Resep Kerang Asam Manis Pedas Mantap, Bikin Nagih!

Resep Kerang Asam Manis Pedas Mantap, Bikin Nagih! (sumber: @kepitingpejuang on Instagram)
Resep Kerang Asam Manis Pedas Mantap, Bikin Nagih! (sumber: @kepitingpejuang on Instagram)
Daftar isi

Sedang mencari makanan yang segar dan bikin kamu ketagihan makan? Nah, pas sekali kali ini Kuliner Kota akan membahas tentang resep kerang asam manis pedas yang super enak. Sebelumnya, simak juga informasi mengenai jenis kerang yang bisa dikonsumsi, kandungan gizi dan kalori, serta manfaatnya, ya!

Jenis Kerang yang Aman Dikonsumsi & Mudah Ditemui di Indonesia

Indonesia adalah negara yang dianugerahi dengan hasil laut yang melimpah. Salah satu hasil laut yang digemari masyarakat adalah kerang. Eits, tapi sebenarnya kerang jenis apa saja yang boleh dikonsumsi? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut Kuliner Kota rangkum penjelasannya.

1. Kerang Hijau

Kerang Hijau (sumber: Klik Dokter)
Kerang Hijau (sumber: Klik Dokter)

Jenis kerang yang murah meriah ini seringkali menjadi favoritnya masyarakat Indonesia. Sesuai namanya, kerang jenis ini memiliki cangkang berwarna hijau dengan bentuk yang panjang dan pipih. Kamu juga bisa menggunakan jenis ini untuk membuat resep kerang pedas manis pedas yang lezat.

2. Kerang Dara

Kerang Dara (sumber: Jual Ikan)
Kerang Dara (sumber: Jual Ikan)

Nama kerang dara atau darah ternyata berasal dari dagingnya yang berwarna merah. Selain itu, jenis kerang ini juga menghasilkan hemoglobin dalam bentuk cair merah. Kerang ini bisa kamu jumpai di pasar dan sering diolah untuk berbagai macam menu. Jenis ini juga sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin mencoba resep kerang asam manis pedas.

3. Kerang Simping

Kerang Simping (sumber: SehatQ)
Kerang Simping (sumber: SehatQ)

Jenis simping bisa dikatakan aman, bahkan jika dimakan mentah sekalipun. Kerang ini juga memiliki daging yang cenderung lebih kenyal dan padat sehingga sangat disukai oleh banyak orang. Uniknya, di daerah Gresik kerang simping justru kerap diolah sebagai keripik atau kerupuk. Kerang simping juga akan sangat lezat bila kamu olah menggunakan resep kerang asam manis pedas.

Artikel Terkait

4. Kerang Tiram

Kerang Tiram (sumber: IDN Times)
Kerang Tiram (sumber: IDN Times)

Tiram adalah kerang yang memiliki kandungan vitamin A, vitamin B12, dan kalsium yang tinggi. Dari luar, kerang ini terlihat pipih dan berkapur, cangkangnya pun sangat keras seperti batu. Menurut masyarakat pesisir, jenis kerang ini lebih baik dimakan mentah untuk menjaga kandungan gizinya. Namun, kamu juga bisa menjadikannya sebagai bahan utama untuk resep kerang asam manis pedas mu di rumah.

Baca Juga:  Resep Onde-Onde Isi Keju Lembut dan Enak Ala Rumahan

Kandungan Gizi & Kalori Kerang

Berdasarkan situs Fatsecret Indonesia, dalam setiap 100 gram kerang terdapat kalori sebesar 217 kkal. Sedangkan, untuk kandungan lain di antaranya ada 10.96 gram lemak, 18.14 gram protein, 10.48 gram karbohidrat, 54 miligram kolesterol, 487 miligram sodium, dan 337 miligram kalium.

Karena kandungan kolesterol yang cukup tinggi, Sobat Kuliner sebaiknya mengkonsumsi kerang secara berlebihan karena dapat beresiko bagi kesehatan jantung. Meski begitu, kerang juga sangat kaya akan vitamin, seperti vitamin A, vitamin B12, dan vitamin C.

Manfaat Kerang Untuk Kesehatan

Kerang adalah jenis binatang laut yang mempunyai segudang manfaat bagi tubuh. Hal ini tidak terlepas dari kandungan gizinya yang sangat kaya dan berkhasiat. Apa saja kira-kira manfaat kerang untuk kesehatan tubuh kita? Simak bahasannya berikut!

1. Menjaga Fungsi Sistem Saraf

Kerang memiliki jumlah kandungan vitamin B12 yang dapat membantu tubuh untuk menjaga sistem saraf, terutama saraf otak. Jika kekurangan vitamin yang satu ini, tubuh dapat mengalami kerusakan sel yang berpotensi untuk menurunkan fungsi otak. Oleh karena itu, konsumsi kerang secara rutin dan dalam jumlah wajar sangat dianjurkan.

2. Membantu Pembentukan Otot

Mau punya badan six-pack alias kekar dan berotot? Ternyata kamu bisa mempercepat prosesnya dengan mengkonsumsi kerang, lho. Kandungan protein dalam kerang bisa dikatakan cukup tinggi sehingga dapat mempercepat proses pembentukan massa otot.

Bukan hanya itu, jika dibandingkan dengan daging ayam dan sapi, kerang memiliki kandungan lemak dan kalori yang lebih rendah juga. 

3. Membantu Mengatasi Anemia

Kurangnya sel darah merah atau anemia dapat membuatmu merasa lemas, letih, dan lunglai. Untuk membantu mengatasinya, kamu perlu mengkonsumsi sesuatu yang tinggi akan zat besi, salah satunya adalah kerang.

Dengan kandungan zat besi ini, kerang dapat berperan untuk mempercepat proses pembentukan hemoglobin sehingga anemia-mu bisa segera sembuh.

Baca Juga:  Resep Ayam Panggang Enak, Bergizi, & Gampang Dibuat

4. Memperkuat Sistem Imun

Mengapa mengkonsumsi kerang dapat memperkuat sistem imun? Itu karena adanya kandungan zinc di dalam kerang. Jenis mineral yang satu ini sangat diperlukan untuk membentuk sel yang menjaga sistem kekebalan tubuh. Sementara itu, zinc juga mampu berperan sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan akibat peradangan.

Tips & Trik Mengolah Kerang

Tips & Trik Mengolah Kerang (sumber: IDN Times)
Tips & Trik Mengolah Kerang (sumber: IDN Times)

Sebelum melihat resep kerang asam manis pedas, Sobat Kuliner perlu mencari tahu dulu apa saja tips dan trik agar kerang terhindar dari bau amis. Selain itu, cara pengolahan yang tepat juga berperan penting untuk menjaga kandungan gizi yang ada di dalam binatang laut ini.

Di bawah ini Kuliner Kota sudah menyiapkan berbagai tips dan trik dalam mengolah kerang yang mudah banget untuk kamu ikuti di rumah. Pastikan catat sebelum kamu mencoba resep kerang pedas manis pedasnya, ya!

  • Pilihlah kerang yang masih segar. Itu karena kerang yang tidak segar cenderung memiliki bau yang lebih amis. Selain itu, mereka juga bisa saja mulai berlendir sehingga akan memakan waktu lebih lama untuk mencucinya.
  • Cuci kerang dengan air yang mengalir. Cara ini lebih efektif untuk menghilangkan lumpur yang biasanya menempel pada cangkang kerang. Pastikan juga untuk tetap mencuci bagian dalam kerang dan memastikannya tidak berlendir.
  • Rendam dengan air perasan jeruk nipis. Proses ini akan membantu menghilangkan bau amis kerang dan menambah rasa tersendiri jika kamu ingin membuat resep kerang asam manis pedas. Untuk waktunya, kamu bisa menunggu hingga minimal 30 menit.
  • Beri bumbu dengan rempah beraroma kuat, dengan begitu bau amisnya akan tertutup dan hilang. Sebagai contoh, pada resep kerang asam manis pedas, kamu bisa memperbanyak penggunaan serai dan jahe.
  • Gunakan api kecil atau sedang saat memasak kerang. Hal ini bertujuan agar kerang matang lebih merata dan bertekstur lebih empuk.

Resep Kerang Asam Manis Pedas, Segar & Bikin Ketagihan!

Berikut adalah resep dan cara masak kerang asam manis pedas yang praktis. Meski cara membuatnya mudah, rasa olahan kerang yang ini sangat menyegarkan dan dijamin bikin kamu gak bisa berhenti makan. Yuk, simak dan ikuti langsung resep kerang asam manis pedas di bawah ini!

Baca Juga:  Resep Seblak Kuah Khas Bandung Ala Rumahan yang Praktis

Recipe By Kuliner Kota
Course: Main Course Cusine:Indonesian Difficulty:Medium

Servings

10 minutes

Preparing Time

30 minutes

Cooking Time

20 minutes

Calories

217 kcal

INGREDIENTS

  1. 500 gram kerang hijau atau dara, lepaskan cangkangnya

  2. 8 buah bawang merah

  3. 6 buah bawang putih

  4. 12 buah cabai rawit merah

  5. 2 buah cabai merah besar

  6. 4 cm jahe

  7. 4 cm kunyit

  8. 4 cm kencur

  9. 3 sdm air asam jawa

  10. 3 sdm saus tiram

  11. 3 sdm kecap asin

  12. 2 batang serah, pipihkan

  13. 2 cm lengkuas, pipihkan

  14. 1 buah tomat

  15. 1 batang daun bawang, iris

  16. ½ buah bawang bombay, iris

  17. ½ sdt garam

  18. 1 sdm gula pasir

  19. 1 sdt kaldu bubuk

  20. 1 sdt gula merah

  21. 1 buah jeruk nipis, peras airnya

  22. Air secukupnya

DIRECTION

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, tomat, jahe, kunyit, dan kencur, bisa menggunakan blender ataupun ulekan biasa.

  2. Panaskan sedikit minyak di wajan, kemudian tumis bawang bombay, lengkuas, dan serai hingga aromanya keluar.

  3. Tambahkan bumbu kerang asam manis halus dan aduk hingga matang.

  4. Beri gula merah, garam, gula pasir, air asam jawa, kaldu bubuk, saus tiram, dan air perasaan jeruk nipis.

  5. Masukkan kerang dan aduk hingga tercampur dengan bumbunya.

  6. Tunggu hingga benar-benar matang dan bumbu kerang asam manisnya menyerap.

  7. Resep kerang asam manis pedas selesai.

NOTES

    Baca juga: Resep Udang Asam Manis Spesial yang Sederhana dan Enak

    Itulah cara masak dan resep kerang asam manis pedas yang praktis dan pasti disukai oleh keluarga di rumah. Pastikan juga kamu tidak melewatkan informasi mengenai kandungan kalori dan manfaat kerang bagi tubuh. Sampai jumpa di artikel Kuliner Kota berikutnya!

    Rekomendasi buat Anda

    Related Posts

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *