1. Berita

Intip Menu Makanan untuk Penderita COVID 19, Dukung Pemulihan!

Nutrisi yang baik sangat penting untuk kesehatan, terutama ketika menjalani perubahan musim atau terserang penyakit. Begitu pula pada pasien yang dideteksi reaktif virus corona. Menu makanan untuk penderita COVID 19 akan membantu mendorong proses penyembuhan. Yuk, bantu orang tercinta segera pulih dan kembali ke kehidupan sehari-hari dengan menu makanan untuk penderita COVID 19 disini.

Menu Makanan untuk Penderita COVID 19

Dalam masa pandemi COVID 19, pasien positif corona dapat menunjukkan ragam jenis gejala, mulai dari tidak ada, ringan, sedang hingga berat. Namun pada semua kondisi tersebut, sistem kekebalan tubuh perlu bekerja ekstra untuk mencegah gangguan yang lebih parah. Oleh karena itu, apa yang kita makan berperan besar pada proses kesembuhan. 

Berikut adalah rekomendasi asupan gizi dan menu makanan untuk penderita COVID 19 baik yang melakukan perawatan di rumah sakit atau di rumah.

Jenis Asupan Gizi Makanan untuk Pasien COVID 19

Untuk melawan infeksi, pasien COVID 19 membutuhkan lebih banyak energi dan cairan tubuh. Mengingat pentingnya informasi terkait asupan nutrisi, Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO telah mengeluarkan daftar rekomendasi jenis asupan gizi makanan untuk pasien COVID 19. Apa saja? Simak ulasan berikut ini.

Nutrisi Makanan untuk COVID 19: Kalori

Pada saat sakit, Anda akan cenderung merasa lemas dan tidak bertenaga. Hal ini karena kinerja sistem kekebalan tubuh membutuhkan banyak energi. Pastikan menu makanan Anda mengandung banyak kalori untuk memenuhi tingkat energi yang dibutuhkan. Kalori dapat ditemukan pada nasi, roti, kentang, mie, biji-bijian, dan sereal.

Nutrisi Makanan untuk COVID 19: Protein

Protein membantu membentuk imunoglobulin atau antibodi. Tentunya bagi pasien COVID 19, antibodi ini berperan penting untuk melawan infeksi virus. Konsumsi makanan kaya protein untuk mendapatkan 75 – 100 gr jenis nutrisi ini setiap hari. Protein dapat ditemukan pada biji-bijian, kedelai, kacang polong, produk susu, ayam, telur, dan ikan.

Nutrisi Makanan untuk COVID 19: Serat

Konsumsi serat akan membantu memelihara mikroba dalam usus yang merangsang aktivitas sel imun. Anda bisa menemukan asupan serat dari buah dan sayur segar. Selain serat, jenis makanan untuk penderita COVID 19 ini juga mengandung folat, mineral, vitamin, dan antioksidan yang baik. Demi mempercepat penyembuhan, pasien disarankan untuk mengonsumsi berbagai buah dan sayur, misalnya apel, labu hingga sayuran berwarna hijau.

Menu Makanan untuk COVID 19 Isolasi Mandiri

Apabila Anda atau orang terdekat sedang melakukan isolasi mandiri di rumah, tentunya asupan gizi harus benar-benar diperhatikan. Simak tips dan menu makanan untuk pasien COVID 19 yang disarankan WHO berikut untuk mendorong penyembuhan.

Menu Makanan untuk Penderita COVID 19 Harian

  1. Buah 2 gelas
  2. Sayur 2 gelas
  3. Biji-bijian 180 gram (misal: jagung, gandum, beras merah)
  4. Daging dan kacang-kacangan 160 gram (misal: sapi, ikan, telur, susu, lentil)

Menu Makanan untuk Penderita COVID 19 dalam Seminggu

  • Daging merah 1 – 2 kali seminggu
  • Daging unggas 2 – 3 kali seminggu

Menu Camilan Makanan untuk Penderita COVID 19

  • Sayur mentah
  • Buah segar

Tips Makanan untuk Pasien COVID 19

  • Hindari makanan dengan kadar lemak, gula, atau garam tinggi
  • Hindari memasak sayuran atau buah
  • Utamakan makanan yang berair
  • Minum air 8 – 10 gelas sehari (misal air putih, susu, jus buah, dan air lemon)
  • Gunakan produk dengan kandungan lemak tak jenuh (alpukat, ikan, kacang-kacangan, kedelai, minyak canola, minyak jagung, dan minyak zaitun)
  • Hindari produk dengan kandungan minyak jenuh (lemak daging, minyak kelapa, mentega, keju, lemak babi)
  • Gunakan daging putih (ikan dan unggas) karena cenderung rendah lemah
  • Hindari makanan cepat saji dan produk daging olahan karena cenderung tinggi lemak dan garam
  • Batasi penggunaan garam dan kecap (natrium tinggi) maksimal 1 sendok teh sehari
  • Gunakan produk garam yang beryodium
  • Hindari camilan yang mengandung garam dan gula tinggi
  • Hindari minuman bersoda atau tinggi gula
  • Pilih buah da sayur segar

Menu Makanan untuk COVID 19 di Rumah Sakit

Bagi pasien isolasi di rumah sakit, menu makanan telah ditentukan oleh pihak manajemen. Namun, Anda dapat ikut memperhatikan apakah menu makanan untuk penderita COVID 19 telah memenuhi syarat berikut. Tidak perlu cemas, Anda dapat mengajukan permintaan menu tambahan apabila perlu.

  • Menu protein tinggi 3 porsi setiap hari;
  • Minuman atau suplemen tambahan apabila nafsu makan buruk, kesulitan bernapas, atau lemas; dan
  • Makanan atau minuman cair, misal sup, susu atau jus.

Tips menyantap makanan untuk penderita COVID 19:

  • Sering minum untuk menambah cairan tubuh. Cobalah minum setelah makan karena minum sebelum atau selama makan dapat menyebabkan Anda merasa terlalu kenyang.
  • Makan sedikit demi sedikit tapi sering, ditambah camilan. Bagi pasien yang kesulitan bernapas, pilih tekstur makanan lembut, makan secara perlahan, dan bernapas dalam-dalam saat mengunyah.
  • Untuk mengatasi mual akibat bau/rasa: bersihkan gigi secara teratur; jika makanan terasa hambar, pilih makanan dengan rasa tajam seperti pedas atau manis; apabila mual, pilih makanan sederhana seperti bubur; dan apabila mulut kering, coba hisap permen untuk merangsang produksi air liur.

Menu Minuman untuk COVID 19

Infeksi dapat membuat tubuh dehidrasi. Oleh karena itu, pasien harus sering minum. Cobalah minum 8 – 10 gelas air setiap hari. Susu sapi, susu kedelai, dan jus buah juga merupakan pilihan yang sangat baik. Selain itu, menu makanan untuk penderita COVID 19 disarankan berkuah untuk menambah asupan cairan.

Selain menu makanan untuk penderita COVID 19 di atas, pasien sangat disarankan untuk melakukan aktivitas fisik ringan berupa menggerakkan tubuh minimal selama 10 menit sehari. Hal ini karena olahraga dapat membantu meningkatkan kekuatan otot, mengurangi sesak napas, dan meningkatkan kebugaran, keseimbangan serta koordinasi tubuh. Semoga lekas sembuh.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Intip Menu Makanan untuk Penderita COVID 19, Dukung Pemulihan!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending