1. Kuliner

Lumpia Semarang: Spring Roll Indonesia yang Legendaris

lumpia semarang
lumpia semarang. foto: instagram.com/cipto_kelana

Lumpia Semarang merupakan salah satu kudapan asli Semarang. Hidangan ini termasuk yang masuk list ketika kulineran ke kota tersebut. Selain itu, banyak orang menjadikan hidangan ini sebagai oleh-oleh. Karena bentuknya seperti roll, sehingga pantas mendapat sebutan spring roll versi Indonesia. Yuk, tambah pengetahuan mengenal lumpia melalui artikel ini, ya!

Sejarah Awal Lahirnya Lumpia Semarang

Awal bermulanya lumpia semarang  ini karena ada seorang pria asal Tionghoa bernama Tjoa Thay Joe pada abad ke-19  menjual makanan berupa lumpia yang terbuat dari daging babi dengan rebung. Lalu saat berjualan bertemu Wasih wanita asli Semarang sesama pedagang makanan yang sejenis. Hingga akhirnya keduanya menikah tahun 1870.

Setelah menikah, isiannya berubah menggunakan daging ayam atau udang beserta rebung. Tjoa dan Wasih berjualan di Olympia Park (pasar malam pada zaman Belanda). Dua anak mereka meneruskan usaha orang tuanya yakni Siem Hwa Noi  dengan berjualan di  daerah Mataram, Semarang. Sedangkan Siem Swie Kiem membuka tokonya di Gang Lombok Nomor 11.

Sementara di Indonesia sendiri terkenal saat adanya ajang GANEFO (kompetisi olahraga sejenis olimpiade yang dilaksanakan pada masa pemerintahan Presiden Soekarno) dari tahun 1963 hingga 1966.

Karakteristik Lumpia Semarang

Karakteristik lumpia semarang bentuknya seperti rolade dengan isian rebung, telur, dan daging ayam atau udang. Memiliki tekstur kulit yang tipis dengan balutan isian yang gurih dan lezat. Perpaduan rasa gurih, manis, dan asin berpadu sempurna, menciptakan sensasi rasa yang tak terlupakan.

Penyajiannya menggunakan selada, daun bawang dan saus khusus yang telah tercampur dengan potongan bawang. Namun ,ketiga bahan tersebut memiliki fungsi baik untuk kesehatan antara lain, mencegah risiko penyakit jantung, sebagai antioksidan dan melancarkan peredaraan darah. Bahkan hal ini mendapatkan rekomendasi dari beberapa ahli kesehatan.

Baca Juga: 6 Resep Risol Aneka Isi yang Mudah, Enak Buat Camilan!

Berapa Jumlah Kalori Lumpia Semarang

Jumlah kalorinya tergantung dari cara memasaknya serta isiannya. Tetapi, rata-rata kalori lumpia basah hanya 80 kalori, karena itu bisa menjadikan menu hidangan diet. Untuk lumpia kering, kalori yang terkandung lebih tinggi, yaitu bisa mencapai 127 kalori, lantaran terdapat kandungan lemak jenuh dari minyak.

Inovasi Lumpia Semarang

Seiring waktu, variasi lumpia semarang semakin berkembang. Kini, terdapat berbagai pilihan isian, seperti vegetarian, seafood, dan bahkan rasa manis dengan isian pisang. Kemudian melahirkan beberapa inovasi, seperti Keripik Lumpia Cik Me Me. Sesuai dengan namanya, bentuknya seperti snack keripik tersedia 2 varian rasa yaitu original dan pedas. 

Bukan hanya inovasi dalam produknya saja, tapi juga cara penjualannya. Tidak hanya membuka toko offline, mereka juga menjualnya pada marketplace hingga melayani pengiriman untuk ke luar kota (melalui jasa kurir khusus makanan). Selain itu, ada peran para jastiper yang bisa membantu melariskan dagangan.

Kiprah Lumpia Semarang di Mancanegara

Mungkin belum banyak yang menyadari kalau lumpia semarang sebenarnya sudah mendunia. Bahkan dari tahun 2014 sudah masuk daftar UNESCO pada kategori warisan dunia. 

Tempat Menikmati Lumpia Semarang

Kalau ingin merasakan dari langsung dari kota asalnya. Kamu bisa mencobanya pada beberapa tempat legendaris yang sudah  terkenal dengan kelezatan lumpianya antara lain:

Lumpia Gang Lombok

Ownernya merupakan Tjoa Thay Joe, sudah ada sejak  tahun 1870 (pencetus lumpia semarang). Saat ini, pihak yang mengelolanya merupakan generasi keempat, salah satunya bernama Untung Usodo. Karena sudah terkenal, jadi tidak heran kadang harus mengantri saat membelinya.

Lumpia Mbak Lien

Nama Mbak Lien ini berasal dari nama aslinya, Siem Siok Lien. Usaha ini merupakan turunan dari orang tuanya, Siem Swie Hie yang sudah berdiri dari tahun. Letaknya berada di daerah Pemuda yang merupakan jalan utama di Semarang. Produk lumpianya yang menjadi ciri khasnya, lumpia dengan rasa ayam dan udang. Bahkan ada inovasi lainnya yakni, bisa tambah topping smoked beef atau mozzarella

Lumpia Cik Me Me

Kalau menginginkan variasi yang lebih beragam, bisa mampir ke gerai Lumpia Cik Me Me. Tersedia rasa lainya selain ayam dan udang. Seperti kepiting, ikan kakap, kambing hingga jamur. Lokasinya ada di kawasan Gajahmada.

Baca Juga: Resep Lumpia Khas Semarang Yang Enak dan Mudah Dibuat

Ketahanan Lumpia Semarang

Terkait dengan ketahanannya, tergantung dari jenisnya itu sendiri. Jika kering maka kalau pada suhu ruangan bertahan selama 2 hari. Sedangkan basah tahannya hanya 24 jam saja. Jadi kalau untuk oleh-oleh sebaiknya langsung simpan dalam lemari pendingin atau kalau belinya di toko oleh-oleh, bisa tanyakan dahulu caranya agar awet (tidak basi) saat sampai  tujuan.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Kuliner Semarang yang Terkenal dan Murah

Banyak hal yang bisa kamu ambil dari lumpia semarang, bukan hanya sekadar makanan tradisional saja. Namun sejarah serta mau mengikuti perkembangannya dengan melakukan beberapa inovasi baik dalam rasa maupun cara penjualannya. Sehingga tak heran kalau justru semakin eksis, padahal banyak makanan modern yang mungkin lebih menarik minat masyarakat.

 

 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Lumpia Semarang: Spring Roll Indonesia yang Legendaris

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

      Olahan telur termasuk salah satu bahan makanan yang bisa menjadi beberapa macam masakan. Bahkan banyak orang yang berlomba-lomba membuat kreasi baik hanya untuk diri sendiri, keluarga maupun mencoba menjualnya. Alasannya karena selain mudah mendapatkannya dan gampang untuk mengelolanya.  Hanya bermodalkan alat dan bahan pendukung yang tersedia disekitar saja. Nah kalau  sedang belajar memasak . […]

    Trending

    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]
    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]
    Mencari tempat makan romantis di kota Jakarta  sangat mudah. Pasalnya hampir disemua kawasan tersedia setidaknya satu restoran. Nah, untuk kamu yang sedang berencana untuk merayakan momen romantis bersama pasangan. Kuliner Kota bakal memberikan beberapa 10 tempat makan romantis di Jakarta 1.Hensin Restoran Jepang ini memang sudah menjadi langganan untuk tempat dinner romantis. Salah satunya kamu […]