1. Resep

Cara Membuat Wedang Ronde Nikmat untuk Menghangatkan Tubuh

Halo Sobat Kuliner! Apakah kamu penasaran bagaimana cara membuat wedang ronde yang lezat? Jika iya, kamu berada di tempat yang tepat! Pada artikel ini, kita akan membahas secara lengkap langkah-langkah untuk menciptakan wedang ronde yang nikmat dan hangat.

Mengenal Wedang Ronde, Minuman Tradisional yang Populer

Wedang ronde adalah minuman tradisional Indonesia yang terkenal dengan kombinasi ronde atau bola-bola ketan yang kenyal dan kuah jahe yang aromatik. Tidak hanya enak disantap di musim hujan, wedang ronde juga bisa menjadi hidangan manis yang sempurna untuk memanjakan diri di setiap kesempatan. Mari kita mulai dan temukan cara membuat wedang ronde yang mudah dan lezat!

Kandungan Nutrisi Wedang Ronde

Selain kenikmatannya, kamu juga mungkin penasaran tentang kandungan nutrisi yang terkandung dalam wedang ronde. Meskipun ini adalah minuman manis, wedang ronde juga memiliki beberapa nutrisi yang dapat memberikan manfaat bagi tubuh Sobat Kuliner. Mari kita jelajahi kandungan nutrisi dalam wedang ronde yang lezat ini.

  • Karbohidrat: Wedang ronde mengandung karbohidrat yang tinggi, terutama dari ketan sebagai bahan utamanya. Karbohidrat memberikan energi instan bagi tubuh.
  • Serat: Wedang ronde mengandung sejumlah kecil serat dari bola-bola ketan. Serat berperan dalam menjaga pencernaan yang sehat dan membantu menjaga keseimbangan gula darah.
  • Jahe: Wedang ronde mengandung jahe, yang mengandung senyawa bioaktif seperti gingerol. Gingerol memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.
  • Gula merah: Wedang ronde menggunakan gula merah sebagai pemanis alami. Gula merah memberikan energi instan dan rasa manis pada minuman ini. Namun, perlu diingat untuk tidak mengonsumsi berlebihan.
  • Santan: Wedang ronde menggunakan santan untuk memberikan tekstur dan rasa kaya pada kuahnya. Santan mengandung lemak sehat yang memberikan kepuasan rasa.

Baca juga: Resep Cakwe Gurih dan Empuk Untuk Cemilan di Rumah

Tips Membuat Wedang Ronde yang Enak

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu dalam membuat wedang ronde yang sempurna:

  • Pilih bahan-bahan berkualitas: Pastikan kamu menggunakan bahan-bahan berkualitas untuk menghasilkan wedang ronde yang lezat. Pilih ketan yang baik, jahe segar, gula merah berkualitas, dan santan segar untuk memastikan cita rasa yang autentik.
  • Rendam ketan dengan benar: Sebelum memasak ketan, rendam ketan dalam air selama beberapa jam untuk menghasilkan ketan yang kenyal dan mudah dimasak. Perendaman juga membantu menghilangkan kelebihan pati dari ketan.
  • Gunakan jahe segar: Gunakan jahe segar untuk mendapatkan rasa jahe yang khas. Kupas dan iris jahe tipis-tipis untuk melepaskan aroma dan rasa jahe yang segar. Jahe segar memberikan cita rasa yang lebih baik daripada jahe yang sudah dikeringkan.
  • Gunakan santan yang tepat: Pastikan kamu menggunakan santan segar atau santan kental yang berkualitas untuk memberikan kelezatan dan kekayaan pada kuah wedang ronde. Hindari penggunaan santan instan yang dapat memengaruhi rasa dan kualitas wedang ronde.
  • Jaga proporsi bahan yang seimbang: Perhatikan proporsi bahan-bahan dalam resep untuk mendapatkan hasil yang tepat. Perhatikan jumlah ketan, gula merah, jahe, dan santan yang digunakan agar cita rasa wedang ronde tetap seimbang dan harmonis.
  • Perhatikan kekenyalan bola ketan: Saat memasak bola-bola ketan, pastikan ketan telah matang dengan baik dan kenyal. Ketan yang tidak dimasak dengan sempurna akan mengurangi pengalaman menyantap wedang ronde yang lezat. Gunakan teknik memasak yang benar, seperti pengukusan yang cukup dan pengadukan yang tepat.
  • Eksperimen dengan tambahan rasa: Kamu bisa mengkreasikan wedang ronde dengan menambahkan bahan-bahan tambahan, seperti kelapa parut sangrai, kacang tanah, atau biji wijen. Tambahan ini memberikan sentuhan renyah dan nutrisi tambahan pada wedang ronde.
  • Sajikan dengan cantik: Selain menciptakan wedang ronde yang lezat, jangan lupakan presentasi yang menarik. Sajikan wedang ronde dalam mangkuk yang indah, dan taburi dengan taburan kelapa parut atau kacang tanah sangrai untuk tampilan yang menarik dan rasa yang lebih kaya.
  • Nikmati dalam suasana yang nyaman: Wedang ronde akan lebih nikmat jika kamu menyantapnya dalam suasana yang nyaman. Ciptakan suasana yang hangat, seperti dengan menikmatinya di depan perapian atau bersama keluarga dan teman terdekat.

Dengan mengikuti tips-tips ini, kamu dapat membuat wedang ronde yang lezat dan autentik di rumah. Selalu berani untuk bereksperimen dengan resep dan variasi yang sesuai dengan selera kamu.

Baca juga: Wedang Uwuh Jogja: Manfaat, Bahan, Resep, & Cara Membuatnya

Cara Membuat Wedang Ronde yang Lezat

Wedang ronde adalah minuman tradisional Indonesia yang hangat dan lezat, terdiri dari bola ketan yang kenyal di dalam kuah jahe manis. Jika Sobat Kuliner ingin mencoba membuat wedang ronde sendiri di rumah, berikut adalah resep yang bisa kamu ikuti:

Ingredients
  

  • 200 gram ketan
  • 500 ml air
  • 200 ml santan kental
  • 150 gram gula merah serut halus
  • 2 cm jahe memarkan
  • 1 lembar daun pandan
  • Sejumput garam

Instructions
 

  • Rendam ketan dalam air selama minimal 2 jam. Setelah itu, tiriskan ketan dari air rendaman.
  • Siapkan panci pengukus, panaskan air di dalamnya. Letakkan ketan yang sudah ditiriskan dalam wadah yang dapat dikukus. Kukus ketan selama sekitar 20-25 menit atau hingga matang dan kenyal.
  • Selagi ketan dikukus, persiapkan kuah wedang. Dalam panci lain, masukkan air, jahe memarkan, dan daun pandan. Rebus air hingga mendidih dan jahe mengeluarkan aroma harum.
  • Setelah air mendidih, masukkan gula merah serut ke dalam panci. Aduk-aduk hingga gula merah larut dan kuah terasa manis. Tambahkan garam secukupnya untuk menyeimbangkan rasa.
  • Tuangkan santan kental ke dalam kuah, aduk rata. Biarkan kuah mendidih sebentar sambil terus diaduk agar santan tidak pecah.
  • Setelah ketan matang, keluarkan dari panci pengukus dan biarkan sejenak agar tidak terlalu panas. Bentuk ketan menjadi bola-bola kecil dengan tangan yang telah dibasahi air agar tidak lengket.
  • Masukkan bola ketan ke dalam kuah wedang yang sudah matang. Biarkan bola ketan mendidih sebentar dalam kuah agar rasa jahe meresap dengan baik.
  • Matikan api dan wedang ronde siap disajikan. Tuang wedang ronde ke dalam mangkuk saji, pastikan setiap mangkuk mendapatkan bola ketan dan kuah yang cukup.
  • Wedang ronde bisa disajikan hangat atau dingin, sesuai dengan selera. Jika ingin memberikan sentuhan ekstra, taburi dengan kelapa parut sangrai atau kacang tanah cincang sebelum disajikan.

 

Sekarang Sobat Kuliner telah memiliki resep lengkap untuk membuat wedang ronde yang lezat di rumah. Kamu bisa menikmati minuman ini sebagai hidangan penutup yang hangat dan menyenangkan. Jangan lupa untuk menyesuaikan proporsi bahan dan cara memasak sesuai dengan selera dan preferensi kamu.

Selamat mencoba, dan semoga wedang ronde yang kamu buat menjadi hidangan yang menghangatkan dan memuaskan!

Baca juga: Resep Mie Nyemek Indomie ala Warmindo, Enak, & Bikin Nagih!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Cara Membuat Wedang Ronde Nikmat untuk Menghangatkan Tubuh

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Recipe Rating




    ARTIKEL TERBARU

    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]
    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]

    Trending

    Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]