik yang bisa kita jumpai di seluruh tempat makan Jogja. Jogja memang merupakan kota yang masih kental akan kesan tradisional, sumber kekayaan alam hingga leluhurnya yang masih tetap dijaga dan dilestarikan sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk berlibur serta berwisata kuliner. 

Berbicara mengenai liburan, tidak akan pernah terasa lengkap sebelum anda mencicipi makanan Jogja dari 10 tempat makan di Jogja ini. Tidak hanya ragam cita rasa kuliner saja yang bakal menggoyangkan lidah, tapi suasana yang khas serta harga yang terjangkau juga nggak bikin kantong tipis. Berikut daftar 10 tempat kuliner Jogja yang bisa anda kunjungi:

1. Lele Mangut Mbah Marto

Kuliner olahan kota Jogja yang berasal dari lele ini bisa menjadi pilihan ketika singgah di kota Jogja. Tempat makan di Jogja, Lele Mangut Mbah Marto yang berada di panggungharjo, bantul, Yogyakarta tepatnya berada di belakang kampus ISI ini bisa jadi pilihannya. Lele ini dimasak dengan ditambahkan rempah-rempah khusus dan di masak di atas tungku, yang membuat cita rasa lele mangut ini semakin menggugah selera.

Lele Mangut Mbah Marto
Lele Mangut Mbah Marto Jogja, Foto oleh Jejak Kuliner

2. Gudeg Pawon

Berbicara soal kuliner Jogja, tak lengkap rasanya jika belum mencoba makanan khas yang melegenda. Makanan khas jogja yang satu ini tak pernah ketinggalan dari incaran wisatawan jika singgah di kota jogja. Seperti pada namanya Jogja istimewa, makanan Gudeg Pawon ini pun sama istimewanya, kita makan selayaknya di dapur rumah.

Gudeg Pawon Jogja
Gudeg Pawon Jogja, Foto oleh Gudeg Net

Cara mengolah gudegnya pun masih tradisional, yakni dengan tungku dan kayu bakar agar menciptakan aroma sedap yang khas. Gudeg pawon berdiri sejak 1958 yang berlokasi di jalan Janturan No 36, Umbulharjo. Menu yang tersedia sama seperti gudeg pada umumnya, meskipun penyajian sederhana tapi cita rasa yang dihasilkan tempat makan di Jogja ini seperti restoran bintang lima, tak heran jika para pembeli rela antri untuk menyantap gudeg pawon. Tertarik untuk mencoba?

3. Angkringan Kopi Jos Lik Man

Sudah tidak asing lagi jika melihat para penjual kaki lima yang berderet di sepanjang kota Jogja atau yang lebih dikenal dengan nama “Angkringan”. Angkringan Kopi Jos Lik Man ini sudah legendaris sejak tahun 1969, dengan menyajikan menu pada umumnya, seperti sego kucing, sate telur, tahu tempe bacem dan lainnya. 

Angkringan Kopi Jos
Angkringan Kopi Jos Lik Man Jogja, Foto oleh Oyo Rooms Com

Angkringan satu ini memiliki menu khas yang menjadi andalan yakni Kopi Jos. Kopi yang disajikan dengan cara unik yakni menggunakan arang yang masih panas. konon kopi ini dinamakan Kopi Jos berasal dari bunyi yang dihasilkan ketikan kopi dan arang panas yang dicampurkan. Angkringan kopi jos lik man ini berada di kawasan tugu, boleh dicoba ketika singgah di kota Jogja.

4. House of Raminten

Jika ingin merasakan “Energy of Java” didukung dengan konsep dekorasi interior ala jawa, boleh mampir ketempat yang satu ini. House of Raminten sudah tidak asing lagi namanya bagi wisatawan yang berkunjung ke kota Jogja. Tempat makan di Jogja dengan sentuhan Jawa ini berlokasi di Jl Faridan Noto No 7, Kotabaru. House of Raminten menyajikan menu makanan yang hampir sama dengan angkringan namun, disini kuliner dikemas dengan apik dan mewah layaknya restoran. Sayang sekali jika House of Raminten tidak masuk list tempat makan Jogja yang wajib anda datangi saat ke kota Gudeg.

House of Raminten Jogja
House of Raminten Jogja, Foto oleh Gudeg Net

5. Sate Klathak Pak Pong

Jika mendengar kata sate sudah pasti makanan yang ada dan mudah ditemukan di berbagai kota. Lainnya halnya dengan Sate Klathak Pak Pong ini disajikan dengan cara berbeda, yakni daging kambing muda dengan tekstur empuk, yang dibumbui dengan garam  dan merica saja yang ditusukkan pada jeruji besi lalu dibakar. 

Sate Klathak Pak Pong Jogja
Sate Klathak Pak Pong Jogja, Foto oleh abowlofclover Com

Proses membakar menggunakan besi akan membuat daging matang dengan merata. Cita rasa yang dihasilkan pun nikmat, biasanya dalam satu porsi Sate Klathak berisikan 2 tusuk sate saja. Tempat makan Jogja, Sate Klathak Pak Pong beralamat di Jl Imogiri km 10, Wonokromo, Bantul. Tertarik untuk mencoba?

Baca Juga : Kuliner Malam Jogja

6. Manggar Manding

Kuliner kota Jogja satu ini juga tak kalah uniknya untuk dicoba. Jika pada umumnya Gudeg terbuat dari nangka muda, Gudeg Manggar Manding ini berbeda terbuat dari manggar atau bunga kelapa yang masih muda. Kuliner satu ini menjadi kuliner andalan khas kerajaan zaman dulu yang disajikan dengan sayur mayur dan baceman.

Manggar Manding
Manggar Manding Jogja, Foto oleh Visiting Jogja Com

Manggar manding ini banyak diburu pembeli karena memiliki khasiat memancarkan aura kecantikan dari dalam. Tempat makan di Jogja ini berlokasi di Jl Parangtritis km 11,5. jadi jika singgah ke Jogja jangan lupa mampir mencicipi kuliner khas kerajaan. Mau  mencoba kenikmatan kulineran di tempat makan Jogja satu ini?

7. Banyu Mili Country Club

Tempat kuliner di Jogja satu ini berbeda dari yang lainnya, menyediakan paket lengkap destinasi wisata dengan kulinernya yang nikmat. Banyu Mili Country Club merupakan wahana wisata air yang terdiri dari kolam renang, hutan dan danau buatan. 

Banyu Mili Country Club Jogja
Banyu Mili Country Club Jogja, Foto oleh Jpswisata Com

Setelah seru berwisata, tempat ini juga menyediakan kuliner yang wajib dicoba kepiting telur dan udang madu dengan cita rasa yang nikmat dan dijamin bikin ketagihan untuk memakannya. Banyak wisatawan berkunjung kesini untuk menikmati keindahan wisata sekaligus berwisata kuliner di tempat ini. Banyu Mili Country Club berlokasi di Perum Griya Mahkota, Jl Godean no 4,5. Pilihan tempat makan di Jogja yang pas bagi anda yang tidak mau ribet tapi semua ada dalam satu tempat.

8. Bong Kopitown

Jika ingin menikmati kuliner dengan tempat yang iconic, boleh mampir kesalah satu tempat makan di Jogja yang mengusung tema unik yakni penjara. Konsep yang terbilang unik ini menyita banyak perhatian warga lokal maupun wisatawan untuk berkunjung, dengan konsep penjara yang diusung, para pegawai di tempat Bong Kopitown juga mengenakan pakaian khas yang ada di dalam penjara. 

Bong Kopitown Jogja
Bong Kopitown Jogja, Foto oleh Ratna Nene Blogspot Com

Desain menu yang dihadirkan juga unik yakni selembar koran yang berisikan daftar menu makanan. Bong Kopitown beralamat di Jl Sagan Kidul 4. menu yang disajikan pun beragam seperti kopi tetes, sapo tahu dan lainnya. Bong Kopitown bisa dijadikan list tempat makan keluarga saat wajib di kunjungi ketika singgah di Kota Jogja.

9. Moelih Ndeso

Tempat makan di Jogja yang satu ini membuat kita bernostalgia akan kampung halaman. Moelih Ndeso berlokasi di Jl Beringin 1 Garan, Denokan, Depok. Seperti nama tempatnya konsepnya seperti kita kembali ke desa yang asri, menyajikan makanan khas kampung halaman. Disini juga menyediakan tempat instagramable untuk berswa foto bersama kerabat dan keluarga. Nikmat kulineran di tempat makan Jogja ini pastinya bakal bikin anda kangen kampung halaman.

Moelih Ndeso
Moelih Ndeso Jogja, Foto oleh IG @ Moelih Ndeso

10. Bakmi Jawa Mbah Gito

Bakmi Jawa Mbah Gito beralamat di Jl Nyi Ageng Nis, No 9, Rejowinangun, Kotagede. Bakmi dengan bumbu khas rempah jawa yang dikombinasikan dengan mie kuning dan mie bihun yang di olah menjadi satu, ditaburi daun bawang di atasnya dengan kuah kental yang menggugah selera pecinta kuliner.

Bakmi Jawa Mbah Gito
Bakmi Jawa Mbah Gito Jogja, Foto oleh Twitter @ Melmocci

Dengan konsep tempat makan keluarga yang sederhana dilengkapi dengan aksen kayu di setiap sudut tempat ini. Bagi kalian wisatawan wajib mampir untuk mencicipi menu khas bakmi kota Jogja ini, dijamin cita rasa yang membuat lidah bergoyang dan ketagihan.

Bagaimana, dari sekian banyak pilihan tempat makan di Jogja yang mana favorit anda? Sudah singgah di kota Gudeg jangan sampai melewatkan mengunjungi berbagai tempat kuliner keluarga sampai tempat makan yang sudah melegenda ya sobat Kuliner Kota! Pastikan anda sudah menyiapkan budget khusus agar bisa menikmati ragam makanan khas di berbagai tempat makan Jogja tersebut.

Last Updated on June 1, 2020 by Siti Ruli Wahyuni

Sisca Dwi Rachmawati
Sisca Dwi Rachmawati traveling enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *