1. Berita
  2. Resep

Resep Sapo Tahu Seafood Enak dan Mudah ala Restoran

Jelang tengah hari adalah saat yang sangat pas untuk menyantap makanan dengan cita rasa asam gurih. Sapo tahu mungkin merupakan hidangan yang Anda cari. Selain rasa asamnya yang meningkatkan selera, bahan olahan mulai dari tahu telur, seafood serta campuran sayurnya akan melengkapi asupan nutrisi Anda dan keluarga untuk melanjutkan aktivitas harian. Tidak sulit, kini Anda bisa memasak hidangan ini di dapur rumah. Jadikan makan siang keluarga menyenangkan dengan sajian sapo tahu seafood ala restoran chinese food. Yuk, simak ulasan cara membuat sapo tahu dalam Kuliner Kota.

Sejarah Sapo Tahu

Sapo tahu atau dalam bahasa mandarin shāguō dòufu yang memiliki arti harfiah ‘tahu sutera panci keramik’. Terkenal dalam rumpun masakan oriental, sapo tahu merupakan hidangan yang dikembangkan oleh keturunan Tionghoa di Indonesia. Sejatinya, makanan tradisional ini dimasak dalam panci keramik yang dipanaskan di atas arang. Setelah matang, sapo tahu akan disajikan tetap dalam panci keramik tersebut untuk menahan panas hidangan supaya tidak mudah habis ketika dinikmati.

Dikenal sebagai hidangan vegetarian, resep sapo tahu pada awalnya hanya terdiri dari tahu sutera, campuran sayuran, dan rempah-rempah. Dalam perkembangannya, muncul berbagai jenis sapo yang populer di masyarakat, seperti sapo tahu, sapo mie, sapo seafood, sapo ayam, dan sebagainya. Pada upacara perayaan, sapo tahu termasuk dalam hidangan pembukaan.

Resep Sapo Tahu Seafood


Cara membuat sapo tahu tergolong sangat sederhana. Bahan dasarnya yang berupa tahu sutera dapat dikreasikan dengan berbagai jenis sayur seperti wortel, sawi putih, seledri, bawang bombay, dan bawang putih. Selanjutnya, juru masak dapat menambahkan bahan yang mengandung protein sesuai selera, semisal jamur, bakso ikan, udang, daging sapi, cumi, hingga daging sapi. Dengan demikian, resep sapo tahu memberikan bahwa ruang bagi Anda untuk menambahkan atau mengurangi bahan sesuai selera atau kemampuan dapur masing-masing. Berikut merupakan daftar bahan dan cara membuat sapo tahu seafood.

Bahan utama

  • 7 ekor udang
  • 2 ekor cumi
  • 2 buah tahu telur atau sutera

Bahan sayuran

  • 60 gram jamur kuping basah, potong tipis
  • 4 buah jamur shitake, potong sedang
  • 2 buah jagung muda, potong serong
  • 1/2 buah wortel, potong selera
  • 50 gram bunga kol, potong kecil-kecil

Bumbu dapur

  • 3 siung bawang putih, geprek
  • 1/2 buah bawang bombay ukuran sedang, potong sedang
  • 1 cm jahe ukuran besar, geprek
  • 1 buah cabe merah besar, potong kecil-kecil
  • 3 sdm saus tiram
  • 1 sdm tepung maizena
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 500 ml air kaldu ayam atau air biasa
  • 1 sdm minyak wijen
  • 1 sdm minyak ikan
  • Minyak untuk menumis

Cara membuat sapo tahu seafood:

1. Bersihkan udang (buang kepala, kupas badan, dan kerat punggungnya) kemudian sisihkan.

2. Bersihkan cumi (buang tintanya) kemudian potong 2.5 cm dan sisihkan.

3. Potong tahu telur atau sutera, goreng hingga kuning kecoklatan kemudian sisihkan.

4. Panaskan wajan, tumis cumi dan udang selama 30 detik, tiriskan.

5. Tumis bawang bombay, jahe, bawang putih, dan cabe merah hingga harum.

6. Masukkan jagung muda dan wortel.

7. Masukkan air kaldu/air biasa, sisakan sedikit lalu beri tepung maizena pada sisa air, sisihkan.

8. Masukkan udang dan cumi.

9. Tambahkan saus tiram, minyak ikan, minyak wijen, merica, garam dan penyedap rasa.

10. Masukkan jamur, bunga kol dan tahu telur atau sutera.

11. Tambahkan sisa air dengan tepung maizena, aduk rata sampai lebih mengental.

12. Angkat dan hidangkan.

Pada bahan utama, komposisi selain tahu telur atau sutera dapat digantikan dengan alternatif lain seperti jamur, gading, atau ayam. Pada bagian sayuran, Anda dapat mengganti sayur sesuai ketersediaan di dapur. Sementara itu, bumbu dapur dapat dikurangi namun dengan konsekuensi penurunan kualitas rasa.

Resep sapo tahu seafood di atas akan menghasilkan hidangan setara  3 – 4 porsi. Untuk meningkatkan keotentikan rasa, Anda dapat menggunakan panci porcelain selama proses memasak hingga menghidangkan. Setelah Anda memahami teknik dasar dan rempah-rempah yang digunakan, tentunya Anda dapat melakukan kreasi dengan bahan-bahan yang tersedia di rumah.

Tips Membuat Tahu Sutera

Tahu susu atau sutera biasanya dijual di toko besar. Apabila Anda kesulitan memperolehnya, alternatif lain adalah dengan membuatnya sendiri. Ya, Anda dapat membuat tahu sutera dengan tahu putih biasa. Caranya pun tergolong mudah.

Bahan

  • 2 buah tahu putih, potong-potong
  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh baking soda
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 gelas air hangat

Cara membuat tahu sutera

1. Haluskan bawang putih dan garam kemudian tambahkan air hangat.

2. Masukkan soda kue kemudian aduk rata.

3. Rendam tahu dalam air yang dicampur bawang putih, garam, dan baking soda selama 2 – 3 jam.

4. Tiriskan tahu dan simpan di lemari es selama 2 jam.

5. Panaskan minyak goreng, kemudian masukkan tahu sampai keseluruhan bagian tahu tercelup di minyak, goreng hingga berkulit.

Kandungan Gizi Sapo Tahu Seafood

Selain rasanya yang lezat, sapo tahu seafood juga mengandung banyak nutrisi. Setiap porsi, terdapat setidaknya 604 kalori yang dapat memenuhi 30% angka kebutuhan gizi harian seseorang. Selain itu, terdapat 34,60 gram lemak, 37,2 gram karbohidrat dan 45 gram protein. Benar-benar sesuai untuk memenuhi gizi harian keluarga, bukan. Disajikan dengan kuah kental dan nasi putih, tentunya akan menjadi santapan favorit di rumah Anda. Tunggu apa lagi, yuk, kita mulai memasak.

Baca Juga : Resep Spaghetti Carbonara Gurih, Creamy dan Ekonomis Ala Rumahan

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Resep Sapo Tahu Seafood Enak dan Mudah ala Restoran

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

      Olahan telur termasuk salah satu bahan makanan yang bisa menjadi beberapa macam masakan. Bahkan banyak orang yang berlomba-lomba membuat kreasi baik hanya untuk diri sendiri, keluarga maupun mencoba menjualnya. Alasannya karena selain mudah mendapatkannya dan gampang untuk mengelolanya.  Hanya bermodalkan alat dan bahan pendukung yang tersedia disekitar saja. Nah kalau  sedang belajar memasak . […]

    Trending

    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]
    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]
    Mencari tempat makan romantis di kota Jakarta  sangat mudah. Pasalnya hampir disemua kawasan tersedia setidaknya satu restoran. Nah, untuk kamu yang sedang berencana untuk merayakan momen romantis bersama pasangan. Kuliner Kota bakal memberikan beberapa 10 tempat makan romantis di Jakarta 1.Hensin Restoran Jepang ini memang sudah menjadi langganan untuk tempat dinner romantis. Salah satunya kamu […]