1. Jajanan

10 Jajanan Jadul Tahun 70an yang Bikin Ibu Bapak Nostalgia

Selain bermain, hal yang membuat bahagia di masa kanak-kanak adalah membeli jajanan. Bagi Sobat Kuliner yang memulai sekolah dasar di tahun 70-an, tentu punya kenangan tersendiri tentang apa saja jenis, rupa, dan rasa jajan di masa itu. Zaman dimana warung adalah surga belanja bagi Sobat Kuliner, meski mayoritas adalah warung yang sederhana.

Nah, artikel kali ini dimaksudkan agar kalian bernostalgia tentang jajanan di era tersebut. Lalu apa saja jajanan jadul tahun 70an yang populer dan digemari oleh banyak orang? Yuk, simak daftar 10 jajanan jadul tahun 70an disini!

10 Jajanan Jadul Tahun 70an Ini Bikin Nostalgia

1. Kue Lupis

Kue Lupis (Sumber: @twalenwarong on Instagram)
Kue Lupis (Sumber: @twalenwarong on Instagram)

Kue lupis termasuk salah satu jajanan jadul tahun 70an yang terbuat dari beras ketan. Cara membuatnya gampang, berbahan dasar beras ketan yang dibungkus daun pisang lalu direbus. Bentuknya pun ada yang segitiga atau lonjong. Warnanya putih dan ada juga yang berwarna hijau karena menggunakan campuran daun pandan. Tidak lupa diberi taburan kelapa dan gula merah yang legit.

2. Jagung Kelapa

Jajanan Jadul Tahun 70an, Jagung Kelapa (Sumber: @chefsue_arukin on Instagram)
Jajanan Jadul Tahun 70an, Jagung Kelapa (Sumber: @chefsue_arukin on Instagram)

Grontol jagung atau jagung kelapa merupakan jajanan jadul tahun 70an yang banyak dijual di daerah Yogyakarta dan Jawa Tengah. Panganan ini terbuat dari bahan sederhana, yaitu jagung yang dikukus dengan kelapa parut dan diberi garam lalu ditambah gula secukupnya. Walaupun tergolong makanan sederhana, nyatanya kudapan ini pada zaman dahulu sangat laris manis.

3. Jipang

Kue Jipang (Sumber: @pink_tarako on Instagram)
Kue Jipang (Sumber: @pink_tarako on Instagram)

Jajanan jadul tahun 70an yang selanjutnya juga punya rasa manis. Jipang beras ini merupakan cemilan manis berbahan dasar bulir beras dengan campuran gula. Makanan satu ini biasanya tahan lama dan digemari anak-anak hingga dewasa. Walaupun termasuk jajanan jadul, namun tidak sulit kok untuk menemukannya. Sobat Kuliner masih bisa membelinya di warung maupun toko oleh-oleh.

4. Permen Gulali

Permen Gulali (Sumber: @bekasistreetfood on Instagram)
Permen Gulali (Sumber: @bekasistreetfood on Instagram)

Hmmm kalau permen gulali kayaknya nggak cuma terkenal di tahun 70an aja, deh! Anak 90an pasti punya kenangan tersendiri bukan, tentangnya? Emang permen ini sering dijual oleh pedagang di depan sekolah. Ketika kita membelinya, maka pedagang akan memutarkan sedotan dan menggulung gulali, bahkan ada yang dibentuk sesuai permintaan. Sebenarnya rasanya sederhana. Tapi harganya sangat murah dan nggak heran kalau jadi jajanan favorit. 

5. Rambut Nenek

Rambut Nenek (Sumber: @rambutnenek_bali on Instagram)
Rambut Nenek (Sumber: @rambutnenek_bali on Instagram)

Arbanat atau rambut nenek merupakan jajanan jadul yang populer tahun 70an. Selain dikenal sebagai arbanat, jajanan ini disebut juga dengan arum manis. Nah, karena awalnya berwarna putih seperti uban, maka dinamakan rambut nenek. Seiring dengan berjalannya waktu, rambut nenek mulai dibuat dengan beragam warna dengan tambahan perasa dan jadi jajanan kesukaan anak-anak.

6. Kue Jaring Laba Laba

Kue Jaring Laba-Laba, Jajanan Jadul Tahun 70an yang Populer (Sumber: @yunike15 on Instagram)
Kue Jaring Laba-Laba, Jajanan Jadul Tahun 70an yang Populer (Sumber: @yunike15 on Instagram)

Kue laba-laba adalah salah satu cemilan masa kecil yang banyak disuka, nggak cuma anak-anak saja orang dewasa pun menyukainya. Nah, ternyata jajanan satu ini merupakan jajanan jadul tahun 70an juga, loh. Tenang aja, ini bukan jaring dari laba-laba asli kok. Snack ini namanya begitu karena memiliki bentuk menyerupai jaring laba-laba.

7. Kue Rangi

Kue Rangi (Sumber: @cemilanmonic on Instagram)
Kue Rangi (Sumber: @cemilanmonic on Instagram)

Kalau untuk kue rangi ini udah mulai langka, nih! Buat Sobat Kuliner yang sudah berusia 30 tahun ke atas, kue tradisional Betawi ini memang menyimpan banyak kenangan masa kecil yang susah dilupain. Sebelum adanya jajanan kekinian dengan visual yang menggoda seperti sekarang, kue rangi dulunya jadi jajan favorit banyak orang. Apalagi, rasanya gurih, manis, dan legit jadi nggak pernah gagal menggoyang lidah.

8. Grub Cake

Grub Cake atau Carang Mas, Jajanan Jadul Tahun 70an (Sumber: @debbie_ariesthea on Instagram)
Grub Cake atau Carang Mas, Jajanan Jadul Tahun 70an (Sumber: @debbie_ariesthea on Instagram)

Jajanan jadul tahun 70an ini mungkin terdengar asing di telinga Sobat Kuliner. Ternyata ada yang menyebutnya carang mas, ceker remes, dan cakar ayam. Nah, carang mas merupakan camilan manis tradisional Indonesia yang terbuat dari bahan ubi kuning. Teksturnya renyah dengan rasa manis karena penambahan gula merah. Jadi, apa nama jajanan ini di daerahmu?

9. Kue Tape Goreng

Kue Tape Goreng (Sumber: @warungparimentes on Instagram)
Kue Tape Goreng (Sumber: @warungparimentes on Instagram)

Berbahan dasar tape dan punya dua kombinasi tekstur yaitu renyah dan lembut. Teksturnya yang renyah berasal dari biskuit dan tekstur yang lembut berasal dari tape. Jajanan ini sudah eksis sejak zaman dahulu dan cocok dimakan bersama secangkir kopi, teh atau susu. Selain enak, jajanan tape goreng ini juga terjangkau. Biasanya ada di jajaran gorengan lainnya bersama pisang goreng dan singkong goreng. Gimana, apa udah kangen sama jajanan ini?

10. Getuk

Kue Getuk (Sumber: @tjiu_lie on Instagram)
Kue Getuk (Sumber: @tjiu_lie on Instagram)

Getuk adalah makanan ringan yang berbahan dasar singkong. Makanan ini menjadi makanan khas kebanggaan dari daerah Magelang, Jawa Tengah. Namun seiring berjalannya waktu, makanan ini bisa ditemukan pada berbagai daerah khususnya di Pulau Jawa. Pada umumnya, getuk punya rasa yang manis dan gurih. Selain itu, makanan itu memiliki visual warna warni sehingga cantik untuk dipandang. Jadi, makanan inipun disukai berbagai kalangan. 

Baca Juga: Cek 10 Jajanan Jadul 90an yang Bikin Kamu Nostalgia

Jadi itulah dia artikel dari Kuliner Kota tentang jajanan jadul yang hits di tahun 70an. Jadi gimana, nih? Apakah Sobat Kuliner ingin mencoba beberapa jajanan di atas? Jangan lupa membeli jajanan yang tadi ya, kalau sudah pengen cobain! Semoga informasi tadi berhasil bikin kalian nostalgia.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 10 Jajanan Jadul Tahun 70an yang Bikin Ibu Bapak Nostalgia

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

      Olahan telur termasuk salah satu bahan makanan yang bisa menjadi beberapa macam masakan. Bahkan banyak orang yang berlomba-lomba membuat kreasi baik hanya untuk diri sendiri, keluarga maupun mencoba menjualnya. Alasannya karena selain mudah mendapatkannya dan gampang untuk mengelolanya.  Hanya bermodalkan alat dan bahan pendukung yang tersedia disekitar saja. Nah kalau  sedang belajar memasak . […]

    Trending

    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]
    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]
    Mencari tempat makan romantis di kota Jakarta  sangat mudah. Pasalnya hampir disemua kawasan tersedia setidaknya satu restoran. Nah, untuk kamu yang sedang berencana untuk merayakan momen romantis bersama pasangan. Kuliner Kota bakal memberikan beberapa 10 tempat makan romantis di Jakarta 1.Hensin Restoran Jepang ini memang sudah menjadi langganan untuk tempat dinner romantis. Salah satunya kamu […]