10 Oleh-oleh Khas Palu Paling Dicari & Wajib Diborong!

Olahan ikan roa sebagai salah satu oleh-oleh khas Palu (Sumber: @yellipontolaeng on Instagram)
Olahan ikan roa sebagai salah satu oleh-oleh khas Palu (Sumber: @yellipontolaeng on Instagram)
Daftar isi

Kota Palu menjadi salah satu daerah yang wajib dikunjungi ketika Sobat Kuliner memilih berwisata di pulau Sulawesi. Jenis wisatanya macam-macam, lho, mulai dari destinasi alam, sejarah, hingga wisata kuliner, semuanya lengkap ada di sini. Sobat Kuliner bisa membawa pulang oleh-oleh khas Palu yang populer. Berikut 10 oleh-oleh khas Palu yang wajib kamu bawa pulang!

10 Oleh-Oleh Khas Palu yang Wajib Dibawa Pulang

1. Kue Bagea

Kue Bagea Coklat (Sumber: @andrian_ei on Instagram)
Kue Bagea Coklat (Sumber: @andrian_ei on Instagram)

Kue bagea menjadi oleh-oleh khas Palu selanjutnya yang wajib dibeli. Kue ini terbuat dari tepung sagu, telur, kismis, minyak goreng, dan soda kue. Harga kue renyah ini juga murah meriah, lho, yakni sekitar Rp18.000 – Rp40.000 saja. Ada banyak varian rasa yang bisa dipilih sesuai selera, mulai dari original, keju, dan lain sebagainya.

2. Keripik Buah Naga

Keripik Buah Naga (Sumber: @rajinjajan.id on Instagram)
Keripik Buah Naga (Sumber: @rajinjajan.id on Instagram)

Keripik berbahan dasar buah naga ini berbentuk seperti keripik kebanyakan. Cara membuatnya juga simpel, yakni buah naga yang sudah dipotong kemudian dikeringkan, lalu digoreng. Teksturnya tentu renyah dan rasanya manis dan gurih, pas banget buat dijadikan cemilan bersama keluarga atau teman. Harganya mulai dari Rp10.000 hingga Rp30.000 saja.

3. Kacang Goyang

Kacang Goyang (Sumber: @masaktv on Instagram)
Kacang Goyang (Sumber: @masaktv on Instagram)

Berbahan dasar kacang tanah, cokelat, dan gula halus, kacang goyang asli Palu ini memiliki rasa yang manis dan bertekstur renyah. Tampilan warnanya pun menarik. Uniknya lagi, kacang goyang ini memiliki beragam aneka pilihan rasa yang bisa dipilih sesuai selera. Harganya mulai dari Rp15.000 sampai Rp75.000 saja. Selain harganya yang terjangkau, kacang goyang ini juga dengan mudah ditemukan di toko oleh-oleh khas Palu.

Baca Juga:  12 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Tasikmalaya Terpopuler 2022

4. Olahan Daun Kelor

Keripik Kelor (Sumber: @jamukito on Instagram)
Keripik Kelor (Sumber: @jamukito on Instagram)

Di Jawa, daun kelor biasanya banyak dimanfaatkan sebagai resep sayur. Beda halnya di Palu, Sobat Kuliner justru akan menjumpai banyak olahan daun kelor yang juga bisa menjadi oleh-oleh khas Palu yang bisa dibawa pulang untuk kerabat di kota asal. Olahan daun kelor ini berupa pia, keripik, teh, hingga dodol dengan harga yang bervariasi. Tertarik mencobanya?

Artikel Terkait

5. Keripik Pisang Donggala

Keripik Pisang Donggala (Sumber: @keripikpisang_berkah on Instagram)
Keripik Pisang Donggala (Sumber: @keripikpisang_berkah on Instagram)

Oleh-oleh khas Palu selanjutya adalah keripik pisang Donggala yang merupakan favorit banyak orang. Rasanya yang gurih, manis, dan renyah ini memang cocok buat ngemil terlebih rame-rame bersama keluarga atau teman. Bentuknya sama dengan keripik pada umumnya, begitupun juga cara membuatnya, yakni buah pisang yang dipotong kemudian digoreng dan diberi bumbu sebelum dikemas.

Baca Juga:  9 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Semarang yang Paling Enak & Terkenal

6. Pia Khas Palu

Pia Khas Palu (Sumber: @goldenbakerypalu on Instagram)
Pia Khas Palu (Sumber: @goldenbakerypalu on Instagram)

Kue pia khas Palu ini juga bisa jadi oleh-oleh khas Palu karena rasanya enak dan bikin nagih. Sobat Kuliner bisa memilih rasa yang tersedia sesuai selera, diantaranya ada rasa cokelat, kacang, dan keju. Pia khas Palu ini pas banget buat dijadikan oleh-oleh khas Palu karena selain harganya yang murah, untuk menemukan pia khas Palu ini cukup mudah karena banyak ditemukan di hampir seluruh pusat oleh-oleh khas Palu.

7. Olahan Ikan Roa

Sambal Roa (Sumber: @mommy_emmyxander on Instagram)
Sambal Roa (Sumber: @mommy_emmyxander on Instagram)

Olahan ikan roa tentu nggak bisa Sobat Kuliner lewatkan. Jenis ikan terbang ini mudah didapatkan di Sulawesi. Ikan satu ini memiliki tekstur alot dan cenderung keras jika dipegang. Namun pada olahan ikan ini sebut saja seperti sambal, keripik, abon, dan ikan roa suwir, rasa dan teksturnya sudah beda lagi dan harganya pun bervariasi. Mulai dari Rp18.000 hingga Rp100.000, kamu sudah bisa membawa pulang olahan ikan roa ini sebagai oleh-oleh.

8. Cokelat Banua

Cokelat Banua (Sumber: @michahusen on Instagram)

Pecinta makanan manis pasti bakal suka dengan oleh-oleh khas Palu satu ini, yakni cokelat banua yang terkenal di Sulawesi. Makanan ringan kaya kalori ini merupakan incaran wisatawan, lho! Tapi, jangan harap rasanya semanis cokelat pada umumnya, ya. Cokelat Banua ini berasal dari kakao asli, sehingga rasanya sedikit pahit. 

Baca Juga:  Deretan 11 Oleh-Oleh Khas Purworejo Paling Dicari

9. Bawang Goreng Khas Palu

Bawang Goreng Khas Palu (Sumber: @yanthie_ladoku on Instagram)
Bawang Goreng Khas Palu (Sumber: @yanthie_ladoku on Instagram)

Kota Palu juga terkenal dengan bawang gorengnya yang khas. Rasanya yang gurih, sedap, dan renyah, ditambah lagi dengan aromanya yang harum akan membuat siapapun yang menaruh bawang goreng ini di makanannya akan merasa selera makannya meningkat. Harganya juga terjangkau, kok, mulai dari Rp30.000 sampai Rp35.000 saja, Sobat Kuliner sudah bisa membawa pulang bawang goreng khas Palu ini.

10. Kopi Sojol

Kopi Sojol
Kopi Sojol (Sumber: detik.com)

Kopi nikmat dari Sulawesi bukan hanya berasal dari tanah Toraja saja. Di Sulawesi Tengah misalnya, Kota Palu punya kopi lokal yang dikenal dengan sebutan Kopi Sojol. Kopi ini ditanam di areal pegunungan dengan ketinggian 3.226 mdpl yang memang cocok ditanami kopi karena udaranya bersih dan sejuk. Kopi sojol berjenis arabika ini rasanya dijamin nikmat dan bikin nagih. 

Nah, itulah tadi 10 rekomendasi oleh-oleh khas Palu yang paling banyak diburu wisatawan sehingga wajib Sobat Kuliner bawa pulang. Dijamin teman atau keluarga yang diberi oleh-oleh khas Palu ini akan merasa senang. 

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *