1. Kuliner
  2. Kuliner Malam
  3. Olahan Ayam

Pedasnya Sego Sambel Mak Yeye, Penyetan Legendaris Surabaya

Kota Surabaya merupakan salah satu kota metropolitan kedua setelah Ibu Kota Jakarta. Kota ini juga dikenal sebagai sentra para pebisnis atau pengusaha yang menjalankan usaha maupun bisnis yang mereka geluti. Namun, dibalik kepadatan Kota Surabaya tersebut, Sobat Kuliner bisa menikmati wisata kuliner Kota Surabaya yang beragam macamnya.

Jika Sobat Kuliner mampir ke Surabaya rasanya tak lengkap kalau belum menikmati Sego Sambel Mak Yeye. Kuliner malam legendaris yang terletak di Surabaya Selatan ini merupakan langganan wisatawan sehingga selalu ramai pengunjung. Hal tersebut membuat warung satu ini menjadi primadona kuliner Surabaya. Temukan informasi lokasi, jam buka hingga menu dan harga Sego Sambel Mak Yeye pada artikel berikut ini!

Nikmatnya Sego Sambel Mak Yeye, Penyetan Legendaris Surabaya Sejak Tahun 1982

menu sego sambel mak yeye
Makan penyetan di Sego Sambel Mak Yeye (Sumber: Kuliner Asik)

Jika Sobat Kuliner bertanya ke orang Surabaya tentang tempat makan penyet iwak pe yang recommended, mereka rata-rata akan menyebut Sego Sambel Mak Yeye sebagai jawabannya. Yap, warung sederhana berkonsep kaki lima ini merupakan penyetan legendaris di Surabaya yang ada sejak tahun 1982. Pelanggan yang berkunjung ke sini berasal dari berbagai kalangan, mulai dari pegawai kantor hingga mahasiswa.

Meski warung ini berdiri dengan cukup sederhana, warung Sego Sambel Mak Yeye tak pernah sepi pengunjung. Menu yang banyak diincar di kuliner legendaris Surabaya ini adalah seporsi nasi pulen hangat, ikan pari panggang atau biasa dikenal dengan iwak pe dan sambal pedas. Jarang-jarang, lho, ada warung penyet yang menyediakan menu ini. Menu lain yang ditawarkan adalah ayam goreng, tempe goreng, dan telur. 

Lauknya memang sederhana, tapi rasanya lebih istimewa dengan balutan sambel Mak Yeye yang pedasnya bisa membuat ketagihan. Sekilas, penampilan sego sambel ini tampak menyeramkan. Nasi dan lauknya nyaris tidak terlihat karena diselimuti sambal yang berwarna merah menyala. Sambal yang disajikan pun tak tanggung-tanggung, porsinya sangat melimpah.

Satu hal yang membuat Sego Sambel Mak Yeye ini istimewa adalah sambalnya yang terbuat dari ulekan tomat, cabai, terasi, bawang merah, bawang putih, dan garam. Untuk yang tidak terlalu suka pedas, sebaiknya bilang lebih awal agar sambal kamu bisa ditambah gula supaya sedikit lebih manis. 

Tidak hanya citarasa dan promosi sambalnya yang istimewa, lauk ikan pari panggang atau iwak pe juga menjadi ciri khas kuliner Surabaya ini. Iwak pe sendiri lazim dijadikan sebagai menu penyetan sego sambel. Tulang mudanya yang ketika disantap, akan memberikan sensasi tersendiri dalam mulut. 

Lokasi dan Jam Buka Sego Sambel Mak Yeye

Tempat makan Sego Sambel Mak Yeye
Tempat makan Sego Sambel Mak Yeye (Sumber: Rental Motor Surabaya)

Awalnya Sego Sambel Mak Yeye berjualan di dalam Pasar Wonokromo, lho. Tapi setelah ada kebakaran di sana, warung ini pun pindah ke alamat Sego Mak Yeye baru di Jalan Jagir No. 12, Wonokromo Wetan, tepatnya berada di sebelah utara Gedung Darmo Trade Centre (DTC). Lokasinya berada di pinggir jalan dengan atap terpal yang disanggah kayu. Meskipun hanya lapak sederhana, warung penyet ini menjadi primadona di Kota Pahlawan.

Bagi Sobat Kuliner yang sudah penasaran Sego Sambel Mak Yeye buka jam berapa, kuliner legendaris Surabaya ini buka di jam 10 malam hingga waktu Subuh dan buka setiap hari. Cocok sebagai kuliner malam ketika perut sedang lapar-laparnya.

Walaupun buka hingga pagi, ada baiknya Sobat Kuliner datang lebih awal supaya tidak terjebak dalam antrian yang panjang dan dapat tempat parkir di sekitar warung. Namun, kesabaran mengantri di antrian yang panjang di Sego Sambel Mak Yeye ini tentunya akan terbayarkan dengan lezatnya nasi sambel tersebut.  

Menu Sego Sambel Mak Yeye Beserta Harganya

Harga Sego Sambel Mak Yeye
Sego Sambel Mak Yeye (Sumber: @rafinagita1717 on Instagram)

Satu porsi nasi sambel dengan telur, tempe, dan iwak pe dibanderol dengan harga kurang lebih Rp20.000. Tidak terlalu mahal, bukan? Sedangkan satu porsi nasi dengan telur dan tempe tanpa iwak pe dipatok dengan harga Rp15.000 saja. Sebagai pelengkap, es teh manis sudah seperti minuman wajib yang harus dipesan untuk menemani segala macam makanan. Es teh manis itu bisa dipesan di warung sebelah dengan harga Rp3.000 saja. 

Nah, itu dia ulasan mengenai Sego Sambel Mak Yeye yang menjadi primadona kuliner Surabaya yang sudah melegendaris sejak tahun 1982. Jika berkunjung ke Surabaya, pastikan Sobat Kuliner mampir ke warung sego penyetan ini, ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pedasnya Sego Sambel Mak Yeye, Penyetan Legendaris Surabaya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]

    Trending

    Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]
    Malang merupakan salah satu  kota yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, juga menawarkan berbagai pilihan menarik untuk menghabiskan waktu bersama pasangan, termasuk salah satunya dinner romantis. Saat menari tempat dinner romantis, salah satu yang menjadi pertimbangan, yakni suasananya yang intim dan berkesan. Berikut ada 6 tempat dinner romantis di Malang yang dijamin bikin dinner […]
    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]