1. Resep

Resep Kepiting Saus Padang Pedas, Enak, & Gampang Dibuat

Saus padang merupakan salah satu bumbu khas dari Padang yang banyak digemari pecinta makanan. Saus ini terkenal dengan rasa gurihnya yang digunakan dari berbagai rempah-rempah yang diolah menjadi kuah kental sebagai pelengkap makanan.

Bumbu saus padang ini banyak digunakan di nasi padang, sate padang, dan berbagai makanan dari Padang lainnya. Namun, tahukah kamu bahwa kepiting juga sangat nikmat jika diolah menggunakan saus padang yang khas ini.

Disamping rasanya yang nikmat, Kepiting merupakan salah satu makanan yang memiliki gizi tinggi dengan rasa yang nikmat. Bagi pecinta seafood makanan ini sangat wajib untuk disajikan dengan berbagai cara penyajian. Bagi Sobat Kuliner yang bingung ingin menyajikan kepiting dengan cara apa, kali ini Kuliner Kota akan membagikan resep kepiting saus padang yang mudah dan nikmat pol. Let’s go!

Info Kalori Kepiting Saus Padang

Sebelum masuk ke proses penyajian kepiting, Sobat Kuliner harus mengetahui gizi dan kalori yang terkandung dalam kepiting. Bagi pengidap kolesterol, kepiting merupakan makanan yang aman karena mengandung kalori yang rendah serta kaya akan protein. Selain itu, lemak yang ada dalam kepiting merupakan lemak baik yang baik untuk tubuh. 

Sobat Kuliner mungkin bertanya-tanya apakah kepiting saus padang aman dikonsumsi saat diet. Nah jawabannya sangat aman, kalori yang terkandung dalam 1 mangkok kepiting yang dimasak adalah 119 kalori dengan 17% lemak, 0 karo, serta 83% protein. 

Tips Mengolah Kepiting Agar Tidak Amis

1. Pilih Kepiting yang Hidup

Ketika memilih kepiting, Sobat Kuliner harus memastikan bahwa kepiting yang dibeli adalah kepiting hidup. Mengapa? Agar mendapatkan daging yang segar dan lebih empuk. 

2. Bersihkan Kepiting

Bagi Sobat Kuliner yang baru pertama kali memasak kepiting, cara membersihkan kepiting tidak sulit kok. Kamu dapat menyikat kepiting di bawah air yang mengalir.

3. Cara Memasak Kepiting agar Tidak Amis

Sebenarnya ada berbagai cara memasak kepiting, nah kali ini kita akan mengolah kepiting dengan cara direbus. Setelah direbus kamu dapat menggunakan sedikit jahe yang sudah digeprek untuk menghilangkan bau amis. 

4. Tips Agar Bumbu Meresap Sempurna

Pastikan wadah dapat menampung seluruh badan kepiting agar daging dapat meresap sempurna. 

Resep Kepiting Saus Padang

Kepiting Saus Padang oleh Zyvara S. Early on Cookpad

Resep Kepiting Saus Padang Pedas

Kuliner Kota
Prep Time 30 minutes
Cook Time 1 hour 30 minutes
Course Main Course
Cuisine Indonesian
Servings 2 people
Calories 119 kcal

Ingredients
  

  • 500 gram kepiting
  • 1 sendok teh kaldu bubuk
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 3 gelas air
  • 3 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 tangkai daun koriander
  • 1 sendok teh air asam jawa
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh guka
  • 3 buah cabai besar jika ingin lebih pedas dapat menambahkan cabai lebih banyak
  • 2 buah cabe rawit

Instructions
 

  • Pertama, rebus kepiting hingga benar-benar matang dan tiriskan hingga kering.
  • Ulek bumbu cabai merah, cabai rawit, bawang putih, dan bawang merah.
  • Tambahkan garam, kaldu bubuk, air, dan air asam jawa lalu aduk hingga rata.
  • Tambahkan daun koriander lalu aduk rata hingga kuah kepiting menjadi mengental.
  • Kepiting saus padang sudah selesai dan siap disajikan dengan nasi putih.
Keyword kepiting, kepiting saus padang, kepiting saus padang pedas, saus padang

Baca juga: Resep Rendang Asli Padang Enak dan Sederhana Ala Rumahan

Nah itu tadi resep kepiting saus padang yang gampang dibuat. Pastikan membersihkan kepiting dengan benar ya agar nantinya masakan tidak berbau amis. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Resep Kepiting Saus Padang Pedas, Enak, & Gampang Dibuat

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Recipe Rating




    ARTIKEL TERBARU

    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]

    Trending

    Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]
    Malang merupakan salah satu  kota yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, juga menawarkan berbagai pilihan menarik untuk menghabiskan waktu bersama pasangan, termasuk salah satunya dinner romantis. Saat menari tempat dinner romantis, salah satu yang menjadi pertimbangan, yakni suasananya yang intim dan berkesan. Berikut ada 6 tempat dinner romantis di Malang yang dijamin bikin dinner […]
    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]