1. Tempat Makan

Lezatnya Bakmi Asui Tanjung Duren: Review, Menu, & Harganya

Sobat Kuliner pasti tak asing dengan bakmi karena banyak dijual oleh pedagang kaki lima. Bakmi merupakan sajian makanan dengan campuran mie dan daging yang dipopulerkan oleh pedagang dari daratan Tiongkok, sehingga kemudian menjadi terkenal di Indonesia.

Bakmi sendiri memiliki banyak jenis dari segi penyajian, seperti bakmi kuah yang pastinya menggunakan kaldu untuk menambah cita rasa kuahnya, sedangkan bakmi kering tidak menggunakan kuah kaldu. Umumnya, bakmi juga diberi topping seperti pangsit, siomay sampai bakso yang menambah cita rasa dalam sajian tersebut.

Pada artikel ini, Kuliner Kota akan membahas Bakmi Asui Tanjung Duren yang sangat ikonik dari wilayah Tanjung Duren, tepatnya di Jakarta Barat. Bakmi Asui Tanjung Duren ini melegenda karena sudah berdiri sejak 1958 oleh Loa Kok San, hingga saat ini dipegang oleh generasi ketiga dari keluarganya. Mulanya, Bakmi Asui Tanjung Duren berlokasi di sekitaran daerah Petojo Mulia, namun sejak Agustus 1992, kedai Bakmi Asui Tanjung Duren berpindah ke alamat ruko kecil yakni Jalan Tanjung Duren Utara III No. 337 B, Jakarta Barat.

Nah, bagi Sobat Kuliner yang menjadi penggemar bakmi tanpa pengawet, kamu harus mencoba Bakmi Asui Tanjung Duren, karena bakmi ini dibuat secara tradisional dengan bahan alami dan pastinya halal. Ingin tahu lebih lanjut mengenai Bakmi Asui Tanjung Duren? Yuk, simak artikel di bawah ini.

Fakta Menarik Seputar Bakmi

Bakmi Asui yang Menggugah Selera (sumber: Instagram)
Bakmi Asui yang Menggugah Selera (sumber: Instagram)

Bakmi banyak dipopulerkan sebagai ikon makanan khas dari kota asalnya, namun dibalik cita rasa dan variasi bakminya, apakah Sobat Kuliner mengetahui fun fact mengenai bakmi? Kuliner Kota akan merangkum beberapa fakta menarik dari bakmi yang akan menambah wawasanmu!

1. Filosofi dari Bakmi

Ternyata, bakmi ini memiliki kandungan filosofi yang dianut oleh beberapa orang ketika menyantapnya. Makna dan filosofi dari bakmi yakni menyimbolkan kehidupan yang panjang seperti bakminya. Bahkan, di belahan Asia Timur sana mempercayai sebuah tradisi bahwa pada saat mengkonsumsi bakmi, mienya tidak boleh terputus agar hidupnya panjang. Sangat menarik, bukan?

2. Asal Muasal Bakmi

Bakmi diasumsikan berasal dari wilayah Tiongkok di China, yang telah hadir sejak zaman Dinasti Han tahun 206 SM. Namun, asal bakmi sendiri masih belum dapat dipastikan secara benar, dikarenakan banyak masyarakat memiliki berbagai versi sejarah yang berbeda antara satu sama lain.

3. Kandungan Kalori dalam Bakmi

Nah, dibalik rasanya yang lezat dan bikin nagih, ternyata hidangan ini memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi yakni sekitar 421 kalori dalam satu mangkoknya. Oleh karenanya, Sobat Kuliner perlu memperhatikan jumlah konsumsi kalori harian agar tidak melebihi asupan nutrisi setiap harinya.

Nikmatnya Bakmi Asui, Bakmi Nikmat dengan Harga Worth It

Bakmi Asui Tanjung Duren terkenal dengan mienya yang memiliki ketebalan dan kekenyalan lebih dibandingkan dengan bakmi lainnya. Selain itu, Bakmi Asui Tanjung Duren menyediakan irisan daging ayam yang berukuran besar dan kamu dapat memilih jenis ayam paha atau dada. Penyajian satu porsi Bakmi Asui Tanjung Duren yang cukup banyak daripada bakmi lain dan sajiannya yang terpisah dengan kuah kaldu berisikan sayur selada, tentunya membuat bakmi tersebut menggugah selera. 

Sobat Kuliner juga dapat memilih beraneka macam topping yang disediakan, seperti bakso, pangsit, ati, ampela, sampai telur ayam yang masih muda. Porsi mengenyangkan dari Bakmi Asui Tanjung Duren ini menawarkan harga yang terbilang agak mahal namun bervariasi sesuai dengan pesanan kamu. Namun, tak perlu khawatir, karena harganya sangat worth it dengan kelezatan yang akan kalian nikmati.

Jam Buka & Alamat Bakmi Asui Tanjung Duren

Menu Komplit Bakmi Asui (sumber: Instagram)
Menu Komplit Bakmi Asui (sumber: Instagram)

Jam Buka: Bakmi Asui Tanjung Duren buka setiap hari kecuali Senin, yakni hari Selasa-Minggu, mulai pukul 06.00-13.00 WIB. 

Alamat: Jalan Tanjung Duren Utara III No 337, RT 7/RW 3, Tanjung Duren Utara, Grogol Petamburan

Sedikit catatan, bagi Sobat Kuliner yang ingin mencicipi kelezatan Bakmi Asui Tanjung Duren ini harus datang lebih awal karena saking ramainya pengunjung yang datang menyebabkan stok bakmi habis sebelum jam tutup.

Daftar Harga & Menu Bakmi Asui

Bagi Sobat Kuliner yang tertarik untuk mencicipi Bakmi Asui Tanjung Duren, perhatikan daftar harga serta menu bakmi yang ditawarkan pada tabel berikut. Catat menu bakminya agar kamu tak perlu kebingungan mau memesan apa nantinya!

Menu BakmiHarga
½ Porsi Mie Polos Tanpa AyamRp 20.000
1 Porsi Mie Polos Tanpa AyamRp 25.000
1 Porsi Bakmi AyamRp 30.000
1 Porsi Bakmi Topping Bakso (3 bakso)Rp 45.000
1 Porsi Bakmi Topping Pangsit (3 pangsit)Rp 45.000
1 Porsi Bakmi Bakso (10 bakso)Rp 50.000
1 Porsi Bakmi Pangsit (10 pangsit)Rp 50.000
1 ½ Porsi Bakmi AyamRp 55.000
¼ Porsi Bakmi Topping Ati AmpelaRp 25.000
½ Porsi Bakmi Topping Ati AmpelaRp 50.000
1 Porsi Bakmi Topping Ati AmpelaRp 100.000

Baca juga: 5 Resep Bakmi Jawa Sederhana Dengan Bumbu Eco Sanget! 

Nah, itulah beberapa informasi yang berhasil Kuliner Kota rangkum mengenai Bakmi Asui Tanjung Duren, mulai dari sejarah, jam operasional, alamat, daftar harga serta menu untuk menambah referensi Sobat Kuliner apabila ingin mencicipi bakmi tersohor di Jakarta Barat tersebut. Setelah membaca artikel ini, apakah Sobat Kuliner jadi tertarik untuk mencicipi kelezatan bakminya?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Lezatnya Bakmi Asui Tanjung Duren: Review, Menu, & Harganya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Nasi goreng seafood menjadi salah satu hidangan nasi goreng yang paling populer di Indonesia. Hidangan ini biasanya menggunakan berbagai macam seafood, seperti cumi, udang, dan ikan. Membuat nasi goreng seafood bisa menggunakan berbagai variasi bumbu sesuai dengan selera, seperti bumbu pedas, oriental, hingga ala Chinese. Kini, kamu tak perlu pergi ke restoran untuk menikmati nasi […]

    Trending