1. Jajanan

Cek 10 Jajanan Jadul 90an yang Bikin Kamu Nostalgia

Generasi angkatan 90 mana nih suaranya? Kalian masih ingat dengan jajanan jadul yang dulu hampir setiap hari kita makan? Jajanan jadul 90an ciki jaman dulu ini biasa dibeli ketika istirahat atau saat sepulang sekolah. Walaupun jajanan ini sederhana, namun rasanya enak dan harganya terjangkau. Yuk, simak deretan jajanan jadul 90an berikut ini!

1. Rambut Nenek

Jajanan rambut nenek
Jajanan rambut nenek (Sumber: Orami)

Sobat Kuliner sudah pasti tahu, dong, jajanan satu ini bukan rambut seorang nenek-nenek asli? Rambut nenek ini merupakan jajanan jadul 90an yang berasal dari gula dan rasanya manis. Bentuknya sih, memang menyerupai serabut putih halus seperti rambut beruban. Beberapa orang juga menyebut rambut nenek ini dengan arum manis. Biasanya disajikan dengan kerupuk yang manis dan gurih.

2. Telur Gulung

Telur gulung
Telur gulung (Sumber: Cookpad)

Telur gulung termasuk jajanan jadul 90an favorit, lho! Rasanya memang lezat dan nagih, terlebih jika diberi saus. Telur gulung ini memang masih ada hingga sekarang, hanya saja telur gulung yang sekarang lebih modern dan lebih mahal, yakni bisa sekitar Rp500 atau Rp1.000 per tusuknya. Berbeda dengan jaman dulu yang hanya Rp100 per tusuknya.

3. Gulali

Gulali
Gulali (Sumber: Tokopedia)

Sama-sama terbuat dari gula pasir murni seperti arum manis atau rambut nenek, gulali atau permen gula juga menjadi jajanan jadul 90an yang kerap dijumpai di depan sekolah. Cara membuatnya dengan cara memanaskan campuran gula pasir dengan sedikit gula merah hingga mencair menjadi karamel. Setelah itu, penjualnya akan membuat bermacam kreasi bentuk dari cairan gula tersebut.

4. Permen Karet Yosan

Permen karet Yosan
Permen karet Yosan (Sumber: Bhinneka)

Pasti Sobat Kuliner tidak lupa dengan jajanan jadul 90an snack jaman dulu yang legendaris satu ini. Permen karet yang berhadiah tattoo air ini sangat asyik dikoleksi untuk hadiahnya dan bekas bungkusannya sehingga bisa disusun menjadi Y-O-S-A-N. Hmm.. Bikin kangen, ya?

5. Es Lilin

Es lilin
Es lilin (Sumber: Cookpad)

Es yang juga sering disebut es mambo ini cukup booming pada masanya. Es yang sering juga disebut es mambo ini merupakan minuman manis yang dibekukan. Dinamakan es lilin karena memang bentuknya seperti batangan lilin, terlebih dengan warna-warninya yang menggugah selera. Cara menikmatinya cukup menggigit sedikit ujung plastiknya lalu hisap bagian beku es di dalamnya.

6. Coklat Kacamata

Coklat kacamata
Coklat kacamata (Sumber: Shopee)

Siapa, sih, yang nggak tahu jajanan jadul 90an satu ini? Bentuk kemasannya yang unik menyerupai kacamata pasti bikin nggak bisa nahan diri buat tidak membeli jajanan satu ini. Berkas kemasannya sering digunakan kacamata dengan mengaitkan karet di kedua sisinya, Sobat Kuliner masih ingat?

7. Mie Gemez

Mie gemez
Mie gemez (Sumber: Bukalapak)

Seperti namanya, jajanan jadul 90an ciki jaman dulu satu ini sukses bikin gemas sampai ingin meremasnya. Tidak perlu repot masak, cukup dinikmati dalam sekali remasan. Jajanan ini berupa mie kering yang diremukkan dan ditaburi bumbu yang telah disediakan di dalam kemasannya.

8. Permen Coklat Yosan Choyo Choyo

Coklat Yosan Choyo Choyo
Coklat Yosan Choyo Choyo (Sumber: Tokopedia)

Next, selain permen karet Yosan, jajanan jadul 90an dari Yosan satu ini merupakan jajanan favorit anak SD tahun 90-an. Meskipun mini, coklat pasta dalam cup satu ini terdiri dari beberapa varian rasa yang menarik, lho. Kemasan cup-nya yang imut membuat cara menikmatinya harus dengan sendok kecil yang mungil. Isian coklatnya pun juga cuma sedikit sehingga harus menjilati cup-nya hingga puas.

9. Mie Lidi

Mie lidi
Mie lidi (Sumber: Tokopedia)

Bisa ditebak dari namanya, jajanan mie satu ini punya bentuk lurus memanjang seperti lidi. Mie lidi ini tersedia dalam rasa pedas dan asin favorit anak generasi 90an. Sampai sekarang, jajanan satu ini masih sering dijumpai di warung-warung.

10. Coklat Payung

Coklat payung
Coklat payung (Sumber: Tokopedia)

Permen coklat yang berbentuk kerucut layaknya payung tertutup ini merupakan salah satu jajanan jadul 90an yang laris manis diburu pada masanya. Bentuknya yang imut seperti payung ini menarik perhatian terlebih harganya masih Rp100 saat itu. Ditambah warna-warni bungkusnya membuat tampilannya makin menarik. Rasanya manis dan teksturnya lembut, cocok untuk dikunyah anak-anak.

Gimana, nih? Kangen, kan, sama jajanan jadul 90an setelah melihat deretan daftar di atas? Jajanan mana, nih, yang ingin Sobat Kuliner makan lagi sekarang?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Cek 10 Jajanan Jadul 90an yang Bikin Kamu Nostalgia

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]
    Malang merupakan salah satu  kota yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, juga menawarkan berbagai pilihan menarik untuk menghabiskan waktu bersama pasangan, termasuk salah satunya dinner romantis. Saat menari tempat dinner romantis, salah satu yang menjadi pertimbangan, yakni suasananya yang intim dan berkesan. Berikut ada 6 tempat dinner romantis di Malang yang dijamin bikin dinner […]

    Trending