1. Oleh-Oleh Khas

10 Oleh-oleh Khas Surabaya Kekinian Favorit Wisatawan

Surabaya merupakan kota metropolitan yang terletak di Jawa Timur, terkenal dengan industrinya yang maju dan kekayaan kulinernya yang menggugah selera. Bagi para penikmat kuliner, Surabaya menyimpan berbagai oleh-oleh khas yang siap kamu bawa pulang sebagai buah tangan. Ingin tahu apa saja? Simak penjelasan berikut ini.

Daftar Oleh-Oleh Khas Surabaya:

1. Petis Udang

petis udang khas surabaya
Sumber: Lazada

Petis udang terbuat dari olahan udang yang dicampur dengan gula merah serta bumbu rempah-rempah. Petis khas Surabaya cenderung memiliki warna gelap serta rasa yang gurih. Kamu bisa menggunakan petis sebagai bumbu untuk hidangan seperti rujak, tahu campur, atau nasi goreng. Daya tahan petis bisa sampai 2 bulan jika disimpan dalam tempat kering, jadi cocok untuk kamu beli sebagai oleh-oleh. Salah satu petis yang terkenal di Surabaya yaitu Petis Udang Ny. Siok yang bisa kamu dapatkan di toko oleh-oleh terdekat. Harga untuk kemasan 250gr bisa kamu dapatkan hanya dengan Rp45.000 saja.

2. Almond Crispy

Almond crispy
Sumber: Toko Wisata Rasa

Salah satu cemilan khas dari Surabaya yang bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh adalah almond crispy. Kue kering dengan adonan tipis dan tekstur yang garing, serta topping kacang almond dan keju membuat cemilan yang satu ini bikin kamu ketagihan. Salah satu almond crispy yang terkenal yaitu dari Toko Wisata Rasa yang menyediakan berbagai varian, seperti coklat, keju, mocca, hingga green tea. Kamu bisa mendapatkan almond crispy di berbagai toko oleh-oleh Surabaya. Harga satu kotak kue kering ini mulai dari Rp50.000 hingga Rp80.000.

3. Sambal Bu Rudy

sambal bu rudy khas surabaya
Sumber: Lazada

Bagi para pecinta sambal, kamu dapat membawa oleh-oleh khas Surabaya yang satu ini. Sambal Bu Rudy tersedia dengan varian sambal bawang, sambal ijo, sambal terasi dan varian rasa lainnya. Cita rasanya yang pedas, gurih, dan aroma yang khas membuat sambal ini banyak diincar oleh wisatawan. Tak perlu khawatir, sambal ini punya daya tahan hingga 10-14 hari, sehingga cocok kamu jadikan sebagai oleh-oleh. Sambal ini bisa kamu dapatkan di toko oleh-oleh dengan kisaran harga mulai dari Rp34.000. Kamu dapat membelinya secara eceran atau paketan.

4. Spikoe 

spikoe resep kuno khas surabaya
Sumber: Tokopedia

Spikoe merupakan sejenis kue lapis yang sudah ada sejak zaman dulu. Kue ini terkenal karena cita rasanya enak dan tekstur yang lembut. Biasanya, kue ini terdiri dari dua lapis dan pada bagian tengahnya terdapat selai nanas. Salah satu spikoe yang terkenal di Surabaya yaitu Spikoe Resep Kuno. Mereka menyediakan dengan pilihan berbagai varian rasa, seperti original kismis, tanpa kismis, dan speculaas (rasa kayu manis). Kue ini punya daya tahan selama 5 hari di suhu ruang dan 12 hari di dalam kulkas, jadi cocok sebagai pilihan oleh-oleh untuk kamu bawa pulang. Kamu bisa mendapatkan kue ini di toko spikoe cabang terdekat dengan harga mulai dari Rp125.000.

5. Sirup Mangrove

sirup mangrove
Sumber: Tokopedia

Sirup mangrove terbuat dari olahan buah mangrove yang sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat Surabaya. Sirup ini memiliki rasa yang manis dan asam, dengan aroma yang khas. Selain rasanya yang lezat, sirup ini juga mengandung vitamin C, vitamin A, dan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan. Kamu dapat membeli sirup mangrove di berbagai toko oleh-oleh Surabaya dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp10.000 per kemasannya.

6. Lapis Surabaya

lapis surabaya
Sumber: Facebook/lapissurabayanyhartono

Lapis Surabaya mempunyai ciri khas, yaitu terdiri dari 2 lapisan yang berwarna kuning keemasan, dan coklat. Kue ini memiliki cita rasa yang manis dan lembut, dengan aroma mentega yang harum. Salah satu kue lapis Surabaya yang terkenal dan diburu oleh wisatawan, yaitu Kue Lapis Ny. Hartono. Mereka menjual berbagai varian rasa, mulai dari original, strawberry, dan blueberry sampai yang spesial seperti Nutella, Ovomaltine, dan Skippy. Daya tahan kue lapis ini kurang lebih selama 5 hari di suhu ruang dan bertahan selama seminggu jika disimpan di dalam kulkas. Kamu bisa membeli kue lapis Surabaya ini langsung ke toko cabang terdekatnya. 

Baca Juga : 5 Resep Sambal Matah Terlezat & Tips Agar Tidak Mudah Basi

7. Bandeng Asap

bandeng asap khas surabaya
Sumber: Tokopedia

Bagi kamu yang suka dengan ikan, oleh-oleh khas Surabaya yang satu ini wajib kamu bawa pulang. Bandeng asap punya perpaduan cita rasa gurih, manis dan juga pedas yang sangat lezat. Ikan ini dimasak dengan bumbu petis, bawang putih dan juga cabe. Untuk mendapatkannya, kamu bisa berkunjung ke kawasan Pasar Genteng, tepatnya di toko oleh-oleh Sudi Mampir. Selain ikan bandeng, kamu juga bisa membeli otak-otak. Untuk harga ikan bandeng dihitung per kilogram, yaitu sekitar Rp120.000.

8. Surabaya Patata

surabaya patata
Sumber: surabayapatata

Patata merupakan bahasa Spanyol yang berarti kentang. Jadi kue ini berbahan dasar dari kentang diolah menjadi sebuah roti yang nikmat. Kue berbentuk bulat ini memiliki beberapa varian rasa yang dapat kamu coba, yaitu keju, nutella, black patata, green tea, banana peanut, dan tiramisu. Kamu bisa membeli kue yang satu ini di toko cabang terdekat mereka dengan harga mulai dari Rp30.000. 

9. Abon Sapi 

abon sapi
Sumber: Rewinnita Blog

Surabaya juga punya oleh-oleh abon sapi yang menjadi incaran para wisatawan juga, loh. Abon sapi ini punya rasa yang gurih, cocok jadi lauk dengan nasi hangat.  Daya simpannya pun juga cukup lama, yaitu sekitar 3 hingga 4 bulan. Kamu bisa membeli abon sapi di toko oleh-oleh Surabaya dengan harga mulai dari Rp60.000 untuk kemasan 250 gram. 

10. Kue Mente

kue mente
Sumber: Tokopedia

Oleh-oleh berikut ini cocok untuk kamu yang suka kacang-kacangan, terutama kacang mete. Kue mente ini sejenis kue kering yang terbuat dari bahan dasar kacang mete. Kue Mente bertekstur halus dan lembut ketika digigit, namun juga ada rasa renyah pada bagian luarnya. Cita rasa yang manis dan gurih, membuat kue yang satu ini disukai oleh para wisatawan. Kamu bisa membeli kue mente di toko oleh-oleh Surabaya dengan harga mulai dari Rp33.000 per kemasannya.

Baca Juga : 10+ All You Can Eat Surabaya Murah Populer 2021 Start 99k


Nah, itu tadi rekomendasi oleh-oleh khas Surabaya yang cukup terkenal dan enak. Berbagai pilihan rekomendasi tersebut bisa kamu jadikan pilihan sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke Surabaya.  Jangan lupa perhatikan juga untuk budget kamu saat ingin membawa pulang semua oleh-oleh ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, yaa. Selamat berburu oleh-oleh, Sobat Kuliner!

 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 10 Oleh-oleh Khas Surabaya Kekinian Favorit Wisatawan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]

    Trending

    Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]
    Malang merupakan salah satu  kota yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, juga menawarkan berbagai pilihan menarik untuk menghabiskan waktu bersama pasangan, termasuk salah satunya dinner romantis. Saat menari tempat dinner romantis, salah satu yang menjadi pertimbangan, yakni suasananya yang intim dan berkesan. Berikut ada 6 tempat dinner romantis di Malang yang dijamin bikin dinner […]
    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]