1. Jajanan

Mencicipi Moaci Gemini, Si Kenyal Legendaris dari Semarang

Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khasnya tersendiri, seperti di Semarang. Salah satu makanan khas Semarang yang seringkali dijadikan sebagai buah tangan yaitu Moaci Gemini. Sudah pernah mencoba kudapan khas Semarang satu ini, belum, Sobat Kuliner?

Yap, moaci merupakan makanan ringan khas Semarang yang kerap kali dijadikan buah tangan oleh pelancong dari Kota Atlas tersebut. Rasanya yang unik dan lezat serta harganya yang terbilang ekonomis menjadi keunggulan dari kue manis ini untuk dijadikan oleh-oleh. Penasaran seperti apa moaci ini? Yuk, simak ulasan moaci khas Semarang selengkapnya di bawah ini!

Mencicipi Camilan Khas Semarang, Moaci Gemini yang Manis dan Kenyal

Kalau menggemari camilan manis, Sobat Kuliner pastinya sudah tidak asing lagi dengan Moaci Gemini. Betul, kue moaci ini merupakan kudapan khas Semarang yang memiliki tekstur kenyal dan manis, seperti kue mochi dari Jepang. 

Walaupun sekilas mirip dengan kue mochi, moaci memiliki keunggulannya tersendiri, lho, Sobat Kuliner. Moaci asal Semarang ini bertekstur lebih kenyal dan lebih padat dibandingkan kue mochi pada umumnya. Selain itu, varian rasa yang ditambahkan pada kue moaci ini lebih membumi dan cocok dengan lidah orang Indonesia.

Ketika memakan kue ini, Sobat Kuliner akan merasakan sensasi yang beragam. Gigitan pertama dari kue moaci akan terasa lembut dari adonan luarnya, kemudian Sobat Kuliner akan dikejutkan dengan rasa manis, gurih, dan legit dari dalam. 

Sejarah Kue Moaci

Sejarah Kue Moaci (sumber: Instagram)
Sejarah Kue Moaci (sumber: Instagram)

Kudapan moaci ini telah hadir sejak 37 tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 1985, dibuat oleh Ny. Sri Harsini atau Tjia Sien Nio. Kue kenyal satu ini dikenal sebagai camilan legendaris asal Semarang dengan kultur Tionghoa yang terbuat dari adonan tepung ketan dan isian kacang tumbuk serta gula.

Awalnya, kue moaci dijual dengan cara menitipkan kue tersebut pada toko-toko kecil di daerah pecinan, Semarang. Kini, Moaci Gemini telah terkenal sebagai oleh-oleh khas Semarang dan memiliki toko cabang yang tersebar pada berbagai wilayah di Kota Semarang. 

Bahan dan Varian Rasa Moaci yang Ditawarkan

Varian Moaci (sumber: Instagram)
Varian Moaci (sumber: Instagram)

Kueh moaci khas Semarang ini terbuat dari tepung ketan putih yang kemudian diberi isian campuran kacang tumbuk dengan gula. Karena itulah, kue moaci memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis legit. 

Tepung ketan yang menjadi bahan dasarnya membuat kue moaci sedikit lengket. Maka dari itu, bagian luar dari kue kenyal ini dilapisi oleh taburan bubuk tepung  serta biji wijen sehingga Sobat Kuliner dapat memegang kue ini dengan mudah tanpa  terasa lengket di tangan.

Selain itu, kue Moaci Gemini juga memiliki varian rasa yang beragam, seperti original tanpa wijen atau dengan baluran tepung saja, original dengan wijen, isian selai coklat, selai jeruk, selai pandan, selai durian, selai stroberi, keju, kacang hijau, oreo dan masih banyak lagi. Sobat Kuliner bisa memilih varian rasa kue moaci ini yang sesuai dengan selera Sobat Kuliner.

Daftar Harga Moaci Gemini 2022

Ingin membeli kue Moaci Gemini untuk dijadikan oleh-oleh khas Semarang? Tenang saja, harga Moaci Gemini ini relatif murah dan ramah di kantong, kok! Jadi, Sobat Kuliner bisa membelinya dalam jumlah yang banyak untuk diberikan kepada kerabat dekat di rumah. Yuk, simak daftar harga kue moaci tahun 2022 selengkapnya di bawah ini.

Varian KueHarga per Kotak
Moaci original (isian kacang dengan balutan wijen atau tepung) 5 pcsRp27.000
Moaci original (isian kacang dengan balutan wijen atau tepung) 10 pcsRp39.000
Moaci original (isian kacang dengan balutan wijen atau tepung) 16 pcsRp61.000
Moaci original (isian kacang dengan balutan wijen atau tepung) 25 pcsRp92.000
Moaci isian selai aneka rasa (coklat, stroberi, duren, dan lain-lain) 10 pcsRp52.000
Moaci isian selai aneka rasa (coklat, stroberi, duren, dan lain-lain) 16 pcsRp74.000
Moaci isian selai aneka rasa (coklat, stroberi, duren, dan lain-lain) 25 pcsRp104.000
Moaci isian keju 5 pcsRp35.000
Moaci isian oreo 10 pcsRp55.000
Moaci isian kacang hijau 5 pcsRp30.000
Moaci isian kacang hijau 10 pcsRp52.000

Alamat Toko Kue Moaci Gemini Pusat

Bagi yang sedang di Semarang, Sobat Kuliner bisa mengunjungi toko kue Moaci Gemini Pusat secara langsung. Alamat toko pusatnya yaitu di Jalan Kartini Raya Nomor 19, Kota Semarang. Selain itu, kue moaci ini juga memiliki toko cabang yang bernama Toko Cabang Madukoro dengan alamat di Ruko Bizpark Blok A5, Kota Semarang.

Jika tidak sabar untuk membelinya, Sobat Kuliner bisa memesannya secara online karena kue moaci ini telah dijajakan pada media sosial serta marketplace di Indonesia. Namun, Sobat Kuliner perlu menggunakan jasa pengiriman tercepat karena kue Moaci Gemini ini tidak menggunakan bahan pengawet sehingga hanya dapat bertahan selama kurang lebih 1 minggu. 

Nah, itulah tadi ulasan mengenai si kenyal Moaci Gemini oleh-oleh khas Semarang yang dapat Kuliner Kota sampaikan. Jika sedang liburan ke kota Semarang, Sobat Kuliner jangan lupa untuk mencicipi kue kenyal satu ini, ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mencicipi Moaci Gemini, Si Kenyal Legendaris dari Semarang

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

      Olahan telur termasuk salah satu bahan makanan yang bisa menjadi beberapa macam masakan. Bahkan banyak orang yang berlomba-lomba membuat kreasi baik hanya untuk diri sendiri, keluarga maupun mencoba menjualnya. Alasannya karena selain mudah mendapatkannya dan gampang untuk mengelolanya.  Hanya bermodalkan alat dan bahan pendukung yang tersedia disekitar saja. Nah kalau  sedang belajar memasak . […]

    Trending

    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]
    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]
    Mencari tempat makan romantis di kota Jakarta  sangat mudah. Pasalnya hampir disemua kawasan tersedia setidaknya satu restoran. Nah, untuk kamu yang sedang berencana untuk merayakan momen romantis bersama pasangan. Kuliner Kota bakal memberikan beberapa 10 tempat makan romantis di Jakarta 1.Hensin Restoran Jepang ini memang sudah menjadi langganan untuk tempat dinner romantis. Salah satunya kamu […]