Siti Ruli Wahyuni culinary enthusiast

20 Kuliner Bandung nu Raos dan Pitakabitaeun

7 min read

Ulukutek Leunca

Kota Bandung merupakan kota yang mendapat julukan “Kota Kembang” sekaligus “Paris Van Java”. Kota Bandung memiliki daya tarik yang kuat serta tatanan kota yang indah dengan ragam pepohonan yang bisa kita temui di tiap sudutnya.

Kota Bandung memiliki magnet tersendiri yang mampu membuat orang-orang ingin kembali datang setelah kunjungan pertamanya. Bukan hanya pesona alam dan berbagai destinasi wisata buatan (artificial attraction) yang ditawarkan, Kota Bandung juga merupakan kota dengan destinasi wisata kuliner terpopuler di Indonesia.

Berbagai makanan khas Bandung akan memuaskan hasrat kuliner anda. Berikut adalah ragam masakan asli Bandung yang wajib dicoba saat berkunjung ke Kota Bandung:

1. Siomay Bandung

Siomay Bandung
Siomay Bandung, Foto oleh Diego Bianki Com

Saat anda berwisata ke Kota Bandung, kuliner Bandung yang wajib anda cicipi ialah yang satu ini! Kuliner khas Bandung yang sangat mudah anda temui di pinggir jalan, restoran, hingga hotel berbintang; Siomay Bandung!

Siomay Bandung memiliki ciri khas yang berbeda dengan siomay di kota-kota lain di Indonesia. Siomay asli Bandung terbuat dari perpaduan daging ikan dengan campuran sagu yang disajikan bersama telur maupun sayuran sebagai pelengkapnya. Siomay Bandung semakin nikmat ketika disantap dengan menggunakan sambal kacang yang dituang di atasnya. Bagi anda penggemar kuliner dengan rasa yang “menggigit”, anda juga bisa menambahkan saus atau sambal untuk menambah cita rasa pedas di atasnya.

2. Bandros Bandung

Bandros Bandung
Bandros Bandung, Foto oleh Pariwisata Bandung Info

Bandros satu ini bukanlah Bandros yang memiliki kepanjangan Bandung Tour on The Bus yang biasa digunakan wisatawan untuk berkeliling Kota Bandung. Bandros Bandung merupakan kue khas Bandung yang terbuat dari campuran tepung beras dengan santan kelapa yang dimasak diatas cetakan berbentuk cekung.

Ketika adonan kue masih setengah matang, kue Bandros Bandung diberi taburan kelapa parut diatasnya sembari menunggu matang dan siap disajikan.

Kue Bandros Bandung memiliki rasa yang khas yaitu gurih dan asin. Akan lebih nikmat disantap ketika masih hangat, sambil ditemani dengan hidangan wedang bajigur di tengah dinginnya suasana Kota Bandung.

3. Nasi Timbel Bandung

Nasi Timbel
Nasi Timbel Bandung, Foto oleh Food Detik com

Nasi Timbel Bandung adalah rekomendasi kuliner khas Bandung berikutnya. Kuliner khas Bandung ini terbuat dari olahan nasi putih panas yang dibungkus dengan daun pisang dan ditambah bermacam lauk-pauk juga sambal sebagai pelengkapnya!

Anda wajib mencoba kenikmatan olahan khas Bandung ini! Nikmati sajian rasa yang sangat pas ketika semua bagian dari Nasi Timbel Bandung ini berpadu bersamaan. Nasi Timbel Bandung ini akan lebih nikmat dinikmati pada waktu makan siang.

4. Gepuk Bandung

Gepuk Bandung
Gepuk Bandung, Foto oleh Angkat id

Kuliner khas Bandung satu ini sangat nikmat disantap dengan nasi hangat. Gepuk Bandung sendiri merupakan panganan yang terbuat dari daging sapi yang diiris searah dengan serat daging kemudian direbus setengah matang dan dipukul-pukul hingga empuk.

Setelah daging empuk, daging direbus kembali bersama dengan campuran santan dan bumbu sampai air santan meresap habis ke dalam daging. Gepuk Bandung juga merupakan salah satu cita rasa makanan khas dari Indonesia yang wajib anda coba loh!

Penting dan perlu diingat, anda harus terlebih dahulu menggoreng Gepuk Bandung dengan sedikit minyak sebelum disajikan, ya! 🙂

5. Lotek Bandung

Lotek Bandung
Lotek Bandung, Foto oleh Grid Id

Sekilas kuliner khas Bandung yang satu ini sangat mirip dengan pecel. Nama makanan ini adalah Lotek Bandung! Lotek Bandung terbuat dari campuran sayuran rebus yang disiram dengan bumbu kacang pada bagian atasnya.

Lalu apa yang membedakan Lotek Bandung dengan Pecel? Perbedaannya terletak pada rempah dan sayuran yang digunakan. Pertama, kencur menjadi pembeda di antara kedua makanan khas Indonesia ini. Kedua, perbedaan terletak pada tingkat kematangan sayuran. Sayuran yang digunakan untuk Lotek Bandung masih sedikit terasa mentah, karena sayuran tidak direbus sampai matang, melainkan hanya dipanaskan sekian menit untuk memberikan rasa hangat pada sajian dari Lotek Bandung itu sendiri.

Lotek Bandung sangat nikmat jika disantap bersama dengan lontong ataupun ketupat. Anda juga bisa menggunakan tempe sebagai pelengkap saat menyantap Lotek Badung.

6. Combro Bandung

Combro
Combro Bandung, Foto oleh Google com

Siapa yang sudah kangen dengan Combro Bandung? Iya, “Combro” atau “Oncom Dijero” ini adalah salah satu jajanan khas Bandung yang populer tempo dulu.

Masakan yang terbuat dari olahan singkong ini menjadi teman bersantainya warga Bandung pada masanya. Sayangnya, saat ini kita sudah mulai sulit menemukan Combro, sekalipun di kota asalnya, Bandung.

Namun, jangan khawatir! Anda masih bisa menemukan makanan khas ini di beberapa wilayah di Kota Bandung yang lokasinya berdekatan dengan pasar tradisional. Harganya murah dan cita rasa singkongnya masih sama loh!

Satu lagi, Combro Bandung ini dimasak dengan cara digoreng, sehingga akan sangat nikmat apabila dimakan dalam keadaan hangat.

7. Misro Bandung

Misro
Misro Bandung, Foto oleh Indonesian Culinary Tumblr Com

Makanan khas Bandung yang satu ini mirip dengan Combro Bandung, yaitu sama-sama terbuat dari parutan singkong dan dimasak dengan cara digoreng. Bedanya, Misro Bandung ini memiliki isian gula merah didalamnya, sehingga sangat cocok untuk teman minum teh ataupun kopi di pagi maupun malam hari.

8. Tutut Bandung

Tutut Bandung
Tutut Bandung, Foto oleh Ayo Bandung Com

Ingat namanya saja sudah bikin ngiler ya! Kunyit, jahe, serai, dan daun salam menjadi bahan rempah-rempah dari masakan ini. Rasa pedas dan gurih yang dihasilkan dari kuahnya selalu membuat kita rindu dengan masakan yang satu ini. Apalagi bagi anda penyuka kuliner kerang, anda wajib mencobanya!

Tutut Bandung. Kuliner Bandung yang satu ini menggunakan keong sawah sebagai bahan utamanya. Seperti yang kita ketahui, jika keong sawah ini yang memiliki segudang gizi dan manfaat yang baik bagi tubuh. Tutut memiliki kadar protein yang tinggi, kandungan mineral, dan kadar kolesterol dengan proposisi yang lebih baik dibandingkan lobster. Sehingga masakan Tutut Bandung ini sangat baik dan cukup aman untuk dikonsumsi oleh mereka yang memiliki batasan-batasan terhadap makanan.

Kuliner Tutut Bandung ini diolah dengan campuran bumbu pedas, daun salam, serta sereh untuk menghilangkan rasa amis. Perlu diingat, anda bisa memilih tiga pilihan rasa pedas sesuai dengan selera lidah anda loh!

9. Karedok Bandung

Karedok Bandung
Karedok Bandung, Foto oleh Go Travelly Com

Anda seorang vegetarian? Saat berkunjung ke Kota Bandung anda wajib mencoba makanan khas Bandung yang satu ini! Olahan sayuran yang masih fresh dengan dilumuri bumbu kacang diatasnya membuat cita rasa segar dan nikmat bersatu dalam makanan khas Bandung yang kita kenal dengan Karedok Bandung ini. Bumbu kacang karedok sangat berbeda dengan gado-gado maupun pecel, hal ini dikarenakan adanya kencur yang membuatnya lebih harum dan menggugah selera.

10. Seblak Bandung

Seblak Bandung
Seblak Bandung, Foto oleh Seva Id

Saat berkunjung ke Kota Bandung, rasanya belum afdol apabila belum mencoba kuliner khas Bandung yang satu ini. Seblak Bandung! Panganan khas Kota Bandung ini bisa juga anda temukan di kota-kota lain. Namun, tak akan lengkap rasanya jika anda tidak menikmati Seblak Bandung asli dari kota dimana ia berasal.

Seblak Bandung memiliki ciri khas bumbu yang berbeda dengan seblak lain pada umumnya. Campuran olahan kerupuk mentah yang sudah dimasak kembali dengan cabai, bawang putih, sereh dan kencur bersama dengan bihun, bakso, maupun makanan lainnya menjadi sajian pelengkap yang pas dan menggugah selera.

Pastinya akan sangat nikmat dan bikin anda ketagihan untuk datang kedua kalinya ke Kota Bandung hanya demi menikmati makanan yang satu ini. Seblak Bandung ini bisa dijadikan pilihan jika anda tidak ingin makan nasi tapi ingin perut anda terasa kenyang.

11. Cuanki Bandung

Cuanki Bandung
Cuanki Bandung, Foto oleh Traveling Yuk com

Kuliner Bandung yang satu ini mirip sekali dengan bakso, namun bedanya Cuanki Bandung disajikan tanpa tambahan mie kuning ataupun bihun. Bagi anda penikmat kuliner bakso, anda wajib mencoba sensasi rasa Cuanki Bandung! Kuah panas dan gurih ditemani dengan cuaca Kota Bandung yang dingin menjadikan Cuanki Bandung sangat cocok untuk mengisi perut dan menghangatkan tubuh anda.

12. Surabi/Serabi Bandung

Surabi Bandung
Surabi Bandung, Foto oleh Traveling Yuk com

Makanan khas Bandung ini sudah menjamur hampir di seluruh penjuru Indonesia. Tapi anda wajib mencobanya di kota asli Surabi itu berasal. Makanan yang satu ini sedikit mirip dengan pancake, karena sama-sama terbuat dari bahan tepung terigu. Bedanya, Surabi Bandung dimasak dengan cara dibakar diatas tungku dengan adonan yang tebal, sehingga sangat nikmat untuk disantap dalam keadaan masih hangat.

Untuk menambah cita rasa dari Surabi, anda bisa memilih bermacam varian toping seperti coklat, durian, keju bahkan sosis untuk diletakan diatasnya. Surabi Bandung menjadi teman yang sangat cocok untuk disantap dalam keadaan hangat sambil menyeruput segelas kopi maupun teh.

13. Batagor

Batagor Bandung
Batagor Bandung, Foto oleh Pegi Pegi com

Kuliner khas kota Bandung yang satu ini sering disajikan bersamaan dengan Siomay Bandung. “Bakso Tahu Goreng” atau yang sering disebut dengan Batagor ini terbuat dari adonan tepung kanji dicampur dengan olahan ikan. Semakin lengkap rasanya saat disantap dengan baluran saus kacang dan kesegaran dari perasan jeruk limau diatasnya.

14. Colenak Bandung

Colenak Bandung
Colenak Bandung, Foto oleh Sajian Sedap grid id

Kuliner khas Bandung ini merupakan kepanjangan dari “Cocol Enak”. Colenak sudah dikenal sejak tahun 1930-an. Makanan ini terbuat dari olahan peuyeum yang dibakar lalu disiram dengan gula merah kental serta toping parutan kelapa diatasnya.

Rasa asam dari peuyeum dan manis dari gula merah kental akan bercampur menjadi satu olahan yang nikmat saat anda menyantapnya. Colenak Bandung akan membuat anda ingin kembali ke Kota Bandung untuk kedua kalinya hanya untuk menikmati kuliner yang satu ini!

Rasanya yang adalah asam bercampur manis, itulah yang akan sangat anda rindukan ketika menyantapnya di tengah cuaca dingin kota Bandung.

15. Mie Kocok

Mi Kocok Bandung
Mi Kocok Bandung, Foto oleh Pesona Indonesia Kompas Com

Kuliner khas Bandung yang tidak boleh anda lewatkan berikutnya adalah Mie Kocok Bandung. Olahan mie berbentuk pipih dengan ditambah bermacam sayuran dan tauge serta kikil sapi membuat kuliner Bandung ini memiliki cita rasa yang akan anda rindukan setiap harinya. Nama “Mie Kocok” sendiri diberikan karena sebelum proses penyajian mie dan campurannya tersebut, olahan mie terlebih dahulu diaduk dan dikocok.

Mie Kocok Bandung akan semakin nikmat apabila disantap pada sore menjelang malam hari. Kuliner khas Bandung yang satu ini pastinya akan masuk dalam daftar kuliner terfavorit yang akan paling anda rindukan tiap kali hendak berkunjung ke Kota Bandung.

16. Kupat Tahu

Kupat Tahu
Kupat Tahu Bandung, Foto oleh Jabar Idn Times

Kuliner khas Bandung yang satu ini terbuat dari bahan dasar kupat. Kupat Tahu Bandung disajikan dengan campuran sayur tauge dengan siraman bumbu kacang kental diatasnya. Semakin nikmat lagi jika anda menyantapnya dengan tambahan kerupuk. Cita rasa dari sambal kacang bercampur dengan gurihnya kerupuk akan sangat menggoyang lidah saat anda memadukannya menjadi satu. Eits, jangan lupa, satu porsi Kupat Tahu Bandung dapat membuat perut merasa kenyang loh! Tapi, saking lezatnya, Kupat Tahu Bandung mampu menggoda selera makan anda untuk menambah porsi kedua, ketiga, bahkan lebih banyak lagi!

17. Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutuk Oncom Bandung
Nasi Tutuk Oncom Bandung, Wonderful Island Id

Kuliner Bandung yang satu ini wajib masuk dalam daftar makanan khas yang harus anda coba saat sedang berkunjung ke Kota Bandung. Nasi Tutug Oncom Bandung berasal dari olahan nasi yang dibuat dengan cara dibakar dan dicampur dengan bumbu oncom serta diberi sedikit tepung tapioka terlebih dahulu. Semakin terasa nikmat jika anda menikmati kuliner khas Bandung ini saat masih hangat dan sambil ditemani dengan sambal serta sayuran. Pilihan waktu yang pas untuk menyantap Nasi Tutug Oncom Bandung adalah saat sarapan di pagi hari.

18. Ulukutek Leunca

Ulukutek Leunca
Ulukutek Leunca Bandung, Foto oleh Genpi Co

Kuliner Bandung ini memiliki nama yang sangat susah untuk diucapkan tapi sangat nikmat untuk disantap. Ulukutek Leunca Bandung berasal dari olahan makanan yang terbuat dari campuran oncom dan buah leunca serta ditambah dengan bumbu-bumbu lain yang wajib anda cicipi saat datang ke Kota Bandung. Nikmat pastinya jika anda menyantapnya dengan nasi hangat dan ditemani dengan olahan ikan, maupun ayam sebagai lauk pelengkapnya. 

19. Rujak Cuka

Rujak Cuka
Rujak Cuka, Foto oleh Flickr

Bagi anda penggemar rujak, anda wajib mencoba sensasi kuliner Bandung yang satu ini. Rujak Cuka Bandung terbuat dari campuran sayuran dan buah-buahan yang ditambah dengan bumbu rujak serta cuka untuk memberikan cita rasa asam dan segar pada makanan ini. Rujak Cuka Bandung akan sangat segar untuk dinikmati di pagi menjelang siang hari, terlebih lagi bagi para penggemar rujak, tidak ada keraguan untuk menikmatinya lebih dari satu kali!

20. Cilok Bandung

Cilok Bandung
Cilok Bandung, Foto oleh Berita Baik

Makanan khas Bandung yang satu ini tidak boleh anda lewatkan! Cilok Bandung merupakan olahan rumahan yang kini menjadi makanan khas yang bisa anda coba di restoran maupun jajanan pinggir jalan.

Terbuat dari bahan tepung dengan sedikit campuran daging memberikan rasa kenyal saat anda mengunyahnya. Semakin lengkap dengan ditemani bumbu kacang maupun saus mayonaise sesuai dengan selera anda.

Akan lebih nikmat saat dimakan dalam keadaan hangat menemani kunjungan anda menyapa Kota Bandung dengan suasana dingin yang menjadi bagian didalamnya.

Jika anda berkunjung ke Kota Bandung, anda wajib menyempatkan waktu untuk mencicipi 20 rekomendasi kuliner khas Kota Bandung yang tertera diatas!

Ragam cita rasa Nusantara yang terdapat dalam olahan kuliner khas Kota Bandung tidak akan membuat anda menyesal untuk mencicipinya! Rasanya yang kaya akan rempah menciptakan kelezatan yang tiada duanya.

Suasana dingin ditemani beragam kuliner khas Kota Bandung akan menjadi momen yang tak terlupakan saat berkunjung ke Kota Kembang, Bandung.Jadi, jangan lupa siapkan semangat dan tentukan tanggalnya untuk berwisata kuliner di Kota yang akrab dengan ragam kekayaan cita rasa khas Nusantara dalam berbagai sajian khas kulinernya, Kota Bandung!

Siti Ruli Wahyuni
Siti Ruli Wahyuni culinary enthusiast

One Reply to “20 Kuliner Bandung nu Raos dan Pitakabitaeun”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *