1. Tempat oleh-oleh

Inilah Rekomendasi 3 Pusat Oleh-Oleh Ponorogo Terpopuler

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu daerah tanpa membawa oleh-oleh khas daerah tersebut untuk keluarga dan teman di rumah. Seluruh daerah pasti mempunyai ciri khas atau makanan khas daerah tersebut. Termasuk Ponorogo! Ponorogo tak hanya terkenal dengan reognya saja, namun juga kamu dapat mencoba berbagai makanan khas salah satu daerah di Jawa Timur tersebut.

Selain budaya dan tempat wisata, pastikan Sobat Kuliner datang ke beberapa pusat oleh-oleh untuk berburu makanan khas Ponorogo yang banyak di jual di pusat oleh-oleh Ponorogo. Terdapat berbagai macam pusat oleh-oleh Ponorogo yang dapat kamu datangi. Kuliner Kota sudah merangkum beberapa tempat pusat oleh-oleh Ponorogo yang wajib kamu singgahi. Yuk, simak informasinya berikut ini!

3 Pusat Oleh-Oleh Ponorogo

Jenang Mirah khas Ponorogo (@jenangmirahponorogo on Instagram)
Jenang Mirah khas Ponorogo (@jenangmirahponorogo on Instagram)

Salah satu makanan khas Ponorogo adalah jenang yang legit. Terdapat banyak pusat oleh-oleh Ponorogo yang menjual jenang. Namun, tidak hanya jenang saja, lho! Di pusat oleh-oleh pun terdapat makanan lainnya, seperti dodol, kembang goyang, keripik pedas, camilan manis dan gurih. Berikut adalah rekomendasi 3 pusat oleh-oleh Ponorogo.

1. Aneka Jenang Dodol Teguh Raharjo

Aneka Jenang Dodol Teguh Raharjo selalu dipadati pemudik yang ingin membawa pulang makanan khas Ponorogo. Beberapa oleh-oleh yang dijajakan di pusat oleh-oleh ini, yaitu dodol, jenang berbagai rasa, sale pisang, berbagai jenis keripik, madu mongso, dan lainnya. Kamu dapat memilih makanan yang sesuai dengan selera kamu.

Jam Buka: 06.00 WIB – 21.00 WIB.

Alamat: Jl. Wibisono No.90, Krajan, Kepatihan, Kec. Ponorogo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur 63416

2. Jenang Mirah Desa Josari

Salah satu makanan yang khas Jenang Mirah  ialah tersedia berbagai macam ukuran jenang khas tempo. Karena rasanya manis dan enak, jenang ini menjadi favorit para pelancong. Selain jenang, kamu juga dapat membeli keripik pedas, kembang goyang, dan camilan lain yang pas dijadikan oleh-oleh khas Ponorogo.

Jam Buka: 06.00 WIB – 20.00 WIB.

Alamat: Jl. KH. Moh. Mansyur No.21, Josari Wetan, Josari, Kec. Jetis, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur 63473.

3. Toko Oleh-Oleh Murni

Pusat oleh-oleh ini menyediakan jenang, dodol, geti, aneka keripik, sale pisang, wingko, dan aneka kacang-kacang. Banyak pengunjung yang menyukai jenang dan dodolnya karena selalu disajikan hangat, harganya pun terjangkau.

Jam Buka: 07.30 WIB – 20.30 WIB.

Alamat: Jl. Wilis No.55, Hasanudin, Nologaten, Kec. Ponorogo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur 63411

No. Telepon: 087791703450

5 Oleh-Oleh khas Ponorogo yang Wajib Dibawa Pulang

Lentho Garing, Oleh Oleh Khas Ponorogo (sumber: Instagram)
Lentho Garing, Oleh Oleh Khas Ponorogo (sumber: Instagram)

Setelah mengetahui berbagai tempat pusat oleh-oleh Ponorogo, Sobat Kuliner harus mencoba beberapa makanan khas berikut ini.

1. Lentho Garing

Lentho garing atau yang biasa disebut thoring merupakan salah satu oleh-oleh yang wajib kamu coba. Terbuat dari tepung singkong yang dicampur rempah-rempah membuat rasanya semakin enak. Kamu dapat membeli jajanan ini dengan kisaran harga Rp15.000 hingga Rp20.000 dan dapat ditemukan di banyak pusat oleh-oleh Ponorogo.

2. Jenang Mirah

Oleh-oleh ini cocok dibawa pulang untuk diberikan kepada orang tua karena banyak sekali yang suka dengan Jenang mirah ini. Dengan tekstur yang legit dan manis, oleh-oleh ini cocok disantap kapan saja. Jenang mirah berbahan dasar tepung ketan yang dimasak dengan santan kelapa dan diberi gula jawa. Kisaran harga yang dijual ialah sekitar Rp15.000 dan dapat ditemui di seluruh pusat oleh-oleh Ponorogo.

3. Madu Mongso

Salah satu jajanan ini terkenal karena dulunya merupakan makanan istimewa yang hanya disajikan untuk para raja. Diperkirakan jajanan ini sudah ada sejak zaman Kerajaan Mataram kuno. Terbuat dari ketan hitam yang difermentasi, kemudian dimasak bersama gula dalam waktu yang lama. Salah satu ciri khas yang mencolok adalah bungkusnya yang warna-warni mampu menarik anak-anak untuk ikut menyantapnya. Namun, tidak seperti jajanan lainnya, karena proses masak yang membutuhkan waktu lama, menjadikan jenang mirah agak langka ditemukan di pusat oleh-oleh.

4. Bumbu Rujak Petis Welirang

Jika bosan dengan yang manis-manis, salah satu makanan khas ini dapat dijadikan pilihan. Meskipun namanya rujak petis, makanan ini terbuat dari sayuran, lho! Dengan disiram bumbu kacang yang diberi cabai, bumbu rujak petis welirang dapat dijadikan santapan yang pas bagi kamu yang menyukai rasa pedas. Sayuran atau bahan rujak yang digunakan yaitu tahu, kangkung, tempe, kol, tauge, mentimun, buncis, dan sayuran lainnya.

Jika ingin menjadikan makanan ini oleh-oleh, kamu dapat membawa bumbu rujaknya saja. Dan di rumah tinggal menyiapkan sayuran atau bahan rujak yang kamu inginkan.

5. Getuk Golan

Getuk golan berbahan dasar singkong yang dikukus. Setelah itu ditumbuk dan diberi gula jawa agar terdapat rasa manis. Selain itu, makanan ini biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut, ketan hitam, dan siraman gula jawa. Makanan ini menjadi salah satu favorit masyarakat Jawa, lho! 

Terdapat penjual getuk golan yang terkenal di Ponorogo ini, yaitu Getuk Golan Mbok Bon dengan kisaran harga sekitar Rp5.000 saja. Sangat murah ya, Sobat Kuliner!

Baca Juga: Pusat Oleh-Oleh Khas Kendal yang Enak, Murah, & Wajib Dibeli!

Bagaimana Sobat Kuliner, apakah sudah tergiur untuk mampir dan membeli makanan khas di pusat oleh-oleh Ponorogo? Jika datang ke Ponorogo pastikan kamu membeli oleh-oleh, ya! Semoga informasi ini dapat membantu!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Inilah Rekomendasi 3 Pusat Oleh-Oleh Ponorogo Terpopuler

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Martabak manis adalah salah satu makanan yang sangat populer di Indonesia. Makanan ini terbuat dari tepung terigu, telur, gula, dan susu. Martabak manis biasanya menggunakan berbagai macam topping, seperti coklat, keju, kacang, dan meses. Jika kamu ingin membuat martabak manis ala rumah, tidak perlu khawatir karena pembuatannya pun mudah, cukup menggunakan teflon saja. Berikut ini […]
    Singkawang merupakan salah satu kota di Kalimantan Barat yang terkenal dengan keragaman budayanya. Keragaman budaya tersebut juga tercermin dalam kuliner khas Singkawang yang beragam. Singkawang merupakan kota yang kaya akan kuliner khas. Kota ini memiliki beragam makanan khas yang turun temurun oleh berbagai budaya, mulai dari budaya Tionghoa, Melayu, dan Dayak. Berikut ini  5 makanan […]