1. Kuliner

Huhah! Inilah 15 Rekomendasi Makanan Pedas Indonesia Terenak

Jika mendengar makanan pedas, apa hal pertama yang terlintas di benak Sobat Kuliner? Sangat Indonesia kah? Yap, makanan pedas seringkali diidentikan dengan makanan Indonesia. Sensasi pedas yang ‘nyelekit’ namun nikmat menjadi hal yang disukai oleh kebanyakan lidah orang Indonesia.

Makanan pedas Indonesia bahkan ada bermacam-macam, hampir setiap daerah memiliki makanan khasnya yang terasa pedas. Untuk menambah pilihan menu makanan, Kuliner Kota ingin membagikan rekomendasi makanan pedas yang bisa menggugah selera. Maka dari itu, simak artikel berikut ini, yuk, Sobat Kuliner!

15 Makanan Pedas Tradisional Nusantara yang Memanjakan Lidah

Masakan pedas yang ada di Indonesia memiliki berbagai macam pilihan, mulai dari makanan pedas berkuah hingga kering sekalipun. Dari banyaknya jenis masakan pedas yang ada di Indonesia, Kuliner Kota telah merangkum 15 makanan terbaik yang bisa Sobat Kuliner coba saat ingin melakukan wisata kuliner.

1. Plecing Kangkung

Plecing Kangkung (sumber: @venny_yanuarti_rizan on Instagram)
Plecing Kangkung (sumber: @venny_yanuarti_rizan on Instagram)

Plecing kangkung adalah makanan pedas Indonesia khas Nusa Tenggara Barat, tepatnya yaitu daerah Lombok. Plecing kangkung merupakan jenis santapan yang disajikan dalam keadaan dingin atau bersuhu normal. 

Plecing kangkung dimasak dengan cara direbus, kemudian kangkung yang telah matang akan disiram dengan sambal khas plecing kangkung di atasnya. Sambal plecing kangkung dibuat menggunakan beberapa bumbu, diantaranya yaitu tomat, terasi, garam, cabai rawit, serta jeruk nipis untuk menambahkan cita rasa asam.

2. Seblak

Seblak (sumber: @ss.seblak)
Seblak (sumber: @ss.seblak on Instagram)

Seblak merupakan masakan pedas khas Bandung yang terbuat dari beberapa bahan dasar, seperti kerupuk basah, sayuran, telur, dan beberapa bahan tambahan lainnya. Seblak memiliki rasa yang pedas dan gurih, sehingga Sobat Kuliner bisa merasa ketagihan ketika mencobanya.

Seblak adalah salah satu ide jualan makanan pedas yang bisa Sobat Kuliner coba terapkan dalam berbisnis rumahan dengan mudah. Hal ini disebabkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat seblak tidak cukup sulit. 

3. Ayam Bakar Taliwang

Ayam Bakar Taliwang (sumber: @albahari_kitchen on Instagram)
Ayam Bakar Taliwang (sumber: @albahari_kitchen on Instagram)

Sama seperti plecing kangkung, ayam bakar taliwang merupakan masakan pedas khas lombok yang memiliki rasa pedas sekaligus gurih. Bahan yang digunakan untuk membumbui ayam bakar taliwang diantaranya yaitu sereh, daun jeruk, dan terasi. Selain itu, ayamnya juga akan dilumuri oleh bumbu pedas berkali-kali selama proses pembakaran.

Ayam bakar taliwang bisa disajikan bersamaan dengan makanan lain. Umumnya, ayam bakar ini dihidangkan bersama dengan menu pelengkap lain, seperti plecing kangkung dan terong beberuk.

4. Kentang Balado

Kentang Balado (sumber: @rasaingeh_ on Instagram)
Kentang Balado (sumber: @rasaingeh_ on Instagram)

Kentang balado sangat mudah ditemukan pada warung tegal. Kentang balado adalah masakan pedas yang mencampurkan kentang goreng potong dadu dengan bumbu pedas yang biasa disebut dengan balado. Balado ini dibuat dengan menggoreng cabai rawit yang telah ditumbuk dengan beberapa bumbu lainnya, seperti bawang merah, bawang putih, air jeruk nipis, serta tomat.

5. Rica-Rica

Ayam Rica Rica (sumber: @ayamgoreng.mbahrono on Instagram)
Ayam Rica Rica (sumber: @ayamgoreng.mbahrono on Instagram)

Rica-rica memiliki konsep bumbu yang sama dengan balado. Bedanya, rica-rica menjadi masakan ciri khas dari daerah Minahasa, Sulawesi Utara. Cabai merah dan cabai hijau menjadi bahan utama untuk membuat bumbu rica-rica, bahan tersebut diolah dengan digiling bersama dengan bawang putih, bawang merah, jahe, gula, dan garam.

Rica-rica bercita rasa sangat pedas. Walau demikian, jenis masakan ini cukup populer dan disukai oleh banyak orang. Rica-rica dapat dijadikan sebagai olahan bumbu untuk banyak jenis makanan, seperti ayam, daging sapi, daging kambing, ikan, dan masih banyak lagi.

6. Tempoyak

Tempoyak (sumber: @madurazulkafli on Instagram)
Tempoyak (sumber: @madurazulkafli on Instagram)

Tempoyak merupakan makanan asal Pontianak dan Ketapang, di Provinsi Kalimantan Barat. Makanan ini memiliki rasa pedas asam yang terbuat dari ikan dengan ditambahkan bumbu pedas serta tempoyak. Tempoyak dihidangkan menggunakan ikan yang bertekstur daging tebal, seperti ikan patin.

7. Pecel

Pecel (sumber: @cobamakansini on Instagram)
Pecel (sumber: @cobamakansini on Instagram)

Pecel adalah makanan dari Jawa Timur yang bercita rasa khas bumbu kacang, dimana sambal bumbu kacang ini terbuat dari banyak rempah-rempah. Berbagai rempah yang digunakan diantaranya yaitu kencur, asam jawa, bawang putih, gula jawa, daun jeruk, kacang, serta cabai. 

8. Ayam Penyet (Ayam Geprek)

Ayam Geprek (sumber: @ayamgeprekpangeran on Instagram)
Ayam Geprek (sumber: @ayamgeprekpangeran on Instagram)

Siapa yang nggak kenal dengan ayam penyet atau ayam geprek? Sepertinya makanan ini sudah cukup populer apalagi di kalangan pecinta masakan pedas. Hidangan ini dibuat dengan cara menumbuk ayam goreng hingga lebih lembut. Ayam penyet biasa disajikan dengan sambal, timun yang diiris, serta tahu goreng.

9. Mie Aceh

Mie Aceh (sumber: @piyohhaii_bukittinggi on Instagram)
Mie Aceh (sumber: @piyohhaii_bukittinggi on Instagram)

Mie aceh memiliki ciri khas berupa bentuk mienya yang lebih lebar dan tebal dibandingkan dengan mie lainnya. Mie aceh bisa dihidangkan dengan beberapa cara, seperti ditambahkan kuah, digoreng, ataupun ditumis. Mie aceh juga biasanya diberi bahan tambahan seperti daging sapi, kambing, udang, cumi, dan lain-lain.

10. Rujak Cingur

Rujak Cingur (sumber: @silvya_go on Instagram)
Rujak Cingur (sumber: @silvya_go on Instagram)

Rujak cingur adalah masakan yang terdiri dari beberapa bahan, seperti tempe, tahu, tauge, timun, irisan cingur atau hidung sapi, sayuran, dan lain-lain. Bahan-bahan tersebut seluruhnya disiram dengan bumbu rujak sehingga akan memberikan sensasi pedas nikmat.

11. Baso Aci

Baso Aci (sumber: @banjarbarukuliner on Instagram)
Baso Aci (sumber: @banjarbarukuliner on Instagram)

Salah satu makanan pedas kekinian yang bisa Sobat Kuliner temui dengan mudah saat ini yaitu baso aci. Baso aci terbuat dari dua bahan tepung, yaitu tepung terigu dan tepung tapioka, yang dicampur menjadi satu. Kuah dari baso aci biasanya dijadikan pedas dan gurih sehingga banyak pecinta makanan pedas tertarik untuk mencoba baso aci ini.

12. Bubur Pedas Medan

Bubur Pedas Medan (sumber: @m_mkitchen on Instagram)
Bubur Pedas Medan (sumber: @m_mkitchen on Instagram)

Bubur pedas adalah salah satu kuliner yang menjadi ciri khas di daerah Medan. Bubur pedas ini awalnya menjadi makanan yang hanya bisa disajikan di lingkungan kesultanan. Namun seiring berjalannya waktu, bubur pedas sudah dapat dikonsumsi oleh masyarakat umum di Medan.

Bubur pedas menggunakan bahan baku berupa kentang, wortel, dan tauge. Bumbu rempah yang digunakan juga beragam, seperti kunyit, temu kunci, jintan, serai, temu hitam, temu mangga, dan lain-lain. Oleh karena itu, bubur pedas menjadi salah satu rekomendasi makanan pedas yang patut dicoba.

13. Asam Padeh Tongkol

Asam Padeh Tongkol (sumber: @lemaknian_oi on Instagram)
Asam Padeh Tongkol (sumber: @lemaknian_oi on Instagram)

Masakan khas Sumatera Barat kembali menjadi makanan pedas yang direkomendasikan oleh Kuliner Kota, yaitu asam padeh tongkol. Asam padeh berasal dari bahasa Minangkabau yang memiliki arti asam pedas. Jadi, asam padeh tongkol merupakan makanan pedas berupa tongkol yang diberi bumbu asam pedas.

Asam padeh tongkol dibuat dengan membumbui ikan tongkol menggunakan bumbu dasar berupa asam jawa, cabai, dan rempah-rempah lainnya. Karena rasanya yang asam dan pedas, asam padeh tongkol dapat memberikan sensasi segar dan enak pada lidah jika Sobat Kuliner menyantapnya.

14. Rendang

Rendang (sumber: @lusirusli on Instagram)
Rendang (sumber: @lusirusli on Instagram)

Apa yang pertama kali terlintas di benak Sobat Kuliner ketika mendengar makanan pedas enak? Betul, rendang biasanya menjadi pilihan nomor satu banyak orang dalam hal makanan pedas. Bahkan, rendang sebagai makanan khas Indonesia, tepatnya Sumatera Barat, sempat menjadi makanan terlezat di dunia menurut CNN pada tahun 2017 lalu.

Rendang menjadi rekomendasi makanan pedas terfavorit bukan secara cuma-cuma. Cita rasa dari rendang akan membuat lidah Sobat Kuliner merasakan kenikmatan karena gurihnya yang tidak main-main. Hal ini dikarenakan rendang terbuat dari daging yang telah dibumbui oleh beragam bumbu dan rempah.

15. Oseng Mercon

Oseng Mercon (sumber: @sepiringmercon on Instagram)
Oseng Mercon (sumber: @sepiringmercon on Instagram)

Mercon ini sebenarnya adalah bahasa Jawa yang memiliki arti petasan. Mercon biasa digunakan untuk menamai masakan yang memiliki rasa pedas seperti menyembur pada mulut. Jadi, kata mercon disematkan pada nama masakan ini karena oseng mercon dibuat dengan menumis daging sapi bersama bumbu cabai dalam jumlah yang banyak.

Baca juga: 10 Menu Angkringan Kekinian Murah Meriah, Dijamin Kenyang!

Itu tadi 15 rekomendasi makanan pedas khas Indonesia dan sedikit penjelasannya. Makanan pedas memang selalu memiliki penggemarnya sendiri. Walaupun demikian, makanan pedas yang dimakan secara berlebihan akan menjadi kurang baik bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, Sobat Kuliner harus tetap menjaga makanannya, ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Huhah! Inilah 15 Rekomendasi Makanan Pedas Indonesia Terenak

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending