Alvina Vivian Wardhani culinary enthusiast

19 Oleh-oleh Khas Surabaya yang Jadi Favorit Wisatawan

6 min read

Snow Cake Surabaya

Berwisata ke Kota Surabaya memang menjadi pilihan buat para wisatawan. Banyak tempat bersejarah yang dapat dikunjungi untuk lebih mengenal kota ini. Setelah berkunjung ke Kota Surabaya tentunya tak lupa untuk membawa oleh-oleh khas Surabaya untuk keluarga di rumah. Ingin tahu apa saja yang bisa kamu bawa dari kota pahlawan ini. Berikut oleh-oleh khas Surabaya yang bisa jadi rekomendasi kamu untuk dibawa pulang.

1. Petis

Petis Surabaya
Petis Surabaya, Foto oleh Shopee Co Id

Petis merupakan olahan yang  berbahan dasar dari ikan pindang, kupang maupun udang.  Olahan Petis Surabaya sendiri berbeda dari umumnya karena terbuat dari udang dan cenderung memiliki warna gelap serta rasa gurih. Untuk menikmati olahan petis tidak disarankan untuk dimakannya secara langsung, melainkan harus diolah terlebih dahulu dengan bahan lain. Penasaran merasakan sensasi masakan dengan campuran Petis khas Surabaya ini! Anda bisa menemukan di Tempat oleh-oleh atau Pasar Tradisional di Kota Surabaya.

2. Snow Cake

Snow Cake Surabaya
Snow Cake Surabaya, Foto oleh Kurs Rupiah Com

Kamu ingin mencoba salah satu oleh-oleh yang lagi ngehits? Snow Cake bisa jadi pilihannya. Snow Cake merupakan kombinasi dari dua lapis kue spiku pada bagian atas dan bawahnya diberi pastry dengan taburan topping yang bervariasi. Perpaduan rasa lembut pada kue ini bakal bikin kamu ketagihan untuk mencobanya. Jadi, tertarik untuk membawa Snow cake Surabaya sebagai oleh-oleh?

3. Almond Crispy

Almond Crisoy Surabaya
Almond Crisoy Surabaya, Foto oleh Buka Lapak Com

Salah satu cemilan khas dari Surabaya yang bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh adalah Almond Crispy. Kue yang mirip dengan leker ini dibentuk dengan adonan tipis dan  jauh lebih garing, serta memiliki perpaduan kacang almond dan keju sehingga menciptakan rasa gurih yang bikin kamu ketagihan. Salah satu Almond Crispy yang menjadi favorit untuk oleh-oleh yaitu Almond Crispy Cheese. Kamu bisa mendapatkan Almond Crispy Cheese di berbagai toko oleh-oleh, salah satunya di Pasar Atom, Jalan Bunguran No. 21, Bongkaran, Pabean Cantian, Surabaya. Jangan sampai terlewatkan untuk membawa oleh-oleh satu ini untuk keluarga di rumah!

4. Sambal Udang Kemasan 

Sambel Udang Kemasan Surabaya
Sambel Udang Kemasan Surabaya, Foto oleh Shopee Co Id

Bagi para pecinta sambal, kamu dapat membawa oleh-oleh khas Surabaya satu ini. Sambal Udang Kemasan merupakan sambal berbahan dasar udang yang dikemas sedemikian rupa untuk memudahkan kamu membawanya. Salah satu Sambal Udang Kemasan yang bisa menjadi pilihan yaitu Sambal Bu Rudy. Ciri khas sambal udang ini yaitu pada pembuatannya yang masih tradisional. Jadi, pastinya lebih awet dan tahan lama untuk dijadikan sebagai buah tangan. Kamu dapat membelinya di Jalan Anjasmoro No. 45, Sawahan, Surabaya. Tunggu apa lagi, yuk datang dan bawa oleh-oleh khas Surabaya ini untuk keluarga di rumah!

5. Spikoe 

Soikoe Surabaya
Spikoe Surabaya, Foto oleh Blog Tiket Com

Spikoe merupakan kue yang sudah ada sejak zaman dulu. Spikoe yang terkenal di kota Surabaya yaitu Spikoe Resep Kuno yang dibuat dengan menggunakan resep kunonya sehingga terbentuk cita rasa enak dan lembut yang bikin nagih.. Varian rasa dari Spikoe Resep Kuno ini ada empat yaitu Spikoe Tanpa Kismis, Spikoe Raisin, Spikoe Prunes, dan Speculaas. Bagi kamu pecinta kue, sangatlah cocok untuk menjadi pilihan oleh-oleh untuk dibawa pulang. Tapi perlu dilihat tanggal kadaluarsanya ya! Agar Spikoe Surabaya tetap nikmat saat sampai di rumah.

6. Siropen Telasih

Siropen Telasih Surabaya
Siropen Telasih Surabaya, Foto oleh Katalog Wisata Com

Bagi kamu yang belum pernah ke Surabaya pasti asing dengan oleh-oleh satu ini., Siropen Telasih. Merupakan minuman sirup yang sudah ada sejak zaman Belanda dan masih populer sampai kini. Memiliki ciri khas bahan baku yang terbuat dari gula asli tanpa menggunakan pengawet maupun pemanis buatan. Kamu juga dapat menggunakannya Siropen Telasih sebagai campuran untuk membuat jenis minuman baru. Dikemas dalam bentuk seperti botol wine akan memudahkan kamu untuk membawanya pulang. Memiliki berbagai varian rasa mulai dari rasa mawar, frambozen, vanili, cocopandan, jeruk keprok, leci, arbei, dan melon. Tertarik untuk membuat minuman rasa baru dengan campuran Siropen Telasih? mencobanya?

7. Jenang Sirup Mangrove

Jenang Sirup Mangrove
Jenang Sirup Mangrove, Foto oleh Blog Ub Ac Id

Olahan mangrove yang dibuat menjadi Jenang dan Sirup ini sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat Surabaya. Sirup Mangrove memiliki rasa yang cenderung asam manis jika disajikan dalam bentuk minuman dingin akan terasa segar sehingga bisa menghilangkan rasa dahaga kamu. Didalamnya juga mengandung vitamin A, vitamin C, yodium serta antioksidan yang pastinya baik untuk kesehatan. Sedangkan Jenang Mangrove memiliki warna coklat dan bertekstur kenyal serta rasa legit yang dibungkus menggunakan pelepah pisang kering sehingga membuat ciri khas tersendiri.

Produk dari olahan Mangrove sangat recomended untuk buah tangan kamu selain nikmat pastinya juga menyehatkan. Tertarik untuk mencobanya?

8. Lapis Surabaya

Lapis Surabaya
Lapis Surabaya, Foto oleh Lapis Lapis Com

Bagi anda penggemar kue, Lapis Surabaya harus menjadi buah tangan wajib untuk dibawa pulang. Memiliki tampilan cantik dan teksturnya yang menggoda bakal bikin kamu penasaran untuk mencobanya. Terbuat dari tiga lapis adonan yang disatukan dengan cara ditumbuk dan diberi krim sebagai perekatnya pastinya bakal lebih nikmat dan lezat. Lapis Surabaya juga sangat cocok untuk kamu jadikan sebagai camilan untuk para tamu yang berkunjung ke rumah. Tertarik membawa lapis Surabaya sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah? 

9. Bandeng Asap

Bandeng Asap Surabaya
Bandeng Asap Surabaya, Foto oleh Cascusnya Makanan Kita Com

Bagi anda penyuka ikan, oleh-oleh Surabaya satu ini wajib anda bawa pulang. Bandeng Asap. Olahan bandeng yang dimasak menggunakan racikan bumbu bawang putih, kecap manis, petis, dan lombok yang memadukan rasa gurih bandeng dengan bumbu menjadikan perpaduan yang komplit. Untuk mendapatkannya kamu dapat berkunjung di pusat oleh-oleh Surabaya Sudi Mampir di kawasan Pasar Genteng, Surabaya. Jadi, buat kamu oleh-oleh khas Surabaya satu ini pastinya nikmat dan juga tahan lama.

10. Surabaya Patata

Surabaya Patata
Surabaya Patata, Foto oleh Steemit Com

Apa Sih Surabaya Patata? Sebenarnya kata Patata sendiri terinspirasi dari bahasa Spanyol yang berarti kentang. Jadi kue ini berbahan dasar dari kentang dan dimodifikasi menjadi sebuah roti yang nikmat. Memiliki beberapa varian rasa yang dapat kamu coba yaitu Cheese Patata, Nutella Patata, Black Patata, Green Tea Patata, Banana Peanut Patata, dan Tiramisu Patata. Banyak orang yang sudah menjadikan Surabaya Patata ini menjadi oleh-oleh mereka karena rasanya yang unik dan memiliki kelembutan tersendiri. Ingin mencoba seperti apa sih lembutnya kue ini? 

11. Krupuk Kupang Kenjeran

Kerupung Kupang Kenjeran Surabaya
Kerupung Kupang Kenjeran Surabaya, Foto oleh Krupuk Kenjeran Blospot Com

Mau bawa oleh-oleh kerupuk sebagai buah tangan? Kerupuk Kupang bisa jadi pilihan. Kerupuk yang berbahan dasar dari Kupang atau sejenis kerang kecil yang memiliki cita rasa enak dan aroma yang khas bakal bikin kamu ketagihan untuk mencobanya. Kamu juga bisa menikmati Kerupuk Kupang sebagai teman segala macam makanan yang pastinya bakal bikin menu makan kamu semakin mantap. Tertarik untuk membawa kerupuk kupang sebagai oleh-oleh Surabaya? Krupuk Kupang Kenjeran bisa jadi buah tangan, pastinya oleh-oleh khas Surabaya satu ini bisa bertahan lama dan tidak akan memakan banyak tempat saat dibawa. 

12. Abon Sapi Padmosusastro

Abon Sapi Padmosusastro Surabaya
Abon Sapi Padmosusastro Surabaya, Foto oleh Tripzilla Id

Abon Sapi Padmosusastro merupakan salah satu oleh-oleh khas Surabaya berupa makanan ringan yang bertekstur gurih dan crispy sehingga membuat rasa kress saat kamu memakannya. Memiliki dua varian rasa yaitu manis dan pedas yang dibuat menggunakan santan kental yang bakal nikmat jika kamu memadukannya dengan nasi hangat maupun sebagai cemilan. Awet nikmat dan tahan lama jadi tidak ada alasan untuk tidak membawa Abon Sapi Padmosusastro ini sebagai buah tangan. 

13. Bebek Djangkep

Para pecinta bebek cobalah bawa pulang oleh-oleh Surabaya satu ini. Bebek Djangkep yang dibungkus seperti pepes dan dilengkapi dengan bumbu kuning dan di kemasan kedap udara agar awet saat dijadikan sebagai oleh-oleh. Jangan lupa untuk menggorengnya sebelum dimakan! Agar cita rasa nikmat dari empuknya daging bebek dan bumbu rempah bisa menyatu di mulut kamu, saat memakannya.

Bebek Djangkep Surabaya
Bebek Djangkep Surabaya, Foto oleh Shopee Co Id

14. Guna-Guna snack

Guna Guna Snack
Guna-Guna Snack, Foto oleh Javatravel Com

Dari namanya, snack ini memang memiliki nama yang unik. Tapi tenang saja, snack ini bukan berarti hasil mantra. Siapa yang menyangka jika keripik singkong dan kentang sederhana bisa dikemas menarik dan cocok untuk dijadikan oleh-oleh saat kamu liburan ke Surabaya. Varian dari snack ini tidak hanya keripik singkong dan kentang, guna-guna juga menyediakan banyak varian lainnya, seperti baso goreng, samosa, keripik buah naga, dan sebagainya. Namun, untuk saat ini guna-guna snack hanya bisa menerima pesanan melalui BBM, twitter, dan whatsapp saja.

15. Kaos Cak Cuk

Kaos Cak Cuk
Kaos Cak Cuk, Foto oleh RedDoorz Com

Jika kamu ingin membeli oleh-oleh makanan namun takut tidak bisa tahan lama, kaos ini bisa anda jadikan pilihan untuk oleh-oleh. Kaos Cak-Cuk ini merupakan distro yang berdiri pada tahun 2005 dan masih hits sampai sekarang. Tidak jauh berbeda dengan Joger Bali dan Dagadu Yogyakarta, kaos ini juga menampilkan desain yang kreatif dengan gambar dan tulisan yang khas. Di distro ini tidak hanya menyediakan kaos, disini kamu juga bisa menemukan gantungan kunci, mug, pin, dan juga tas. Jika kamu ingin mampir ke distro ini, gerainya sudah tersebar di beberapa tempat di Surabaya.Salah satunya berlokasi di jalan Dharmawangsa 35, Surabaya.

16. Sambal CUK

Sambal Cuk
Sambal Cuk, Foto oleh Blibli Com

Sambal ini sendiri punya tagline, yaitu “Sambal anak negeri, kebanggan Jawa Timur untuk Indonesia”. Sambal ini memang menawarkan rasa sambal khas Nusantara yang digemari oleh masyarakat Jawa Timur. Sambal ini memiliki beberapa varian, yaitu sambal bawang, korek bebek Madura, udang ebi, ikan asin klotok, hingga sambal matah Bali.

17. Pohong Tata

Jajanan yang berbahan dasar ketela pohon ini menjadi salah satu oleh-oleh Surabaya yang memiliki cita rasa gurih. Pengolahan pohong tata ini biasanya direbus dan digoreng, namun sebelumnya akan dibakar terlebih dahulu. Setelah itu, akan diberikan topping berupa parutan keju dan dibungkus dengan menarik.Pohong tata ini sering dijajakan di berbagai outlet di dekat tempat wisata.

18. Kue Mente

Kue Mente
Kue Mente, Foto oleh Omigayo Com

Oleh-oleh berikut cocok untuk kalian yang suka kacang-kacangan, terutama kacang mete. Kue ini merupakan kue kering yang berbahan dasar kacang mete. Kue Mente bertekstur halus dan lembut ketika digigit. Penyajian kue ini disajikan dalam kemasan kotak berlogo ikan hiu dan buaya, yang merupakan ikon kota Surabaya.

19. Suoklat

Suoklat
Suoklat, Foto oleh Gotravelly Com

Dari namanya saja sudah pasti diketahui bahwa Suoklat adalah olahan yang dibuat dengan bahan dasar coklat. Kenapa dinamai suoklat? nama ini diambil dari kebiasaan orang Surabaya yang suka menambah huruf U pada awal kata. Namun, nama ini juga berarti “Surabaya Coklat”. Suoklat ini memiliki bermacam-macam varian seperti dark chocolate crispy milk chocolate crispy, dark kurma mete, premium coklat, coklat jahe, dan coklat kopi. Untuk mendapat oleh-oleh khas Surabaya ini bisa langsung datang ke tempat produksinya yaitu di Jl. Gubeng Kertajaya VII C Surabaya.


Nah itu tadi rekomendasi untuk oleh-oleh khas Surabaya yang terkenal. Berbagai pilihan rekomendasi tersebut bisa kamu jadikan pilihan saat berkunjung ke Surabaya. Kamu bisa mendapatkan produk khas Surabaya tersebut di toko oleh-oleh seperti di Pasar-pasar, pusat oleh-oleh serta swalayan. Berbagai oleh-oleh Surabaya bisa jadi pilihan bagi kamu yang ingin membawa buah tangan untuk keluarga tercinta. Cita rasa manis, gurih dan pedas bisa anda sesuaikan dengan selera kamu. Jangan lupa juga perhatikan juga untuk budget kamu saat ingin membawa pulang semua oleh-oleh ini, agar kamu bisa tetap bisa berlibur di kota-kota lainnya maupun datang untuk ke dua kalinya.

Last Updated on September 22, 2020 by Siti Ruli Wahyuni

Alvina Vivian Wardhani
Alvina Vivian Wardhani culinary enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *