Resep Cheese Stick yang Gampang Dibuat, Gurih & Renyah

Cheese Stick (sumber: Instagram)
Cheese Stick (sumber: Instagram)
Daftar isi

Cheese stick menjadi kudapan gurih yang pembuatannya tergolong mudah. Mari cari tahu lebih dalam mengenai resep cheese stick versi Kuliner Kota yang gurih, renyah, dan mudah dalam pembuatannya di artikel berikut ini.

Cheese Stick, Camilan Gurih dan Renyah yang Cocok Disantap di Waktu Senggang

Agar bisa menikmati camilan yang gurih tidaklah harus selalu membelinya dari minimarket di luar rumah. Sobat Kuliner dapat membuatnya sendiri. Cheese stick merupakan camilan gurih yang enak disantap di waktu senggang. Resep cheese stick juga tergolong mudah dalam proses pembuatannya..

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk resep cheese stick juga termasuk bahan yang ekonomis tidak begitu sulit didapatkan. Dengan teksturnya yang renyah dan rasanya yang gurih, penggemar camilan akan ketagihan terus untuk memakannya di waktu kosong.

Kalori dan Kandungan Gizi Cheese Stick

Bagi Sobat Kuliner yang ingin membuat kudapan cheese stick ini, sebelum melihat langsung resep cheese stick keju versi Sobat Kuliner alangkah baiknya untuk mengetahui kalori dan kandungan gizinya terlebih dahulu. Rincian kalori dan kandungan gizi dari 1 porsi (50 gram) cheese stick dapat dirinci sebagai berikut:

  • Nilai Kalori: 339 KKal
  • Protein: 13.7 gram
  • Karbohidrat: 2.4 gram
  • Lemak: 27.9 gram
  • Asam Organik: 0.4 gram
  • Serat Makanan: 0.2 gram
  • Kolesterol: 107.2 mg

Tips dalam Membuat Cheese Stick

Tips berikut ini coba Kuliner Kota rangkum untuk Sobat Kuliner yang ingin membuat kudapan ini menggunakan resep cheese stick keju yang gurih, renyah, dan anti gagal. Walaupun tergolong mudah dan sederhana dalam proses pembuatannya, terdapat beberapa tips yang bisa dipraktikkan agar mendapat hasil cheese stick yang bagus. Mari simak tipsnya berikut ini.

Artikel Terkait

Baca Juga:  Resep Lumpia Khas Semarang Yang Enak dan Mudah Dibuat

1. Penggunaan jenis keju

Dalam resep cheese stick goreng ini memang disarankan menggunakan keju jenis cheddar. Namun jenis keju yang dipakai dapat diganti dengan keju edam, keju parmesan, atau campuran dari ketiga jenis keju tersebut dengan perbandingan yang dapat disesuaikan sesuai selera.Tentunya beda jenis keju akan mempengaruhi rasa dari cheese sticknya.

2. Pakai Mesin Penggiling Mie untuk mempermudah pekerjaan

Pada pembuatan resep cheese stick, dalam membentuk adonan dapat menggunakan cara manual yaitu dengan menggiling tipis menggunakan rolling pin, Namun terkadang hasil gilingan memakai rolling pin akan kurang tipis sehingga hasilnya akan kurang renyah. Sobat Kuliner dapat menggunakan bantuan mesin penggiling mie atau noodle maker untuk menggiling tipis adonan cheese stick yang ada di resep cheese stick.

3. Alternatif Margarin untuk Rasa

Apabila Sobat Kuliner suka berkreasi, margarin biasa dapat diganti dengan menggunakan margarin siap pakai yang berjenis bawang putih. Nanti hasilnya cheese stick yang dibuat akan memiliki sedikit rasa bawang putih untuk menambah kekayaan cita rasa.

4. Perhatikan Konsistensi Adonan

Dalam membuat adonan, usahakan adonan yang dibentuk memiliki konsistensi yang tidak lembek. Tipsnya adalah, adonan cheese stick yang dibuat agak sedikit keras tetapi tidak begitu ambyar. Adonan dengan konsistensi yang lembek memang lebih mudah dalam menggilingnya, namun akan menghasilkan cheese stick yang agak keras saat digigit.

5. Perhatikan Minyak dan Panas Api Kompor

Apabila menggoreng adonan cheese stick yang sudah digiling dan dipotong berbentuk stik, gorenglah dengan minyak yang benar-benar sudah panas terlebih dahulu. Setelah memanaskan minyak, kecilkan api menjadi api sedang sampai api kecil agar cheese stick tidak cepat gosong. Cheese stick dapat diangkat setelah matang dan berwarna kuning keemasan.

Baca Juga:  8 Cara Membuat Seblak Simple: Kuah, Kering, & Pakai Telor

6. Untuk Kerenyahan Ekstra

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan agar resep cheese stick keju yang dihasilkan menjadi lebih renyah. Tips yang pertama, Sobat Kuliner dapat menggunakan baking powder sebagai bahan opsional dalam pembuatan cheese stick. 

Kemudian juga Sobat Kuliner dapat mengkombinasikan tepung terigu dan tepung kanji atau tapioka agar hasil cheese sticknya renyah. Lalu juga margarin yang dicampurkan ke adonan tidak perlu dilelehkan terlebih dahulu untuk mendapatkan tekstur cheese stick yang renyah,

Resep Cheese Stick Keju

Setelah memperhatikan tips cara membuat cheese stick, akhirnya kita telah sampai kepada resep cara membuat cheese stick keju yang mudah dan akan menghasilkan cheese stick gurih dan lezat. Dalam pembuatannya, bahan-bahan pada resep ini cukup mudah untuk didapatkan dan juga tersedia di warung atau minimarket terdekat. Berikut resep cheese stick goreng yang Sobat Kuliner dapat ikuti.

Recipe By Kuliner Kota
Course: Starter Cusine:Western Difficulty:Easy

Servings

10 minutes

Preparing Time

20 minutes

Cooking Time

30 minutes

Calories

339 kcal

INGREDIENTS

  1. 300 gram tepung terigu, jenis protein sedang

  2. 125 gram tepung kanji atau tepung tapioka

  3. 2 butir telur ayam, dikocok lepas

  4. 150 gram keju cheddar parut (dapat diganti dengan keju edam atau parmesan)

  5. 50 gram margarin

  6. ½ sendok teh kaldu bubuk

  7. ½ sendok teh baking powder

  8. ½ sendok teh garam

  9. Air es secukupnya

  10. Minyak sayur untuk keperluan menggoreng secukupnya

DIRECTION

  1. Seluruh bahan-bahan kering dicampurkan (tepung terigu, tepung kanji, kaldu bubuk, garam, dan baking powder) dalam wadah besar. Bahan kering tadi diaduk rata, kemudian diayak agar adonan tepungnya lebih lembut.

  2. Tambahkan telur ayam dan keju parut ke dalam wadah bahan kering tadi. Aduk dan uleni adonan.

  3. Kemudian margarin ditambahkan ke dalam adonan. Uleni kembali agar semua bahan dapat tercampur rata.

  4. Tuang air es secara perlahan sambil adonan diuleni. Adonan yang diuleni tidak perlu terlalu sampai kalis dan pastikan adonan tidak sampai lembek. Konsistensi adonan yang tepat adalah sedikit keras namun masih bisa dibulatkan. Takaran air es bisa disesuaikan.

  5. Tutup wadah berisi adonan tadi dengan menggunakan plastik atau lap basah. Diamkan 20-30 menit.

  6. Adonan diambil lalu dibagi menjadi 4-6 bagian. Kemudian bulatkan dan giling adonan hingga tipis menggunakan rolling pin. Agar adonan tidak lengket, adonan perlu ditaburi sedikit tepung. Dalam penggilingan adonan juga dapat menggunakan noodle maker agar mendapatkan adonan dengan tebal yang pas.

  7. Potong adonan dengan bentuk memanjang tipis menjadi bentuk stik dengan menggunakan pisau atau noodle maker dengan ukuran sesuai selera. Taburi adonan dengan tepung kembali agar tidak lengket saat ditumpuk.

  8. Panaskan minyak dalam jumlah banyak ke dalam wajan.

  9. Goreng adonan cheese stick yang sudah dipotong tadi ke dalam minyak yang sudah benar-benar panas. Goreng menggunakan api sedang hingga kecil.

  10. Goreng cheese stick sampai warnanya berubah menjadi kuning keemasan.

  11. Angkat cheese stick dari penggorengan, lalu tiriskan. Diamkan beberapa saat sampai minyak turun dan cheese stick kering. Setelah itu simpan cheese stick ke dalam wadah kedap udara.

  12. Cheese stick siap disajikan.

Baca Juga:  Resep Tahu Gejrot Cirebon Praktis, Mudah Cocok Untuk Jualan

NOTES

Itu tadi merupakan resep mudah cara membuat cheese stick yang gurih dan renyah. Bagaimana? Tertarik untuk membuatnya di rumah?

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *