1. Berita

Resep Es Semangka India yang Hits, Cocok untuk Jualan

Pernahkah Sobat Kuliner menonton video es semangka India yang viral di media sosial beberapa waktu lalu? Ternyata, cara membuat minuman segar tersebut cukup sederhana, lho. Es ini bukan hanya mudah dibuat, tetapi juga sangat cocok dijadikan takjil saat buka puasa karena menyegarkan terlebih ketika disajikan dalam keadaan dingin. Langsung saja, yuk simak manfaat meminum es semangka India beserta cara membuatnya!

Es Semangka India, Minuman Segar yang Viral

resep es semangka india
Kesegaran es semangka India (Sumber: semngkaindiaponorogo on Instagram)

Belakangan ini banyak resep minuman dan makanan bermunculan di media sosial. Salah satu yang paling viral diantara yang lain adalah es semangka India. Sesuai dengan namanya, es ini terbuat dari semangka dan sirup sehingga rasanya menyegarkan dan sangat cocok dijadikan pelepas dahaga. 

Bahan untuk membuatnya cukup mudah ditemukan dan cara membuatnya pun juga sederhana. Bahan utamanya yakni berupa semangka yang dicampur dengan sirup, es batu, air, dan bahan tambahan lainnya, lalu disajikan dalam keadaan dingin. Rasa manis dari semangka yang menyatu dengan dinginnya es, pastinya akan membuat tenggorokan menjadi segar, terlebih ketika siang hari saat matahari sedang panas-panasnya.

Es semangka India ini bukan hanya jadi pelepas dahaga saja, tetapi juga sangat cocok dijadikan ide berbisnis untuk menghasilkan pundi-pundi uang, lho. Bahkan, dilansir dari Kompas, di Bogor, Jawa Barat, salah satu pedagang mengaku bisa meraup 1 juta Rupiah per hari dari berjualan es semangka India. Hmm.. Bagaimana nih, Sobat Kuliner? Tertarik mencoba bisnis es segar yang viral satu ini?

Manfaat Meminum Es Semangka India

Buah semangka memang menjadi salah satu buah yang mudah ditemukan di pinggiran jalan, pasar, hingga swalayan. Harga per buahnya pun terbilang cukup terjangkau. Semangka sendiri memiliki rasa yang manis bila matang dengan sempurna. Tidak hanya itu, semangka mengandung 90% air yang bisa membuat tubuh tetap terhidrasi.

Mengutip dari Medical News Today, semangka mengandung antioksidan yang bisa membantu menghilangkan gangguan radikal bebas. Semangka juga mengandung serat, kalsium, fosfor, magnesium, potasium, vitamin C, A, B, folat, Kolin, beta karoten, hingga likopen. Berikut ini terdapat beberapa manfaat semangka bagi kesehatan tubuh.

1. Mencegah asma

Secangkir es semangka India dengan porsi 154 gram, mengandung vitamin C sebesar 12,5 mg. Vitamin C dalam semangka ini berperan sebagai antioksidan yang dapat mengurangi risiko asma.

2. Menjaga tekanan darah

Dalam sebuah penelitian pada tahun 2012, para peneliti menemukan bahwa ekstrak semangka bisa mengurangi tekanan darah di dalam tubuh dan sekitar pergelangan kaki orang lanjut usia yang menderita obesitas dan hipertensi dini. Kandungan antioksidan dalam semangka ini bisa meningkatkan fungsi arteri dalam bagian tubuh, lho.

Tidak hanya itu, likopen yang ada pada semangka berperan untuk melindungi diri dari risiko penyakit jantung. Sedangkan, kandungan fitosterol dalam semangka mampu berperan untuk mengontrol kadar kolesterol.

3. Mencegah kanker

Selain mencegah asma, vitamin C dalam semangka bisa membantu mencegah kanker dengan cara memerangi radikal bebas. Beberapa penelitian mengaitkan asupan likopen dengan menurunkan risiko penyakit kanker prostat.

4. Menjaga pencernaan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, semangka mengandung air yang tinggi dan juga serat. Kandungan tersebut baik untuk mencegah kesehatan usus serta mencegah sembelit, lho.

5. Menghidrasi tubuh

Semangka mengandung 90% air dan elektrolit, contohnya seperti kalium. Hal inilah yang membuat semangka bisa menjaga tubuh tetap terhidrasi. Oleh karena itu, semangka cocok dikonsumsi saat cuaca sedang panas.

6. Menjaga kesehatan otak dan sistem saraf

Kolin yang terdapat dalam semangka berfungsi untuk menjaga kesehatan otak serta memperlambat perkembangan demensia seperti pada penyakit Alzheimer.

7. Mengatasi nyeri otot

Semangka yang segar bisa mengurangi nyeri otot dan mampu membantu meningkatkan waktu pemulihan setelah melakukan olahraga. Dalam sebuah penelitian pada tahun 2017 lalu, seorang atlet meminum setengah liter jus semangka dengan tambahan L-citrulline, 2 jam sebelum mulai berlari setengah marathon. Hasilnya, ia mengeluhkan lebih sedikit nyeri otot saat 24-72 jam setelah perlombaan.

8. Menyehatkan kulit

Semangka mengandung vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan kolagen. Kolagen ini penting untuk menjaga kekebalan tubuh serta dapat mempercepat penyembuhan luka. Selain itu, vitamin C dalam semangka bisa membantu meningkatkan kesehatan kulit, lho.

Resep Es Semangka India yang Praktis

Nah, setelah mengetahui manfaat meminum es yang viral satu ini, pasti ingin segera meneguk es semangka India untuk merasakan kesegaran dan manfaatnya, bukan? Tidak perlu membeli di luar rumah, cukup buat es segar ini di rumah. Yuk, simak cara membuat es semangka India yang mudah dan segar berikut ini.

Bahan-bahan

  • 1 buah semangka
  • 50 ml sirup cocopandan
  • 200 ml air
  • Nata de coco secukupnya
  • Biji selasih secukupnya
  • Es batu secukupnya

Cara membuat es semangka India

Resep es semangka India oleh Rika Ervina
Resep es semangka India (BhirasKitchen)

1. Siapkan semua bahan lalu potong semangka kecil-kecil sesuai selera.

2. Masukkan es batu ke dalam gelas, tuang sirup cocopandan, tambahkan nata de coco dan biji selasih ke dalam gelas. Terakhir, tambahkan air sesuai selera.

3. Sajikan es semangka India selagi dingin agar rasanya semakin mantap dan segar.

Saran penyajian: 

  • Jika tidak ingin langsung diminum, pisahkan es batu dengan es semangka India sehingga rasa manisnya tetap terjaga.
  • Kreasikan es semangka India dengan cara menambahkan bahan lainnya, seperti susu, yakult, dan air perasan jeruk nipis.

Itulah tadi resep es semangka India yang sedang viral dan kaya akan manfaat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Resep Es Semangka India yang Hits, Cocok untuk Jualan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

      Olahan telur termasuk salah satu bahan makanan yang bisa menjadi beberapa macam masakan. Bahkan banyak orang yang berlomba-lomba membuat kreasi baik hanya untuk diri sendiri, keluarga maupun mencoba menjualnya. Alasannya karena selain mudah mendapatkannya dan gampang untuk mengelolanya.  Hanya bermodalkan alat dan bahan pendukung yang tersedia disekitar saja. Nah kalau  sedang belajar memasak . […]

    Trending

    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]
    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]
    Mencari tempat makan romantis di kota Jakarta  sangat mudah. Pasalnya hampir disemua kawasan tersedia setidaknya satu restoran. Nah, untuk kamu yang sedang berencana untuk merayakan momen romantis bersama pasangan. Kuliner Kota bakal memberikan beberapa 10 tempat makan romantis di Jakarta 1.Hensin Restoran Jepang ini memang sudah menjadi langganan untuk tempat dinner romantis. Salah satunya kamu […]