1. Kuliner
  2. Resep

Resep Yoshinoya Original: Beef Bowl ala Negeri Sakura

Yoshinoya Beef Bowl (Sumber: Japan Today)

Tertarik untuk duplikasi resep beef Yoshinoya? Bagi Anda yang belum familiar dengan nama brand tersebut. Yoshinoya adalah bisnis waralaba makanan cepat saji asal Jepang. Restoran  ini memiliki ciri khas menu beef bowl dengan olahan daging sapi yang sangat gurih dan manis. Tidak hanya itu, para pelanggan juga menyukai banyaknya porsi daging panggang yang sampai menutupi permukaan nasi.

Memasak menu Yoshinoya di rumah bukan hal yang sulit, loh. Proses membuat menu olahan daging modern ini juga bisa menjadi aktivitas menyenangkan bersama keluarga, semisal anak-anak dan suami. Tunggu apa lagi, intip resep Yoshinoya beef bowl berikut.

Gyudon atau Beef Bowl

Apabila berkunjung ke Negeri Sakura, hidangan yang paling sering Anda temui bukan Ramen atau Sushi, melainkan semangkuk nasi dengan topping berupa lauk. Donburi namanya. Beef bowl atau Gyudon adalah salah satu dari berbagai macam donburi yang banyak dikonsumsi.

Hemat, cepat, dan lezat merupakan asosiasi utama menu beef bowl di berbagai restoran Jepang. Pasalnya, satu porsi gyudon dapat dinikmati cukup dengan merogoh kocek sebesar 500 yen (65.000 rupiah). Sebagai perbandingan, harga ramen pada umumnya adalah 1.000 yen dan sushi minimal menghabiskan 2.000 yen.

Yoshinoya Beef Bowl

Berkat komitmen luar biasa dalam menjaga kualitas rasa, resep Yoshinoya original dianggap paling unggul dibandingkan kompetitor lainnya. Berdiri sejak tahun 1899, kini Yoshinoya memiliki 1.107 gerai di berbagai negara seperti Jepang, Amerika, China, Thailand, Filipina, Hong Kong, Kamboja, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Taiwan.

Menawarkan berbagai varian hidangan, Yoshinoya beef bowl bertahan sebagai menu utama yang menjadi ciri khas restoran ini. Sajian resep beef Yoshinoya meliputi nasi putih kukus dengan topping potongan tipis daging sapi impor Amerika dilengkapi saus bumbu dan bawang bombay. Nampak sederhana, namun sangat otentik.

Resep Yoshinoya Original Beef Bowl

Cepat dan lezat, resep Yoshinoya beef bowl di bawah ini membutuhkan waktu 30 menit untuk menghasilkan 2 porsi hidangan. Untuk menghasilkan rasa yang lebih otentik, gunakan bahan-bahan yang diulas di bagian pertama. Dengan berbagai pertimbangan lain, Anda dapat menggantikan bahan tersebut dengan alternatif kedua. Resep Yoshinoya berikut kami ulas dari hasil rilis saluran youtube Willgoz Kitchen. Mari dicoba.

Bahan Resep Daging Yoshinoya

  • Daging sapi potongan tipis untuk shabu 250 gram
  • Bawang putih 2 siung (cincang)
  • Bawang bombay ½ buah (iris memanjang)
  • Lada 1 sdt
  • Garam 1 sdt
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Saus Resep Daging Yoshinoya

  • Shoyu 3 sdm (kecap asin Jepang)
  • Mirin 2 sdm (sake Jepang, tidak halal) / gula pasir 2 sdt
  • Dashi stock 50 ml (kaldu laut Jepang) / air 50 ml

Cara Memasak Resep Yoshinoya Mudah

  1. Campur semua bahan saus resep daging Yoshinoya di sebuah wadah, sisihkan.
  2. Panaskan minyak goreng kemudian tumis bawang bombay hingga harum dan berwarna transparan.
  3. Masukkan daging sapi, tumis hingga berwarna kecoklatan.
  4. Masukkan bawang putih, tumis hingga harum.
  5. Masukkan bahan saus, besarkan api kemudian masak hingga meresap ke daging.
  6. Angkat dan sajikan di atas nasi

Tips Resep Yoshinoya Mudah dan Lezat

Berikut kami ulas beberapa tips untuk memaksimalkan cita rasa resep Yoshinoya sajian dapur Anda.

Pemilihan Daging Sapi

Gunakan potongan daging sapi dengan irisan tipis dan banyak lemak. Irisan yang tipis akan membuat bumbu lebih cepat meresap. Sementara itu, lapisan lemak dapat dilihat dari bagian putih pada daging. Lemak akan meningkatkan rasa gurih pada hidangan beef bowl. Anda dapat menggunakan daging sapi untuk shabu-shabu yang telah dikemas dalam bentuk irisan tipis.

Membuat Dashi Stock

Dashi stock adalah kaldu laut Jepang yang sejatinya terbuat dari kombu (rumput laut kering), iriko (ikan sarden kering, dan katsuo boshi (ikan cakalang serut asap). Bahan ini akan menjadikan resep beef Yoshinoya Anda semakin gurih. Namun, mendapatkan dashi stock dapat dibilang tidak mudah. Sebagai alternatifnya, Anda dapat membuat dashi stock dengan dua bahan utama, yaitu kombu dan air.

Bahan Dashi Stock

  • Rumput laut kering 20 gram
  • Air 1 liter

Cara Membuat Dashi Stock

  • Lap rumput laut kering dengan tisu lembab
  • Siapkan panci untuk merebus, masukkan air kemudian rumput laut
  • Biarkan rumput laut terendam dalam air selama 60 menit
  • Hidupkan kompor api kecil dan rebus hingga mendidih selama 15 menit
  • Setelah mendidih, matikan kompor
  • Keluarkan rumput laut dari air

Kandungan Gizi Menu Yoshinoya Beef Bowl

Sebagaimana yang dilansir dalam situs Fat Secret, setiap porsi resep yoshinoya beef bowl mengandung kalori sebesar 683 kkal, lemak 27 gram, karbohidrat 81 gram, dan protein 30 gram. Sangat pas untuk asupan gizi untuk aktivitas harian keluarga, bukan?

Olahan daging sapi tidak melulu perlu menggunakan rempah-rempah yang kuat. Dengan menekankan aroma gurih asli daging dan bumbu dapur sederhana, Anda dapat menyajikan hidangan modern yang disukai segala usia. Resep yoshinoya mudah dan lezat di atas tentunya akan membawa pengalaman cita rasa berbeda di meja makan keluarga. Jangan lupa simak alternatif menu daging lainnya di Kuliner Kota. Selamat mencoba.

Baca Juga : Resep Krengsengan Daging Kambing, Solusi Menu Idul Adha

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Resep Yoshinoya Original: Beef Bowl ala Negeri Sakura

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending