1. Resep

2 Resep Bolu Kopi Kukus & Panggang untuk Camilan Sore Hari

Bersantai di sore hari sambil ngopi? Sudah biasa, Sobat Kuliner. Ngopi ditemani cemilan, baru luar biasa. Sebagai pelengkap kopi yang sepet dan pahit, lebih enak sambil ngemil yang manis-manis. Salah satunya, ngemil bolu kopi yang manis dan bertekstur lembut! Selain diseduh, kopi juga bisa diolah menjadi cemilan yang enak, lho!

Buat kamu yang tidak suka kopi, kamu bisa membuat resep bolu kopi ini sebagai alternatif. Selain cita rasa kopinya yang tidak sepekat minuman kopi, namun harumnya kopi selalu bikin ketagihan. Nah, kali ini Kuliner Kota akan memberikan resep bolu kopi yang mudah dan enak. Yuk simak pembahasannya berikut ini!

Bolu Kopi, Olahan Kreatif Kopi yang Menggugah Selera

Bolu Kopi sebagai Teman Kopi (@bolukopibandung on Instagram)
Bolu Kopi sebagai Teman Kopi (@bolukopibandung on Instagram)

Bolu kopi adalah salah satu hidangan kreatif yang terbuat dari kopi. Kue ini dapat dijadikan alternatif buat Sobat Kuliner yang tidak bisa minum kopi. Meskipun berbahan dasar kopi, bolu kopi memiliki cita rasa yang manis dan enak, dengan rasa kopi yang tidak terlalu pekat.

Resep bolu kopi dapat dibuat dengan cara dikukus atau dipanggang. Keduanya dapat dicoba karena sama-sama menggunakan bahan-bahan sederhana dan cara pembuatannya yang mudah. Dijamin Sobat Kuliner dapat mencoba membuatnya di rumah.

Jenis kopi yang digunakan dalam resep bolu kopi, dapat menggunakan jenis kopi apa saja. Namun, agar lebih praktis dan murah, kopi sachetan pun dapat digunakan, lho! Selain kopi hitam, kamu juga dapat menggunakan kopi luwak atau rasa lainnya sesuai keinginan kamu.

Kopi sendiri merupakan salah satu hasil seduhan biji kopi yang sering dikonsumsi masyarakat. Kopi dipercaya dapat mengatasi kantuk karena mengandung kafein yang membuat tubuh tetap terjaga. Namun, selain kafein, kopi juga memiliki kandungan gizi dan kalori yang berguna bagi tubuh. Simak informasinya berikut ini.

Kandungan Gizi dan Kalori Bolu Kopi

Dilansir dari fatsecret dalam resep bolu kopi untuk ukuran porsi 1 buah, terdapat kandungan gizi dan kalori sebagai berikut.

KandunganJumlahKandunganJumlah
Energi789 kj (189 kkal)Karbohidrat30.3 g
Lemak5.96 gSerat0.7 g
Kolesterol55 mgGula16.62 g
Protein3.51 gSodium251 mg
Kalium 51 mg

Resep Bolu Kopi Kukus dan Panggang

Bagi Sobat Kuliner yang ingin mencoba resep bolu kopi, terdapat dua cara yang dapat dilakukan, yaitu dengan resep bolu kopi kukus dan resep bolu kopi panggang sederhana. Sobat Kuliner tenang saja, kedua resep tersebut menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemui dan harganya tidak membuat kantong kamu jebol. Yuk simak resep bolu kopi kukus berikut ini!

1. Resep Bolu Kopi Kukus

Resep bolu kopi kukus ini memiliki bahan-bahan yang lebih banyak daripada resep bolu kopi panggang. Namun, semua bahan dapat dengan mudah ditemui di pasar dan cara pembuatannya juga simpel. Berikut bahan-bahan dan cara pembuatannya.

Recipe By Kuliner Kota
Course: Dessert Cusine:Indonesia Difficulty:Easy

Servings

5 minutes

Preparing Time

20 minutes

Cooking Time

50 minutes

Calories

189 kcal

INGREDIENTS

  1. 10 sdm tepung terigu

  2. 10 sdm margarin

  3. 10 sdm gula pasir

  4. 10 sdm air panas

  5. 1 butir telur

  6. 2 sachet kopi instan bubuk

  7. ½ sdt soda kue

DIRECTION

  1. Siapkan wadah, campurkan gula pasir dan telur, kocok menggunakan <em>whisker</em> hingga merata.

  2. Tambahkan soda kue dan tepung terigu, aduk dengan rata.

  3. Tambahkan margarin yang sudah dicairkan, aduk dengan rata.

  4. Seduh kopi instan dengan air panas, saring hingga ampasnya terambil.

  5. Tambahkan air kopi ke dalam adonan, aduk dengan rata.

  6. Masukkan adonan ke dalam loyang, jangan lupa olesi terlebih dahulu loyang dengan margarin dan lapisi dengan kertas roti.

  7. Nyalakan kompor, kukus adonan selama 35 menit (sebelum dikukus, panaskan kukusan terlebih dahulu).

  8. Cek sisi bolu, jika sudah tidak ada yang menempel, bolu dapat diangkat.

  9. Bolu kopi kukus siap disantap!

NOTES

2. Resep Bolu Kopi Panggang

Resep bolu panggang menggunakan bahan-bahan yang lebih sedikit dibandingkan resep bolu kopi kukus. Namun, untuk cara pembuatannya sebagian besar masih sama. Berikut bahan-bahan dan cara pembuatannya.

Recipe By Kuliner Kota
Course: Dessert Cusine:Indonesia Difficulty:Easy

Servings

5 minutes

Preparing Time

10 minutes

Cooking Time

50 minutes

Calories

189 kcal

INGREDIENTS

  1. 100 gr gula pasir

  2. 200 gr margarin

  3. 4 butir telur

  4. 2 bks kopi luwak

  5. 1 gelas tepung terigu

DIRECTION

  1. Ayak terigu dengan kopi, jika sudah halus, sisihkan.

  2. Masukkan telur dan gula pasir, kocok dalam wadah hingga mengembang kental, gunakan <em>mixer </em>dengan kecepatan tinggi agar tercampur sempurna.

  3. Turunkan kecepatan, tambahkan margarin dan hasil ayakan kopi dengan tepung terigu yang halus.

  4. Setelah tercampur rata, tuang adonan ke dalam loyang, masukkan ke dalam oven selama 35 menit atau tunggu hingga matang (sebelum dimasukkan ke dalam oven, panaskan oven terlebih dahulu).

  5. Jika belum 30 menit, jangan buka tutup oven.

  6. Jika sudah matang merata, angkat bolu kopi, dan siap disajikan.

NOTES

Baca Juga: 3 Resep Kue Apem Kukus Tradisional Sederhana, & Anti Gagal

Nah, bagaimana Sobat Kuliner, sangat mudah bukan? Baik menggunakan kukus maupun panggang, keduanya memiliki cita rasa yang sama enaknya. Kamu juga bisa menambahkan topping di atas bolu, seperti buah-buahan segar, taburan meises, tambahan coklat, butiran kacang, taburan choco chips, atau whipping cream sesuai selera kamu dan keluarga. Sekian pembahasan Kuliner Kota mengenai resep kue bolu kopi ini. Semoga dapat membantu, ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 2 Resep Bolu Kopi Kukus & Panggang untuk Camilan Sore Hari

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]

    Trending

    Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]
    Malang merupakan salah satu  kota yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, juga menawarkan berbagai pilihan menarik untuk menghabiskan waktu bersama pasangan, termasuk salah satunya dinner romantis. Saat menari tempat dinner romantis, salah satu yang menjadi pertimbangan, yakni suasananya yang intim dan berkesan. Berikut ada 6 tempat dinner romantis di Malang yang dijamin bikin dinner […]
    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]