1. Idul Adha

5 Ide Olahan Daging Kambing Lezat & Gampang Dibuat!

Idul Adha sudah di depan mata. Apakah Anda sudah merencanakan jenis olahan daging kurban untuk keluarga? Salah satu hewan kurban yang banyak dipilih adalah kambing. Daging kambing mentah sering kali menjadi tantangan tersendiri bagi kebanyakan orang yang akan mengolahnya. Tidak perlu cemas, Anda dapat menghidangkan olahan daging kambing praktis dan lezat dengan tips berikut.

Tips Daging Kambing Empuk dan Tidak Bau Amis

Daging kambing mentah yang tidak diolah dengan tepat akan terasa alot dan berbau amis. Bau ini muncul dari kandungan asam lemak daging kambing yang mudah menghasilkan uap. Saat direbus, lemak tersebut akan teroksidasi dan menghasilkan bau khas. Oleh karena itu, terapkan tips berikut agar sajian daging kambing Anda empuk dan tidak bau amis.

1. Lemak daging kambing, gurih tapi amis

Lemak daging kambing akan menghasilkan rasa gurih pada daging kambing. Meskipun demikian, lemak tersebut juga penyebab utama bau amis. Untuk mengurangi bau, iris dan buang sebagian lemak berwarna putih yang menempel pada daging. Agar lebih mudah diiris, masukkan daging kambing ke dalam lemari es. Lemak daging kambing akan lebih mudah dipisahkan dalam keadaan beku.

2. Hindari mencuci daging kambing

Umumnya, kita perlu mencuci daging mentah sebelum dimasak. Sayangnya, mencuci daging kambing justru akan menyebabkan daging tersebut makin berbau amis dan alot. Untuk mendapatkan hasil olahan kambing yang empuk dan tidak amis, hindari mencuci daging kambing mentah. Anda sebaiknya langsung merebus daging kambing setelah mengurangi lemaknya.

3. Jeruk nipis atau garam untuk daging kambing yang tidak amis

Berkat kemampuannya dalam membunuh bakteri, jeruk nipis maupun garam dapat menjadi alternatif mengurangi bau amis daging kambing yang terlanjur dicuci. Cukup balurkan jeruk nipis atau garam di permukaan daging kemudian diamkan selama 30 – 60 menit.

4. Aroma sedap rempah-rempah untuk daging kambing

Tips berikut akan sangat cocok bagi Anda yang lebih suka atau terlanjur mencuci daging kambing sebelum dimasak. Tambahkan rempah-rempah seperti daun jeruk, jahe, serai, atau kemangi pada air rebusan daging kambing. Alhasil, sajian kambing Anda akan beraroma sedap rempah-rempah.

5. Daging kambing empuk dan tidak amis dengan daun pepaya

Daun pepaya mengandung zat papain yang membantu daging kambing lebih cepat empuk tanpa perlu lama merebus. Tidak perlu dicuci, cukup bungkus daging kambing mentah dengan daun pepaya kemudian diamkan selama 1 jam. Metode ini juga dapat diterapkan dengan daun jati atau jambu.

Aneka olahan daging kambing

Setelah menerapkan tips di atas, kini Anda siap untuk mengolah daging kambing rebusan sesuai selera. Untuk menghindari rasa bosan serta menambah variasi hidangan, Anda dapat membuat beberapa jenis menu secara bergantian. 

Apakah Anda kurang menyukai makanan bersantan? Atau Anda penggemar olahan daging kambing pedas? Aneka olahan daging kambing tanpa santan dan pedas berikut bisa jadi pilihan tepat untuk keluarga.

1. Aneka olahan daging kambing tanpa santan

Hidangan kambing memang identik dengan penggunaan santan. Namun bagi Anda yang menghindari atau tidak menyediakan bahan tersebut, resep olahan daging kambing tanpa santan berikut bisa menjadi alternatif sajian praktis dan lezat dari dapur Anda.

a. Sate kambing

Sate Kambing

Sate merupakan olahan daging bakar yang sangat populer di Indonesia, diantaranya menggunakan bahan dasar kambing. Dengan perpaduan sambal kacang atau kecap, makanan ini banyak diminati sebagai alternatif sehat dari sate sapi dan ayam. Resep sate kambing juga cukup mudah dipraktekkan. Yuk, intip cara tepat memasak resep sate kambing disini

b. Rawon

menu buka puasa rawon daging

Tidak terbatas pada daging sapi, rawon juga menjadi salah satu alternatif olahan daging kambing tanpa santan yang dapat Anda coba. Rawon kambing terhitung kurang populer karena adanya preferensi daging sapi yang tidak mudah berbau amis. Namun, rawon kambing menawarkan rasa gurih khas yang dapat menandingi daging sapi apabila diolah dengan tepat. Anda siap mencoba kelezatannya? Dapatkan resep praktisnya disini.

2. Aneka olahan daging kambing pedas

Rasa santan yang kental dan gurih dapat juga Anda padukan dengan cabai. Makan siang akan terasa lebih seru dengan rasa pedas dari hidangan kambing. Bosan dengan menu yang biasa saja? Aneka olahan daging kambing pedas ini wajib Anda coba. 

a. Kari kambing

Kari Daging Kambing

Panggilan kepada penggemar hidangan gurih dan berkuah. Kari kambing menawarkan cita rasa rempah yang kuat sehingga dapat meningkatkan selera makan. Anda dapat mengatur tingkat kepedasan dengan menambahkan jumlah cabai sesuai selera. 

Bahan yang dibutuhkan cukup simpel, mulai dari. Cek cara mengolah dan resepnya disini.

b. Gulai kambing

Gulai Kambing

Gulai kambing bisa menjadi alternatif olahan daging kambing pedas bagi Anda. Cukup dengan didampingi nasi hangat, keluarga Anda akan dapat menikmati cita rasa daging kambing yang kaya akan rempah. Tak perlu ribet, lihat resepnya disini.

c. Tongseng pedas

Tongseng Kambing

Bagi penggemar cita rasa manis, tongseng merupakan olahan daging kambing pedas yang wajib dicoba. Hidangan ini memanfaatkan rasa manis dari gula dan kecap untuk menghasilkan rasa legit pada daging kambing. Menarik untuk menjadi pertimbangan variasi sajian, bukan? Yuk, cek cara masaknya disini.  

d. Rendang Kambing

rendang kambing
Rendang kambing (Sumber: Cookpad)

Siapa nih sobat kuliner yang suka banget dengan rendang? Eits, rendang tidak hanya diolah dari daging sapi loh, tapi bisa juga dengan daging kambing. Sedikit tips, untuk pengolahan daging kambing dapat direbus dengan lobak ya agar tidak bau.

e. Sate Kambing

Sate kambing
Sate kambing (Sumber: Cookpad)

Olahan sate kambing memang paling pas disajikan ketika kumpul dengan keluarga. Agar sate yang disajikan nantinya lembut, ada baiknya Sobat Kuliner bungkus daging kambing yang sudah dipotong kecil-kecil diremas dengan daun pepaya selama 15 menit.

Dengan pengolahan yang tepat, Anda akan memiliki daging kambing siap masak yang dapat digunakan untuk membuat aneka menu. Mulai hidangan tanpa santan, tongseng hingga kreasi olahan daging kambing lainnya. Temukan inspirasi resep idul adha lebih lengkap di Kuliner Kota. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 5 Ide Olahan Daging Kambing Lezat & Gampang Dibuat!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

      Olahan telur termasuk salah satu bahan makanan yang bisa menjadi beberapa macam masakan. Bahkan banyak orang yang berlomba-lomba membuat kreasi baik hanya untuk diri sendiri, keluarga maupun mencoba menjualnya. Alasannya karena selain mudah mendapatkannya dan gampang untuk mengelolanya.  Hanya bermodalkan alat dan bahan pendukung yang tersedia disekitar saja. Nah kalau  sedang belajar memasak . […]

    Trending

    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]
    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]
    Mencari tempat makan romantis di kota Jakarta  sangat mudah. Pasalnya hampir disemua kawasan tersedia setidaknya satu restoran. Nah, untuk kamu yang sedang berencana untuk merayakan momen romantis bersama pasangan. Kuliner Kota bakal memberikan beberapa 10 tempat makan romantis di Jakarta 1.Hensin Restoran Jepang ini memang sudah menjadi langganan untuk tempat dinner romantis. Salah satunya kamu […]