1. Kuliner Malam

6 Rekomendasi Warung Angkringan Kopi Joss Jogja Paling Enak

Sobat Kuliner sedang berkunjung ke Jogja? Pastinya disana banyak ditemukan kuliner legendaris seperti gudeg yang terbuat dari daging buah nangka kemudian dimasak menggunakan kuah santan.

Selain dapat menikmati gudeg dan makanan khas lainnya, nongkrong sambil minum kopi dapat menjadi referensi Sobat Kuliner dalam menikmati indahnya perkotaan saat malam hari. Kalian akan menemukan sederetan angkringan kopi legendaris yang banyak menyajikan seduhan kopi, uniknya minuman ini kemudian ditambah dengan arang panas. Kopi ini terkenal dengan sebutan Kopi Joss Jogja.

Kopi Joss Jogja merupakan sajian kopi legendaris yang memiliki banyak peminat, utamanya dari wisatawan yang berkunjung. Rasa kopi yang enak dan penyajiannya yang unik karena dimasukkan arang membuat banyak orang tertarik untuk mencobanya.

Kopi hitam yang dicampur dengan potongan arang membara akan mengeluarkan bunyi “joss” saat dimasukkan ke dalam kopi, sehingga nama Kopi Joss Jogja terkenal dari peristiwa tersebut. Sobat Kuliner dapat menemukan kopi ini di kedai maupun angkringan yang tersedia di setiap sudut kota dengan harga yang terjangkau.

Bagi Sobat Kuliner yang ingin mencicipi minuman legendaris ini saat berkunjung ke Yogyakarta, mari simak sejarah, manfaat sampai rekomendasi angkringan Kopi Joss Jogja yang dapat menjadi referensimu!

Sejarah Singkat Kopi Joss Khas Jogja

Kopi Joss Jogja diperkenalkan pertama kali oleh Lik Man yang memiliki angkringan di sebelah utara dari Stasiun Tugu pada tahun 1980. Kisahnya bermula dari seorang masinis kereta api yang singgah di stasiun membeli kopi di angkringan Lik Man kemudian ia pun meracik kopi lalu merebusnya dalam sebuah kaleng, sepotong arang juga ditambahkan agar kopi lebih matang.

Sejak saat itu, Kopi Joss Jogja terkenal di kalangan pekerja stasiun kemudian merambah ke masyarakat sekitar yang ingin mencoba keunikan kopi tersebut. Para pelanggan yang berkunjung kerap kali menuangkan kopi sedikit demi sedikit ke dalam alas gelas, kemudian menyeruputnya dengan nikmat.

Manfaat dan Khasiat Kopi Joss Jogja

Campuran kopi hitam dengan arang membuat orang bertanya-tanya, apakah Kopi Joss Jogja berbahaya bagi kesehatan? Jawabannya adalah tidak, karena kopi ini mengandung zat karbon yang bermanfaat bagi tubuh, arang aktif didalamnya juga mengandung zat sorbitol sebagai penyerap detoks atau racun kemudian dibuang melalui saluran pencernaan.

Manfaat Kopi Joss Jogja pada arangnya juga dapat mengobati penyakit asam lambung, perut kembung, sampai panas dalam. Tetapi, yang perlu diperhatikan adalah jenis arang seperti apa yang terbaik untuk campuran kopi. Biasanya, Kopi Joss Jogja mencampurkan arang dari kayu sambi yang berasal dari Kalimantan.

6 Rekomendasi Warung Angkringan Kopi Joss Jogja

Berikut adalah rekomendasi warung Kopi Joss Jogja yang dapat kalian kunjungi. Simak daftarnya di bawah ini.

1. Angkringan Kopi Joss Mbak Siska

Rekomendasi pertama adalah Angkringan Kopi Joss Mbak Siska yang terkenal di Yogyakarta. Sobat Kuliner dapat menikmati kopi hitam atau kopi susu dengan kocek sebesar Rp5.000 saja. Kalian juga dapat menikmati makanan seperti oseng jamur, ati ampela, mercon ayam, sate ayam, sata kulit, sate usus sampai jamur krispi dengan harga Rp3.000 per tusuk.

Buka: setiap hari, mulai pukul 16.00-00.00 WIB

Alamat: Jalan Malioboro, Sosromenduran, Gedong Tengen. 

2. Angkringan Kopi Joss Pak Antun

Angkringan ini juga dapat dijadikan referensi kamu untuk menikmati kopi joss. Sobat Kuliner juga dapat menemukan berbagai aneka camilan dari sate, baceman, gorengan dan menu nasi lainnya.

Buka: setiap hari, mulai pukul 16.30-01.00 WIB

Alamat: Jalan P. Mangkubumi Nomor 22 B, Gowongan, Kecamatan Jetis.

3. Angkringan Kopi Joss Pak Agus

Rekomendasi ketiga datang dari Angkringan Pak Agus yang populer di berbagai macam kalangan. Sobat Kuliner dapat menemukan kopi hitam atau susu, wedang jahe, teh susu, es jeruk dan sebagainya. Aneka camilan juga tersedia, dari baceman, pisang bakar, roti bakar, aneka sate sampai sego kucing yang dapat mengganjal perut.

Buka: setiap hari, mulai pukul 17.00-00.00 WIB

Alamat: Jalan P. Mangkubumi Nomor 5, Sosromenduran, Gedong Tengen.

4. Angkringan Kopi Joss Lik Man

Angkringan ini menjadi warung pertama yang mempopulerkan Kopi Joss Jogja pada tahun 1980, tepatnya di Stasiun Tugu. Sobat Kuliner dapat menemukan sate-satean seharga Rp3.000, nasi kucing dibanderol Rp2.000, sedangkan kopi jossnya sendiri hanya Rp5.000 saja.

Buka: setiap hari, mulai pukul 16.00-01.00 WIB

Alamat: Jalan Poncowinatan No.7, Gowongan, Jetis.

5. Angkringan Kopi Joss Mas Bagong

Rekomendasi selanjutnya adalah Angkringan Mas Bagong yang menawarkan kopi joss seharga Rp5.000 saja. Sobat Kuliner juga dapat memesan camilan seperti nasi kucing, sate-satean, gorengan dan aneka ragam bacem.

Buka: 16.00-02.00 WIB

Alamat: Jalan Jenderal Sudirman Nomor 3, Cokrodiningratan, Kecamatan Jetis.

6. Angkringan Kopi Joss Lik No

Rekomendasi terakhir adalah Angkringan Lik No yang menjadi pelopor menu kopi hits di Yogyakarta. Sobat Kuliner hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp6.000 untuk Kopi Joss Jogja yang cocok dinikmati dengan nasi kucing, sate dan berbagai macam gorengan.

Buka: setiap hari, selama 24 jam

Alamat: Jalan Lempuyangan Nomor 24, Bausasran, Kecamatan Danurejan.

Baca juga: 10 Menu Angkringan Kekinian Murah Meriah, Dijamin Kenyang!

Itulah beberapa rekomendasi angkringan Kopi Joss Jogja beserta sejarah sampai manfaat yang berhasil Kuliner Kota rangkum dalam satu artikel. Apakah Sobat Kuliner tertarik untuk mencoba Kopi Joss Jogja saat berkunjung ke Yogyakarta?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 6 Rekomendasi Warung Angkringan Kopi Joss Jogja Paling Enak

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Malang merupakan salah satu  kota yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, juga menawarkan berbagai pilihan menarik untuk menghabiskan waktu bersama pasangan, termasuk salah satunya dinner romantis. Saat menari tempat dinner romantis, salah satu yang menjadi pertimbangan, yakni suasananya yang intim dan berkesan. Berikut ada 6 tempat dinner romantis di Malang yang dijamin bikin dinner […]
    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]

    Trending