15 Rempah Rempah Indonesia yang Jadi Bahan Dapur Sehari-hari

Rempah Rempah Indonesia (pixabay.com)
Rempah Rempah Indonesia (pixabay.com)
Apa saja rempah rempah Indonesia yang jadi bahan dapur sehari-hari? Berikut ini ada penjelasan tentang 15 rempah rempah Indonesia dari Kuliner Kota.
Daftar isi

Seperti yang dikatakan sejarah, bumi Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah, salah satunya rempah-rempah. Dari Sabang hingga Merauke, sejak dulu kala para ibu rumah tangga menggunakan rempah-rempah untuk menyedapkan makanan maupun pengobatan. Namun, apakah Sobat Kuliner sudah tahu jenis rempah rempah Indonesia yang biasa digunakan untuk memasak? 

Setiap masakan Indonesia pasti mengandung berbagai jenis rempah agar menghasilkan rasa masakan yang lezat dan tentunya bergizi. Agar tidak salah menggunakan rempah ketika masak, kamu harus mengetahui nama rempah rempah Indonesia yang sering digunakan. Di samping itu, berjuta manfaat dari rempah-rempah juga dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal. Berikut daftar 15 rempah rempah Indonesia dan manfaatnya.

15 Rempah Rempah Indonesia Beserta Manfaatnya

1. Jinten

Jinten Putih (@anugrah_rempah_herbal on Instagram)
Jinten Putih (@anugrah_rempah_herbal on Instagram)

 

Salah satu rempah-rempah Indonesia ini biasa dikenal sebagai habbatussauda. Dalam masakan, jinten dapat menambah aroma dan memperkaya rasa pada makanan yang berkuah, seperti gulai dan kari. Faktanya, jinten juga dapat berkhasiat untuk mengatasi masalah pencernaan dan memperlancar ASI bagi ibu hamil.

2. Kapulaga

Kapulaga (@megacharcoalid on Instagram)
Kapulaga (@megacharcoalid on Instagram)

Kapulaga banyak diminati karena manfaatnya banyak, sehingga di pasaran rempah-rempah Indonesia ini memiliki harga yang tinggi, yaitu sekitar Rp45.000 per kilogram. Selain menjadi penyedap rasa masakan, kapulaga memiliki banyak khasiat karena banyak mineral yang dikandungnya, seperti zinc, magnesium, dan lainnya. Kapulaga berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengatasi infeksi. 

Artikel Terkait

3. Kemiri

Kemiri (@tamarindo_group on Instagram)
Kemiri (@tamarindo_group on Instagram)

Salah satu rempah-rempah Indonesia ini sering dimanfaatkan dalam pembuatan sambal, sayur, bumbu ungkep, dan lainnya. Kemiri dapat menambah cita rasa gurih, seperti santan. Selain itu, saat ini banyak perusahaan yang membuat sampo atau minyak untuk melebatkan rambut dengan berbahan dasar minyak kemiri. 

4. Cengkih

Cengkih Muda (@boleh_merokok on Instagram)
Cengkih Muda (@boleh_merokok on Instagram)

Cengkih atau cengkeh memiliki nama latin Syzgium aromatica yang berkhasiat untuk meredakan sakit perut, mengatasi rasa mual, dan meredakan diare. Dalam masakan, menggunakan cengkih akan menambah rasa lezat dalam masakan kamu. Selain sebagai obat dan bahan masakan, cengkih juga dapat dikonsumsi rutin karena dapat membantu meregenerasi tubuh ketika kelelahan. 

5. Lengkuas

Lengkuas (@fifi.rumahmaneh on Instagram)
Lengkuas (@fifi.rumahmaneh on Instagram)

 

Baca Juga:  Resep Sapo Tahu Seafood Enak dan Mudah ala Restoran

Lengkuas pertama kali masuk ke Indonesia melalui daerah Palembang, Sumatera Utara. Masakan Indonesia yang dimasak dengan lengkuas, di antaranya sayur bening, rendang, nasi kuning, bumbu ungkep, soto, gulai, dan aneka masakan Indonesia lainnya. Di samping sebagai penambah lezat masakan, lengkuas juga kerap dipakai sebagai bahan jamu dengan beragam khasiat, seperti mengatasi masuk angin, sakit lambung, dan meningkatkan nafsu makan.

6. Lada

Lada Putih (@tokoapitbky on Instagram)
Lada Putih (@tokoapitbky on Instagram)

Tak hanya di Indonesia, lada atau merica sering digunakan di seluruh dunia sebagai bahan masakan dan penyedap rasa. Cita rasa yang hangat dan sedikit pedas, dapat menjadi bahan masakan pengganti cabai. Lada juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti mengatasi gangguan penyakit kulit, memperlancar peredaran darah, dan tentunya sebagai penghangat tubuh.

7. Asam Jawa

Asam Jawa (@gerobok.makanan on Instagram)
Asam Jawa (@gerobok.makanan on Instagram)

Asam jawa bermanfaat sebagai campuran minuman tradisional, seperti minuman kunyit asam yang terbuat dari asam jawa dan kunyit yang berkhasiat untuk mengendalikan gula darah, menurunkan berat badan, meredakan nyeri haid, dan segudang khasiat lainnya. Selain bermanfaat sebagai obat, asam jawa sering digunakan untuk menambah cita rasa asam pada masakan, seperti pada sayur asem dan kuah cuko pempek.

8. Kunyit

Kunyit (@superherbsco.id on Instagram)
Kunyit (@superherbsco.id on Instagram)

Rempah-rempah Indonesia yang memiliki nama ilmiah Curcuma domestica ini dijadikan sebagai pewarna alami warna kuning dalam masakan, seperti opor ayam, bahan dasar jamu, nasi kuning, dan lainnya. Selain digunakan dalam masakan, kunyit juga dimanfaatkan sebagai obat pereda bengkak dan nyeri karena mengandung senyawa curcumin. Di samping itu, kunyit digunakan sebagai obat untuk melancarkan pencernaan, sehingga kondisi tubuh tetap terjaga.

9. Pala

Pala (@anassarully on Instagram)
Pala (@anassarully on Instagram)

Pala memiliki nama ilmiah Myristica fragrans yang dianggap sebagai raja rempah-rempah Indonesia. Rempah-rempah ini tumbuh subur di daerah Maluku, tepatnya di Pulau Banda dan saat ini sudah tersebar luas di seluruh Indonesia.

Sejak dulu, pala dijual dengan harga tinggi karena kaya akan khasiat, seperti penambah cita rasa dan dapat dijadikan sebagai komponen campuran parfum dan sabun karena minyak atsiri yang dikandungnya. 

Di samping itu, biji pala dapat membantu mengatasi diare, gangguan pencernaan, dan meredakan masuk angin. Sifat antibakteri dalam biji pala akan membantu untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Selain itu, campuran parutan biji pala dan minyak oregano dapat membantu mengatasi bau mulut dan mencegah kerusakan pada gigi.

10. Jahe

Jahe Merah (cfd_olshop on Shopee)
Jahe Merah (cfd_olshop on Shopee)

Jahe yang memiliki nama ilmiah zingiber officinale sudah dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia sejak dulu kala sebagai penghangat tubuh. Banyak jenis jamu dan obat herbal yang menggunakan jahe sebagai bahan dasar. Tentu saja, beragam khasiat dapat kita rasakan jika mengkonsumsi jahe, seperti mencegah rasa mual, meningkatkan nafsu makan, mengatasi masuk angin, dan tentunya menjaga tubuh agar tetap hangat. Dalam masakan, jahe juga dipakai untuk menambah cita rasa dan rasa hangat pada makanan.

11. Kayu Manis

Kayu Manis (griya.manis on Shopee)
Kayu Manis (griya.manis on Shopee)

Kayu manis yang memiliki nama ilmiah cinnamon zeylanicum ini dipakai tak hanya di Indonesia, namun juga di Indonesia. Karena wanginya yang khas, rempah-rempah Indonesia ini dapat digunakan dalam berbagai jenis makanan, mulai dari pastry, bakery, maupun masakan berkuah.

Dengan cita rasa khas yang manis dan sedikit pedas, kayu manis juga digunakan dalam minuman untuk menambah kesegaran dan aroma. Selain itu, kayu manis berguna untuk menjaga kesehatan, seperti menyembuhkan infeksi dan berbagai penyakit kulit, meredakan diare, menjaga nafsu makan, dan meredakan hipertensi.

12. Daun Salam

Daun Salam (sayuronlinesidoarjo on Shopee)
Daun Salam (sayuronlinesidoarjo on Shopee)

Daun salam digunakan untuk menambah aroma wangi dan cita rasa yang nikmat pada makanan. Masyarakat biasanya menggunakan ini dalam berbagai masakan Indonesia, seperti kari, semur, rendang, sayur bening, kari, soto, dan masakan lainnya.

13. Daun Jeruk

Daun Jeruk (jangkausayurnusantara on Instagram)
Daun Jeruk (jangkausayurnusantara on Instagram)

Bukan hanya buah jeruk saja yang dimanfaatkan, daun jeruk pun sering digunakan dalam berbagai masakan Indonesia karena dapat memberikan aroma yang harum. Beberapa masakan Indonesia yang menggunakan daun jeruk, antara lain sop, kuang kacang, asam padeh, gulai, seblak, tomyum, dan aneka masakan lainnya.

14. Kecombrang

Kecombrang (sahabatdapur2 on Shopee)
Kecombrang (sahabatdapur2 on Shopee)

Kecombrang merupakan tanaman yang berwarna merah muda dan memiliki nama khas di beberapa bahasa daerah, seperti honje dalam bahasa Sunda, kincung di daerah Medan, bungong di daerah Aceh, dan asam cekala di daerah Tapanuli. Biasanya digunakan sebagai bahan campuran masakan, seperti di daerah Jawa Barat kecombrang dijadikan sebagai lalap dan pelengkap sambal, sedangkan daerah Banyumas kecombrang dijadikan sebagai pecel.

15. Ketumbar

Ketumbar Hitam (vivinoliaa on Shopee)
Ketumbar Hitam (vivinoliaa on Shopee)

Ketumbar memiliki nama ilmiah coriandrum sativum yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, seperti mengatasi masalah pencernaan, meredakan diare, kejang usus, perut kembung, dan sakit peru. Selain itu, ketumbar bermanfaat untuk meringankan gejala sakit gigi, wasir, cacingan, dan nyeri sendi. 

Baca Juga: 29 Makanan Khas Makassar yang Terkenal ini Wajib Dicoba!

Nah, itu dia 15 jenis rempah-rempah Indonesia yang wajib kamu ketahui beserta manfaatnya. Banyak sekali bukan? Dengan manfaat yang beragam, rempah-rempah selalu menjadi andalan masakan dan obat herbal masyarakat Indonesia. Sekian pembahasan dari Kuliner Kota, semoga informasi ini bermanfaat!

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *