Resep Semur Daging Praktis, Enak dan Empuk Banget

2 min read

Semur Daging Sapi

Momen idul adha 2020 mungkin sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena adanya pandemi. Namun, tradisi memotong hewan qurban pastinya akan tetap berjalan seperti biasa. Untuk itu, aneka daging qurban mulai dari kambing dan sapi akan tetap menumpuk di kulkas layaknya momen idul adha seperti biasa. Oleh karena itu, bagi sobat Kuliner Kota yang bingung menyimpan aneka daging agar tidak cepat membusuk, coba saja resep semur daging ini. 

Kamu tidak perlu ragu dengan cita rasanya, karena pasti enak, legit dan dagingnya empuk banget. Jadi, yuk coba kreasikan resep semur daging di rumah saat momen lebaran nanti! Tapi sebelumnya simak dulu penjelasan lengkap mulai dari asal usul semur daging, cara membuat semur daging sampai kandungan gizi yang ada di dalamnya berikut ini. 

Asal Usul Semur Daging

Masakan yang sudah populer di segala penjuru Indonesia ini memiliki sejarah yang cukup beragam. Sejarah menunjukan bahwa daging rebus yang diolah dengan aneka bumbu ini telah dikenal sejak abad ke-9 Masehi. Hal ini didukung dengan adanya beberapa prasasti , relief candi dan kakawin di Jawa yang menceritakan, “ ganan, hadanan prana wdus” atau disediakan sayuran kerbau dan kambing. Akan tetapi hidangan ini belum bisa dipastikan adalah semur apa bukan.

Selain itu, karena letak Indonesia yang sangat strategis dan kaya akan rempah-rempah menjadikan minat para pedagang datang ke Nusantara untuk ekspedisi. Adanya pendatang tersebutlah yang lambat laun mengakibatkan akulturasi budaya termasuk dalam kreasi hidangan. Teknik pengolahan semur inilah yang kemudian berkembang di Indonesia sejak tahun 1600.

Tidak cukup sampai disitu dalam satu buku resep tertua mendokumentasikan resep masakan Hindia Belanda Root Nieuw Volledig Oost-Indisch Kookboek yang terbit tahun 1902. Dalam buku resep ini memuat 6 jenis resep semur daging sekaligus menegaskan bahwa smoor kemudian di lafalkan semur dan dikembangkan dalam dapur Indis peranakan Eropa.

Dari sejarah itulah, yang membuat semur menjadi makanan khas berbagai daerah di Indonesia. Dimana cita rasanya sudah di sesuaikan dengan lidah masyarakat lokal. Jadi, jangan heran kalau kalian menemukan semur di berbagai kota di Indonesia rasanya beragam. 

Resep Semur Daging

Setelah mengetahui tentang asal usul masakan semur, selanjutnya kalian bisa mencoba resep semur daging ala Kuliner Kota ini. Pastinya mudah dan bisa dipraktekkan di rumah, pas banget buat dicoba saat momen idul adha nanti. Jadi, siapkan bahan-bahannya dan baca lengkap cara membuatnya yuk! 

Bahan Membuat Semur Daging

  • ½ Kg daging sapi (bisa diganti daging kambing),
  • 4 Siung bawang merah,
  • 4 Siung bawang putih,
  • 3 Buah cabai merah besar,
  • 6 Butir kemiri,
  • 1 Ruas jahe,
  • 1 Buah tomat,
  • 1 Lembar daun salam,
  • 2 Lembar daun jeruk,
  • 1 Batang serai, lalu geprek,
  • Lengkuas secukupnya,
  • 1 Sendok teh garam,
  • 1 Ruas kunyit,
  • 1 Sendok teh kaldu sapi bubuk,
  • Gula merah secukupnya,
  • ½ Sendok teh merica bubuk,
  • ¼ Butir pala,
  • Kecap manis secukupnya,
  • 65 Ml santan,
Resep Semur Daging
Resep Semur Daging, Foto Oleh Hops Id

Cara Membuat Semur Daging

  1. Rebus daging terlebih dahulu sampai empuk kira-kira 45 menit. Lalu potong tipis-tipis berlawanan dengan serat,
  2. Tumis bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, kunyit, lengkuas, cabai merah besar sekitar 2 menit – 3 menit. Lalu haluskan dan tambahkan tomat,
  3. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan. Jangan lupa tambahkan daun salam, daun jeruk, serai, garam, gula merah, merica bubuk, pala, kecap manis dan daging sapi yang sudah direbus. Aduk rata dan masak sampai bumbu meresap kurang lebih 20 menit dengan api sedang,
  4. Masukkan santan lalu aduk kembali sampai merata dan tunggu sampai bumbu meresap sempurna,
  5. Angkat dan hidangkan selagi hangat bersama nasi putih.

Bagaimana resep semur daging sapi di atas mudah bukan? Jika kalian tidak menyukai daging sapi bisa menggunakan daging-dagingan lainnya seperti kambing maupun ayam. Untuk waktu memasaknya sendiri kurang lebih selama 90 menit. Sedangkan budget yang harus disiapkan sekitar Rp75.000 jika membeli daging sendiri. Tapi kalau pas momen idul adha cukup mengeluarkan budget sekitar Rp25.000 saja. Selain itu, resep semur daging diatas cukup untuk 5 sampai 6 porsi, jadi recomended banget di buat saat momen kumpul keluarga.

Kandungan Gizi Semur Daging Sapi

Semur Daging Sapi
Semur Daging Sapi, Foto Oleh Liputan 6 Com

Saat kalian menikmati semur daging sapi, maka akan mendapatkan 141 kkal kalori, 8g lemak, 4,34 karbohidrat dan 12,7 protein. Sehingga cocok banget digunakan sebagai hidangan utama saat kumpul bersama keluarga. Jadi, tertarik mencoba membuat semur daging saat lebaran haji nanti?

Last Updated on November 19, 2020

Thanryganka Vinsha Pharausia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *