Sisca Dwi Rachmawati traveling enthusiast

✓50 Kuliner Jogja dan Makanan Khas Yang Murah Meriah

18 min read

Bakmi

Apa yang terlintas dipikiranmu jika mendengar “Kota Jogja”? Pastinya destinasi wisata sejarah yang menjadi highlight utama bukan? Berbagai macam destinasi wisata tersedia di Kota Jogja, mulai dari wisata alam, tempat shopping sampai wisata kuliner Jogja dengan harga murah siap memanjakan Anda. 

Anda bisa menemukan ragam makanan khas Jogja mulai dari melegenda sampai kekinian juga ada. Kota Jogja memiliki julukan sebagai kota yang Istimewa, begitu pula dengan makanannya, memiliki cita rasa khas “manis” dan terkenal dengan harganya yang cukup terjangkau.

Oleh karena itu, akan terasa hambar dan kurang lengkap pastinya menjelajahi Kota Jogja tanpa merasakan kuliner khas kotanya. Berbagai macam makanan bisa anda cicipi disini, mulai dari makanan dengan rasa manis hingga pedas. Untuk itu, mari icip-icip 52 kuliner khas Yogyakarta siap menggoyangkan lidah memanjakan lidah. Berikut daftar rekomendasi kuliner Jogja yang wajib anda coba:

1. Gudeg Jogja

Gudeg Jogja
Gudeg Jogja, Foto oleh Phinemo Com

Gudeg Jogja menjadi salah satu kuliner khas Kota Yogyakarta yang ikonik, tak heran jika banyak penjual yang menyediakan makanan ini. Cukup dengan menyediakan budget sekitar Rp20.000 Saja anda bisa menyantap seporsi gudeg lezat ini. Menu yang tersedia seperti: Gudeg Kering, Gudeg Basah, dan Bubur Gudeg pun juga bisa menjadi pilihan.

Kuliner Gudeg Jogja juga disediakan bersama dengan olahan ayam suwir sebagai pilihan tambahan lauk untuk menemani menyantap kuliner Jogja ini. Banyak pelanggan dari berbagai kalangan yang rela mengantri untuk menikmati kelezatan Gudeg Gudeg Jogja.

Perpaduan cita rasa manis gurih dan sedikit pedas menjadi satu rasa yang berpadu sempurna ketika Anda menyantapnya. Dengan lauk andalan gori, telur, dan tempe legit yang melengkapi Gudeg Kota Jogja membuat Anda tak cukup jika hanya menikmati satu porsi saja.

2. Sate Klatak

Sate Klatak
Sate Klatak, Foto oleh Phinemo Com

Sajian unik khas kota Jogja lainya adalah Sate Klatak yang disajikan dengan cara yang berbeda dari daerah lain. Kuliner Jogja Sate Klatak banyak diincar wisatawan luar kota Jogja, jika biasanya mengolah sate dengan menggunakan berbagai bumbu, lain halnya dengan sate ini cukup ditaburi garam diatasnya ditusuk menggunakan jeruji besi lalu dibakar diatas tungku.

Aroma daging sate panggang yang khas akan bikin Anda tak tahan untuk mencobanya. Diberikan nama klatak karena ketika sate dibakar menghasilkan suara “klatak-klatak”. Oleh sebab itulah, wisatawan rela mengantri untuk menikmati kelezatan Sate Klatak khas jogja ini.

Biasanya kuliner Jogja Sate Klathak disajikan dengan kuah gulai panas yang pastinya makin menggugah selera. Harumnya bau sate klatak bercampur dengan gurihnya kuah gulai akan membuat sensasi yang pecah dan nikmat saat bercampur di mulut Anda.

3. Krecek 

Krecek
Krecek, Foto oleh Cara Membuat Sambal Blogspot Com

Sambal krecek menjadi kuliner Jogja yang biasanya jadi pelengkap menikmati Gudeg. Komposisi dari sambal krecek yakni dari kulit sapi yang telah dikeringkan lalu diolah dengan bumbu-bumbu khas sehingga menghasilkan cita rasa pedas gurih.

Dengan rasa pedas gurih yang dihasilkan sangat cocok sebagai pelengkap kuliner gudeg yang memiliki rasa manis, menjadi kombinasi komposisi yang pecah di mulut saat Anda mulai menyuapnya. Nikmatnya sambal krecek bersama manisnya gudeg akan beradu di mulut Anda membentuk cita rasa yang selalu anda rindukan saat datang ke Jogja.

4. Bakmi Jogja 

Bakmi
Bakmi Jogja, Foto oleh Google Com

Jika membicarakan bakmi jelas semua orang tau apa itu bakmi dan tersedia di berbagai kota, tapi lain halnya dengan bakmi Jogja. Kuliner khas kota jogja ini wajib dicoba ketika anda singgah ke Jogja. Bakmi Jogja yakni bakmi yang direbus dengan berbagai bumbu dan rempah Jawa.

Biasanya Bakmi Jogja disajikan lengkap dengan kuah nyemek. Perpaduan cita rasa yang nikmat berpadu dengan tekstur kenyal mie bakal bikin sensasi rasa yang bikin kangen terus momen manis di Jogja. 

5. Sate Kere 

Sate Kere
Sate Kere, Foto oleh Google Com

Wah, mendengar namanya saja sudah cukup menggelitik dan penasaran ingin mencobanya, Sate Kere. Kuliner khas kota Jogja yang berbahan dasar dari gajih atau lemak sapi yang diolah dengan bumbu rempah sehingga menghasilkan cita rasa dan aroma yang menggugah selera.

Sate kere banyak ditemui di sudut kota Jogja, olahan sate yang nikmat dengan cita rasa yang khas serta harganya yang terjangkau membuatnya wajib masuk daftar kuliner Jogja yang tidak boleh terlewatkan. 

6. Kipo 

Kipo
Kipo Jogja, Foto oleh Bagi In Com

Makanan khas Jogja bernama Kipo ini menjadi salah satu kuliner favorit di kota ini. Makanan yang terbuat dari tepung beras ketan berisikan gula jawa dan parutan kelapa menjadikannya punya perpaduan cita rasa gurih dan manis.

Selain itu, Kipo juga dibalut warna hijau yang berasal dari daun pandan sehingga tercium aroma khas yang makin menggugah selera.  Kipo biasanya dimasak secara tradisional menggunakan wajan dengan tungku yang dilengkapi arang. Rasanya yang nikmat dan aroma khas dari Kipo bakal bikin Anda tidak ingin berhenti mengunyah.

7. Oseng – Oseng Mercon 

Oseng-Oseng Mercon
Oseng-Oseng Mercon, Foto oleh Google Com

Makanan khas satu ini berbeda dari yang lainnya, yang biasanya kuliner Jogja identik dengan manis, makanan khas Jogja satu ini berbeda. Oseng – Oseng Mercon, dari namanya saja sudah bisa dibayangkan bagaimana sensasi yang dihasilkan ketika anda memakannya. 

Komposisi Oseng mercon adalah gajih, tulang, kulit dan tentunya cabe rawit yang melimpah ruah yang bisa menggoyangkan lidah dan bikin nampol para pecinta kuliner pedas. Dipadukan bersama nasi hangat dan disantap saat sore hari, bikin Anda tidak berhenti menyuap lagi dan lagi.

8. Mie Lethek 

Mi Lethek
Mie Lethek, Foto oleh Travelik Yuk

Mie lethek notabennya sama dengan bakmi jawa, tetapi bahan dasar pembuatannya yakni mie bihun. Dengan tampilannya berwarna coklat yang berasal dari tepung ketela. Kuliner Jogja Mie Lethek ini terbuat dari bahan alami yang pastinya lebih sehat untuk dikonsumsi.

Mie lethek menjadi makanan khas legendaris yang banyak menjadi incaran pecinta kuliner. Anda wajib mencoba kuliner Jogja satu ini, kenikmatan mie dengan bahan-bahan alami membuat mie ini sehat untuk tubuh dan nikmat saat bercampur di mulut Anda setiap suapnya.

9. Nasi Tiwul

Sego Tiwul
Nasi Tiwul, Foto oleh GoogleCom

Nasi Tiwul berasal dari Gunung kidul yang terkenal di kalangan wisatawan. Nasi tiwul terbuat dari singkong yang dikeringkan, setelah itu dikukus hingga menggumpal. Makanan sederhana yang cocok dipadukan dengan sayur mayur maupun lauk tahu tempe saja sudah terasa lezat dinikmati.

Nasi tiwul banyak dicari pecinta kuliner Jogja karena makanan yang lezat, sederhana dan harganya ramah dikantong. Pastinya kuliner Jogja satu ini tidak boleh anda lewatkan, sensasi nasi tiwul yang khas dipadukan dengan lauk yang nikmat akan mengguncang lidah saat anda menikmati sesuap demi sesuap.

10. Sego Abang Jirak

Sego Abang Jingkrak
Sego Abang Jingkrak, Foto oleh Google Com

Seperti nama makanannya, Sego Abang Jirak terbuat dari nasi merah yang disajikan dengan sayur lombok ijo. Makanan ini termasuk dalam kategori kuliner khas kota Jogja yang sederhana dan terjangkau di kantong.

Sego Abang Jirak berasal dari Gunung Kidul yang menjadi daftar makanan legendaris di kota Jogja. Anda wajib mencoba sego abang jirak ini, sensasi cita rasa yang khas pastinya bakal bikin Anda ketagihan saat mencobanya sekali saja.

11. Mangut Lele Mbah Marto

Mangut Lele Mbah Marto
Mangut Lele Mbah Marto, Foto oleh Ini Baru Id

Mau mencoba olahan lele saat berada di Jogja? Anda bisa mencicipi Mangut Lele Mbah Marto. Menyajikan sajian lele asap dengan kuah pedas dan disajikan langsung dari dapur Mbah Marto, membuat kuliner Jogja ini tak hanya nikmat tapi juga unik. Selain itu, Anda juga dapat mengambil makanan langsung dari dapurnya loh sobat kuliner kota.

Menarik bukan? Tempat wisata kuliner Jogja yang unik ini, berlokasi di Jalan Parangtritis jogja , dan buka dari pukul 09.00 – 16.00. Cukup  dengan harga Rp25.000 per porsinya, Anda sudah dapat menikmati hidangan lezat Mangut lele mbah Marto ini.

12. Yammie Pangsit Pathuk

Siapa yang tidak mengenal mie pangsit pathuk ini? Sama halnya dengan Bakpia Pathuk yang menjadi oleh-oleh Jogja, pangsit ini juga merupakan jajanan tradisional Jogja yang juga bisa Anda bawa pulang.

Dengan rasa gurih dan taburan ayam cincang Yammie Pangsit Pathuk punya cita rasa unik dan bikin Anda ketagihan. Berada di Jalan Kemetiran Kidul Nomor 63 Jogja, Anda bisa mendapatkan mie ini pada jam 09.00 – 21.00 dengan harga mulai dari Rp17.000 saja. Terjangkau bukan

13. Mie Des (mie pedes)

Mie Des
Mie Des (Mie Pedes), Foto oleh Koran Bogor Com

Mau menikmati kuliner Jogja mie yang pedas dan nikmat? Anda bisa mencoba Mie Des. Mie Des atau mie pedes merupakan makanan khas daerah Bantu, Yogyakarta. Sepintas tampilan Mie Des sama seperti mie Jawa. Bedanya olahan mie satu ini terbuat dari ketela dan ukuran mienya besar-besar.

Selain itu, Mie pedes ini juga tidak menggunakan toping ayam melainkan udang kering atau ebi. Tidak cukup sampai disitu, Mie Des juga punya 2 pilihan penyajian, mau digoreng ataupun pakai kuah?

Jadi, Anda bisa memilih sesuai dengan selera. Cukup dengan mengeluarkan budget mulai dari Rp9.000 saja, maka Anda bisa menikmati kelezatan mie pedas khas Bantul yang pedesnya nampol dan bikin nagih. 

14. Sayur Lombok Ijo

Sayur Lombok Ijo
Sayur Lombok Ijo, Foto oleh Cookpad Com

Berada di Kota Jogja belum pas kalau belum mencicipi lauk pelengkap sego abang, Sayur Lombok Ijo. Seperti namanya kuliner Jogja ini memadukan cita rasa gurih, pedas dan segar yang bikin siapa saja tergoda. Terbuat dari olahan tempe dengan campuran bumbu-bumbu khas Jogja serta santan menjadikannya punya perpaduan cita rasa yang pecah di mulut.

Apalagi Anda mencicipinya bersama sego abang dalam keadaan hangat? Bikin perpaduan yang pecah di mulut dan tidak ingin berhenti mengunyah.  Untuk mendapatkannya pun cukup mudah, karena Sayur Lombok Ijo dijual di warung-warung pada sudut kota Jogja.

15. Rujak Es Krim

Rujak Es Krim
Rujak Es Krim, Foto oleh Bisnisukm Com

Mau menikmati kuliner Jogja yang segar sekaligus unik? Anda bisa mencicipi Rujak Eskrim. Seperti namanya kuliner Jogja ini terbuat dari aneka buah-buahan segar yang disajikan dalam mangkok serta tambahan es krim diatasnya.

Perpaduan cita rasa segar dari rujak bercampur dengan dinginnya es krim bakal membentuk cita rasa yang unik sejak Anda menyantapnya. Tidak cukup sampai disitu, harganya yang terjangkau juga membuat Rujak Es Krim di gemari semua kalangan.

Cukup dengan Rp6.000 saja, Anda dapat menikmati kelezatan kuliner Jogja yang unik ini. Anda bisa pergi ke Jalan Jalan Harjowinatan, Purwokinanti, Jogja mulai pukul 08.00-15.00 untuk mencicipi bagaimana kelezatan Rujak Es Krim ini. Jadi tertarik untuk mencobanya?

16. Daging Burung Dara Goreng

Daging Burung Dara Goreng
Daging Burung Dara Goreng, Foto oleh Kentauri WordPress Com

Menikmati Daging Burung Dara Goreng di lesehan Jogja merupakan hal ternikmat yang tidak boleh Anda lewatkan. Empuknya daging burung dara berpadu dengan bumbu rempah-rempah yang digunakan, bakal bikin perpaduan yang pas di mulut. Apalagi Anda menikmatinya bersama dengan nasi hangat dan sambal ditemani suasana malam Kota Yogyakarta.

Bikin momen manis yang tak pernah terlupakan. Jika tertarik mencoba berwisata kuliner Jogja ini, Anda bisa datang ke Jalan Malioboro, nomor 8 untuk mencoba kelezatannya. Cukup dengan mengeluarkan budget mulai dari Rp20.000 saja, Anda bisa mencoba kelezatan makanan khas Yogyakarta ini.

17. Entok Slenget

Enthok Slenget
Enthok Slenget, Foto oleh Twitter Com

Memiliki nama yang cukup unik, Entok Slenget merupakan Kuliner favorit masyarakat lokal maupun wisatawan mancanegara. Entok Slenget merupakan makanan khas Jogja yang terbuat dari itik yang diolah dengan aneka macam bumbu-bumbu khas sehingga menghasilkan tekstur daging yang empuk serta aroma yang khas dan bikin nagih.

Perpaduan rasa pedas serta gurih pada rempah yang digunakan, membuat Entok Slenget cocok disantap bersama dengan nasi hangat. Untuk mencicipi kelezatan kuliner khas Jogja ini, Anda hanya perlu mengeluarkan budget mulai dari Rp16.000 saja.

Murah bukan? Oleh karena itu, wajib banget datang ke Jalan Pakem Jogja mulai pukul 16.00 – 21.00 kalau mau coba kelezatan Entok Slenget khas Yogyakarta ini. 

18. Nasi Teri Pojok Gejayan

Nasi Teri Pojok Gejayan
Nasi Teri Pojok Gejayan, Foto oleh Traveling Yuk Com

Ingin menikmati nasi campur saat berada di Jogja? Anda bisa mencoba, Nasi Teri Pojok Gejayan. Merupakan nasi campur pedas dengan sajian pelengkap ikan teri yang kriuk dengan sayur teri pedas dan kering tempe, bakal bikin perpaduan lengkap dalam setiap suapannya.

Nasi Teri Pojok Gejayan ini selain nikmat juga cukup terjangkau karena harganya mulai dari Rp13.000 saja. Terjangaku bukan? Untuk mendapatkannya, Anda bisa mendatangi Jalan Gejayan Jogja mulai dari hari senin – sabtu, pukul 21.00 – 03.00. 

19. Wedang Ronde Mbah Paiyem

Wedang Ronde Mbah Paiyem
Wedang Ronde Mbah Paiyem, Foto oleh Dolan Dolen Com

Tidak hanya Kota Malang saja yang punya makanan khas Ronde, Anda juga bisa menemukan Wedang Ronde di Yogyakarta. Pedasnya kuah jahe dipadukan dengan ronde beras ketan, kolang kaling, potongan roti, kacang tanah dan tidak lupa gula merah bakal jadi pilihan yang tepat untuk teman menikmati malam di Kota Jogja.

Selain nikmat, Wedang Ronde ini juga jadi kuliner Jogja yang melegenda lho. Terutama Wedang Ronde Mbah Paiyem. Cukup dengan budget mulai dari Rp5.000 saja, Anda bisa menikmati kuliner Jogja ini. Hanya perlu pergi ke Jalan Kauman, Jogja maka kesegaran dan kehangatan Wedang Ronde bisa Anda rasakan. Tertarik mencobanya?

20. Sate dan Tongseng Petir

Sate dan Tongseng Petir
Sate dan Tongseng Petir, Foto oleh Yogyes Com

Mau menikmati kuliner sate saat berada di Kota Jogja? Maka Anda bisa mencoba kuliner ini, Sate dan Tongseng Petir. Olahan sate berbahan dasar daging kambing yang dicampur dengan aneka bumbu sehingga menghasilkan cita rasa pedas yang khas dan nikmat.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa memilih kepedasan Sate dan Tongseng Petir loh sobat Kuliner Kota.  Jadi, cocok banget bagi Anda pecinta pedas, maka kuliner khas Jogja ini harus masuk daftar makanan yang bakal jadi favorit. Tempat terbaik untuk mencicipi kuliner unik ini adalah di Ringroad Selatan, Yogyakarta. Jadi, mau mampir dan mencoba seberapa kuat makan pedas Anda?

21. Yangko

Yangko
Yangko, Foto oleh Tanda Seru Id

Makanan khas Jogja yang terbuat dari tepung ketan lalu dibentuk kotak dan dibaluri tepung ketan sekilas mirip dengan mochi, Yangko namanya. Tekstur kenyal dan cita rasa yang manis serta berisikan kacang yang dicincang halus menjadikannya cocok jadi teman ngeteh atau ngopi saat berada di Kota Jogja.

Selain nikmat Yangko juga cocok dijadikan oleh-oleh loh sobat Kuliner Kota. Rasanya yang khas serta tahan lama menjadikannya tidak hanya favorit jadi camilan tapi jadi buah tangan. Pastinya untuk mendapatkannya juga cukup mudah, karena Yangko di jual di pusat oleh-oleh Jogja, dengan harga mulai dari Rp8.000 saja. 

22. Cenil

Cenil Jogja
Cenil, Foto oleh Merdeka Com

Jajanan khas Kota Yogyakarta ini juga tidak boleh terlewatkan, Cenil. Panganan khas Jogja, berbentuk bulat kecil dengan warna mencolok dan terbuat dari pati ketela pohon. Jajanan tradisional khas Jogja ini, disajikan dengan parutan kelapa dan gula pasir. Perpaduan rasa manis dan gurih dalam satu porsi Cenil bakal bikin perpaduan yang pas di mulut sejak Anda menyantapnya.

Cenil khas Jogja ini bisa Anda beli di berbagai pedagang kaki lima dan pasar-pasar tradisional. Untuk harganya tenang? Meskipun sudah jadi jajanan yang sudah ada sejak dulu harganya sangat ramah di kantong, tidak sampai Rp10.000 per bungkusnya.

23. Sate kelinci

Sate Kelinci
Sate Kelinci, Foto oleh Malang Merdeka Com

Seperti namanya Sate kelinci merupakan makanan khas Jogja berbahan dasar daging kelinci. Daging kelinci sendiri memiliki tekstur yang lembut dan kenyal. Apalagi dipadukan dengan bumbu kacang dan irisan cabe, bakal bikin perpaduan yang pas dan pecah di mulut sejak pertama kali anda menyantapnya.

Rasa gurih bercampur pedas serta tekstur daging empuk, bikin Anda lupa sudah menyantapnya berapa porsi. Selain itu, Sate Kelinci ini juga cukup terjangkau lho, lima tusuk sate dihargai mulai dari Rp25.000 saja. Dan untuk mendapatkannya Anda bisa datang warung pak Djimsan di Jalan Kaliurang KM 19, Purwodadi, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta.

24. Geplak

Geplak
Geplak, Foto oleh Cookpad Com

Jajanan tradisional Kota Jogja memang tidak ada habisnya, masih ada lagi Kue Geplak yang wajib Anda coba. Kuliner Jogja yang terbuat dari adonan kelapa parut, tepung dan gula, lalu dibentuk bulat-bulat kecil dengan warna-warni yang mencolok makin membuatnya terlihat unik, menarik dan menggugah selera.

Perpaduan rasa manis dan gurih dari Geplak juga sangat cocok disantap bersama teh saat sore hari di tengah suasana khas Kota Jogja. Selain itu, Geplak juga mudah ditemukan dan terjangkau lho sobat Kuliner Kota. Jadi tertarik membelinya? Anda bisa datang ke pusat oleh-oleh Jogja, karena Geplak juga jadi favorit wisatawan dijadikan sebagai buah tangan. 🙂

25. Brongkos

Brongkos
Brongkos, Foto oleh Cookpad Com

Jika Anda rindu dengan rawon khas Jawa Timur, maka saat berada di Yogyakarta, Brongkos wajib jadi menu yang tidak boleh terlewatkan. Sekilas makanan khas Jogja Brongkos ini memiliki tampilan mirip dengan rawon, bedanya kuah Brongkos terbuat dari santan kelapa jadi lebih pekat dan gurih.

Cita rasanya yang khas dengan kuah yang gurih, segar cocok disantap bersama nasi hangat. Apalagi Anda menyantap Brongkos sebagai menu makan siang? Bikin kenyang lebih lama dan pastinya juga nagih. Satu porsi Brongkos sendiri terdiri dari tahu, tempe, kacang tolo, kuah santan dan kaldu sapi.

Rasanya pedas, gurih dan segar akan berpadu di mulut sejak dari suapan pertama Anda menyantapnya. Jadi, jika tertarik mencoba Brongkos Anda bisa langsung datang ke Brongkos Bu Padmo di Tempel, Sleman tepatnya dibawah Jembatan Krasak.

26. Jadah Tempe

Jadah Tempe
Jadah Tempe, Foto oleh Star Jogja Com

Jika biasanya Anda menikmati Jadah secara langsung ataupun digoreng, maka saat berada di Jogja, Jadah Tempe wajib Anda coba. Seperti Jadah pada umumnya, yang terbuat dari ketan yang dipadukan dengan kelapa parut, Jadah Tempe khas Jogja juga berbahan dasar sama.

Bedanya penyajian Jadah Tempe disajikan bersama tempe yang sudah dibacem, jadi saat disantap ada perpaduan cita rasa gurih dan manis yang khas. Tidak lupa untuk makin menggugah selera, Jadah Tempe juga disajikan dengan alas daun pisang.

Perpaduan rasa yang khas dan unik bakal bikin Anda tidak berhenti mengunyah untuk menikmati kuliner ini. Untuk mencicipi kuliner Jogja, Jadah Tempe ini, Anda bisa mencoba berwisata kuliner ke Jadah Tempe Mbah Carik yang berlokasi di Pakem, Kaliurang.

27. Buntil Daun Singkong

Buntil Daun Singkong
Buntil Daun Singkong, Foto oleh Majalah Holiday Com

Buntil daun singkong merupakan makanan khas Jawa berbahan dasar parutan kelapa yang dicampur dengan teri dan bumbu khas Jogja lainnya. Karena dibungkus dengan daun singkong lalu dimasak bersama santan, kuliner Jogja ini kemudian diberi nama Buntil.

Jika ingin mencoba Buntil Daun Singkong, Anda bisa menemukannya di berbagai tempat makan di Jogja. Biasanya Buntil Daun Singkong disajikan sebagai pengkap nasi brongkos atau nasi merah. Jadi, jangan lupa untuk memesannya jika ingin menikmati perpaduan rasa pedas, manis dan gurih yang bakal bercampur menjadi satu di mulut. 

28. Tengkleng Gajah

Tengkleng Gajah
Tengkleng Gajah, Foto oleh Life Style Oke Zone Com

Makanan unik khas Solo ini juga jadi salah satu makanan favorit di Kota Jogja, Tengkleng Gajah namanya. Tengkleng Gajah, merupakan makanan berbahan dasar tulang kambing yang dimasak dengan kuah seperti sup. Perbedaan tengkleng Jogja dan Solo adalah, tengkleng Jogja memiliki kuah yang lebih kental dan legit.

Biasanya tengkleng Jogja juga disajikan dalam porsi yang besar. Oleh sebab itulah, alasan diberi nama Tengkleng Gajah. Nikmat dan pastinya juga mengenyangkan cocok dimakan rame-rame bersama teman maupun keluarga. Untuk menikmati kelezatan Tengkleng Gajah,  Anda bisa datang ke daerah Jalan Kaliurang Km 3. Sedangkan untuk harganya mulai dari Rp30.000 saja, murah bukan?

29. Sego Ingkung

Sego Ingkung
Sego Ingkung, Foto oleh Waroeng Pohon Com

Sego ingkung adalah kuliner khas Bantul yang merupakan sebuah sajian nasi gurih dengan lalapan dan lauk ayam ingkung. Ayam ingkung merupakan ayam yang dimasak dengan cara direbus bersama aneka macam bumbu serta disajikan dalam keadaan masih utuh. T

ekstur daging yang empuk berpadu dengan rempah-rempah yang khas cocok disantap bersama nasi gurih hangat. Perpaduan rasa gurih dan lezat bakal berpadu di mulut Anda sejak suapan pertama menikmatinya. Untuk harga per porsi Sego Ingkung tergantung dari ukuran ayamnya, biasanya mulai dari Rp90.000. Jadi, mau makan rame-rame saat berada di Jogja, kuliner Sego Ingkung bisa jadi solusinya.

30. Soto Bathok

Soto Bathok
Soto Bathok, Foto oleh Detik Food Com

Di Indonesia tentu banyak sekali ragam sajian soto pada tiap daerahnya, tidak terkecuali Jogja. Saat berada di Jogja, Soto Bathok harus jadi makanan khas yang tidak boleh terlewatkan. Hidangan soto dengan kuah bening serta disajikan di dalam batok kelapa sebagai pengganti mangkok, bakal bikin perpaduan rasa yang khas dan menggugah selera.

Tidak hanya itu, Soto Bathok juga dilengkapi dengan jeroan, sate dan tempe garit, jadi bakal makin bikin perpaduan yang sempurna bercampur di mulut. Selain nikmat, pastinya Soto Bathok juga terjangkau lho sobat Kuliner Kota! Cukup mulai dari Rp5.000 saja, serta untuk lauk tambahannya mulai dari Rp1.000 maka Anda bisa menikmati Soto Bathok ini.

Jika tertarik mencicipi kelezatan kuliner Jogja ini, Anda bisa membelinya pada Soto Bathok Mbah Karto di Dusun Sambisari, Purwomartini, Kalasan, Yogyakarta.

31. Walang Goreng

Walang Goreng
Walang Goreng, Foto oleh Beli Bakpia Com

Mau mencoba kuliner Jogja yang sedikit ekstrim, maka Walang Goreng bisa jadi pilihannya. Walang Goreng atau Belalang Goreng merupakan makanan khas yang berasal dari gunung kidul, Yogyakarta.

Walang Goreng sendiri, terbuat dari hewan walang atau belalang yang diolah bersama bawang putih, ketumbar dan garam sehingga menghasilkan perpaduan cita rasa gurih dan nikmat. Tidak hanya nikmat Walang Goreng juga punya kandungan gizi yang cukup tinggi loh sobat Kuliner Kota. Jadi, kapan lagi bisa kulineran sekaligus menyehatkan tubuh kalau nggak coba icip-icip Walang Goreng khas Jogja ini. Tertarik untuk mencobanya?

32. Kue Adrem

Kue Adrem
Kue Adream, Foto oleh Laras Bening Blogspot Com

Memiliki nama yang cukup unik, Kue Adrem atau sering disebut dengan Tolpit merupakan jajanan favorit di Kota Jogja. Terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut serta gula merah yang sudah dilelehkan kemudian dicetak bulat lalu dipipihkan dan di goreng.

Kue Adrem memiliki perpaduan cita rasa manis, legit dan gurih yang cocok disantap bersama secangkir teh di tengah suasana Jogja yang khas. Jika tertarik mencicipi jajanan khas Jogja ini, Anda bisa menemukannya di berbagai pasar tradisional di Kota Yogyakarta. Dan pasti harganya juga terjangkau, jadi tidak ada alasan untuk tidak membelinya saat berada di Yogyakarta.

33. Geblek

Geblek
Geblek, Foto oleh The Boxs Cene Project Org

Selain geplak, geblek juga merupakan jajanan khas Yogyakarta yang wajib Anda cicipi. Terbuat dari tepung tapioka dan dibumbui bawang putih lalu digoreng. Geblek mempunyai tekstur kenyal dengan bentuk bulat cincin dan bercita rasa gurih.

Sekilas rasa Geplek mirip seperti cireng karena berwarna putih bersih, tapi cita rasa Geplek pastinya lebih lezat. Jika tertarik untuk mencicipi makanan khas Jogja ini, Anda bisa datang ke Jalan Kaliurang KM 4 tepatnya sebelah barat Graha Sabha Pramana, UGM.

34. Gatot

Gatot
Gatot, Foto oleh Bisnis Ukm Com

Sama seperti geblek, jajanan khas satu ini juga merupakan makanan khas yang berasal dari Gunung Kidul. Gatot merupakan olahan dari gaplek atau singkong yang diiris dan dijemur. Kemudian gaplek yang sudah dijemur, dikukus dan disajikan dengan menggunakan garam ataupun gula jawa serta tambahan kelapa parut.

Perpaduan rasa manis dan gurih dari Gatot serta teksturnya yang kenyal cocok disantap sebagai teman ngeteh di sore hari. Selain nikmat, Gatot juga terjangkau dan mudah ditemukan pada pedagang kaki lima ataupun pasar tradisional. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mencoba kelezatan Gatot ini saat berada di Yogyakarta. 

35. Kicak

Kicak
Kicak, Foto oleh Jogja Tribun News Com

Makanan khas Jogja yang satu ini hanya dapat ditemui saat bulan Ramadhan dan hanya tersedia di daerah kauman saja. Kicak merupakan kuliner Jogja yang berasal dari nasi ketan yang ditumbuk halus, lalu dicampur dengan gula, parutan kelapa, santan, daun pandan serta potongan buah nangka sebagai pelengkapnya.

Perpaduan cita rasa manis dan gurih itulah yang menjadikan Kicak sebagai jajanan favorit untuk menu takjil saat berbuka puasa. Jadi, saat Anda berada di Yogyakarta pada momen ramadhan, makanan khas ramadhan di Jogja ini tidak boleh terlewatkan.

36. Sego Kucing

Sego Kucing
Sego Kucing, Foto oleh Pegi Pegi Com

Anda pasti sering mendengar nasi kucing atau biasa dinamai Sego Kucing. Sego Kucing juga jadi salah satu makanan favoritnya orang Jogja, dimana sajian Sego Kucing merupakan nasi berukuran sekepalan tangan dengan lauk sambal, oseng tempe dan berbagai lauk lainnya kemudian dibungkus kecil.

Harganya yang terjangkau serta porsinya yang pas untuk satu orang menjadikan Anda bisa dengan mudah menemukan kuliner ini. Mulai dari cafe sampai angkringan di pinggiran jalan Kota Yogyakarta pasti menjadikan Sego Kucing sebagai sajian menu andalannya. 

37. Sup Merah

Sup Merah
Sup Merah, Foto oleh Guide Ku Com

Jika biasanya Anda mencicipi sup dengan warna bening dan menyegarkan, berbeda dengan kuliner Jogja Sup Merah ini. Sup Merah Jogja merupakan makanan khas Jogja yang disajikan dengan kuah kaldu berwarna merah dan terbuat dari campuran cabai sehingga memiliki perpaduan cita rasa gurih dan pedas yang bikin nampol.

Cita rasanya yang khas itulah, yang membuat Sup Merah memiliki tempat di hati para pecinta kuliner Jogja. Jika, tertarik mencoba kelezatan Sup Merah, Anda dapat menemukan di warung Bu Asih Jalan Kolonel Sugiono 74, Yogyakarta.

38. Keripik Belut

Keripik Belut
Keripik Belut, Foto oleh Travel Tribun News Com

Jajanan khas Jogja memang tidak pernah ada habisnya, masih ada Keripik Belut yang bisa jadi salah satu kuliner wajib yang tidak boleh terlupakan. Seperti namanya Keripik Belut adalah kuliner Jogja yang terbuat dari belut dan berbagai macam bumbu sehingga menghasilkan cita rasa gurih, renyah dan lezat.

Tidak hanya cocok jadi cemilan untuk menemani mengexplore Kota Yogyakarta, Keripik Belut juga cocok dijadikan buah tangan. Jadi, kalau mau membawa pulang oleh-oleh selain Bakpia ataupun camilan di Jogja, Keripik Belut bisa jadi pilihannya.

39. Ayam Geprek

Ayam Geprek
Ayam Geprek, Foto oleh Tasty Nesia Com

Siapa yang tidak mengenal Ayam Geprek? Olahan makanan dari ayam yang sekarang disukai semua kalangan. Perlu sobat Kuliner Kota tahu, sebelum populer di kota lain, Ayam Geprek pertama kali dicetuskan di Jogja lho. Cita rasa yang khas dengan perpaduan empuknya daging ayam, berpadu dengan crispynya bumbu serta sambal pedas yang nampol sudah tidak perlu di ragukan lagi nikmatnya.

Jadi, untuk mencicipi salah satu makanan populer ini, pastinya juga mudah karena banyak restoran sampai hotel berbintang yang menyediakan olahan Ayam Geprek sebagai salah satu menu favoritnya. Untuk harganya terjangkau kok, cukup mulai dari Rp15.000 saja maka Anda akan merasakan kelezatan Ayam Geprek asli dari kota asalnya langsung.

40. Soto Lenthok

Soto Lenthok
Soto Lenthok, Foto oleh The Box Scene Project Org

Bagi Anda pecinta olahan soto, maka Jogja masih punya Soto Lenthok yang wajib Anda coba. Tidak jauh berbeda dengan soto bening dari daerah lainnya, yang berisikan sohun, suwiran daging ayam dan tauge, bedanya satu porsi Soto Lenthok dilengkapi dengan Lethok.

Lenthok sendiri merupakan perkedel yang terbuat dari ketela. Sehingga perpaduan cita rasa yang gurih, segar dan khas dan Soto Lenthok bakal bikin rasa unik yang bikin pecah di mulut. Jika tertarik untuk mencicipinya, Soto Lenthok bisa Anda temukan di daerah selatan Jogja , yaitu daerah Bantul dan Jejeran.

41. Peyek Tumpuk

Peyek Tumpuk
Peyek Tumpuk, Foto oleh Jogjakarta Tour Com

Berbeda dengan peyek pada umumnya, Peyek Tumpuk khas Jogja ini memiliki bentuk yang tidak beraturan. Peyek kacang tumpuk yang sengaja dibentuk tidak beraturan sengaja dibentuk tidak beraturan dan kacangnya beterbar kemana-mana.

Oleh sebab itulah dinamakan Peyek Tumbuk. Selain itu, jajanan khas Jogja ini juga punya cita rasa gurih dan crispy yang khas serta cocok jadi teman ngemil di segala suasana. Untuk mendapatkannya juga mudah dan pastinya terjangkau. Cukup dengan budget kurang dari Rp10.000 saja, Anda bisa menikmati kelezatan kuliner khas Jogja ini. 

42. Bakmi Pentil

Bakmi Pentil
Bakmi Pentil, Foto oleh Tugu Wisata Com

Olahan mie di Kota Jogja memang tidak ada habisnya. Masih ada lagi Bakmi Pentil yang wajib Anda coba. Berbeda dengan mie biasanya, bakmie ini menggunakan bahan dasar pati ketela serta memiliki bentuk mie yang sangat panjang dan ukurannya lebih besar daripada mie biasanya. Makanan khas jogja yang satu ini memiliki dua warna khas yaitu kuning dan putih, selain itu Mie Pentil memiliki tekstur yang kenyal.

Itu sebabnya bakmi ini dinamai dengan Bakmi Pentil. Teksturnya yang khas, dipadukan dengan sambal kacang serta bungkus daun jati memberikan Bakmi Pentil bikin perpaduan rasa yang unik, khas dan pastinya nikmat. Jika tertarik mencoba uniknya makanan khas Jogja ini, Anda cukup mengeluarkan budget mulai dari Rp1.000 saja. Murah bukan? 

43. Sambel Welut (Sambal belut)

Sambal Welut
Sambel Welut, Foto oleh Dimana Aja Com

Sambel welut merupakan makanan khas jogja yang sangat autentik meski terkenal ndeso. Terbuat dari belut serta memiliki cita rasa khas yang gurih, bercampur dengan asam pedas dan irisan daun jeruk, menjadikan sambel welut sangat digemari di yogyakarta.

Tidak hanya nikmat pastinya Sambel Welut juga cocok disantap dengan nasi hangat. Jadi, jika tertarik mencoba Sambel Welut saat berada di Jogja. Anda bisa mampir ke warung makan Pak sabar di Dusun Dokaran, Kabupaten Bantul.

44. Wedang Tahu

Wedang Tahu
Wedang Tahu, Foto oleh Merdeka Com

Wedang tahu atau yang biasa disebut tahwa merupakan hidangan kembang tahu atau biasa digunakan sebagai snack saat pagi hari yang dingin. Kembang tahu yang lembut dan ringan terbuat dari olahan kedelai yang dilengkapi dengan kuah jahe.

Rasanya mirip dengan Wedang Ronde, manis segar dan menghangatkan tubuh. Jadi, sebelum Anda menikmati menu sarapan pagi, icip-icip Wedang Tahu ini bisa jadi pilihannya. 

45. Lumpia Samijaya

Lumpia Samijaya
Lumpia Samijaya, Foto oleh Guide Ku Com

Tidak hanya Semarang yang terkenal dengan lumpiannya, Jogja juga punya Lumpia Samijaya yang tidak kalah nikmatnya. Lumpia Samijaya merupakan kuliner Jogja yang melegenda dan sudah terkenal sejak tahun 1976.

Memiliki isian campuran daging ayam, bengkoang dan telur puyuh, menjadikan lumpia khas Jogja ini punya perpaduan rasa yang unik dan pastinya bergizi. Selain nikmat Lumpia Samijaya juga murah lho. Cukup dengan harga mulai dari Rp4.500 saja, kamu bisa menikmati kelezatan Lumpia Samijaya sebagai teman berkeliling area Malioboro. 

46. Jenang Lempuyangan

Jenang Lempuyangan merupakan jajanan tradisional khas Jogja yang punya tempat dihari semua kalangan. Jenang lempuyang merupakan 3 jenis jenang yang terdiri dari jenang candil, jenang mutiara dan jenang sumsum yang bisa Anda pilih sesuai selera.

Jajanan yang punya cita rasa manis ini cocok disantap sebagai camilan di sore hari. Manisnya jenang yang khas bakal membawa Anda ingat terus momen manis di kota ini. Jadi, mau makan Jenang Lempuyang saat berada di Jogja? 

47. Kupat Gule Bang Doel

Kupat biasanya ditemukan setiap momen lebaran, namun tidak dengan kupat bang doel. Anda dapat menemukan Kupat Gule Bang Doel setiap hari. Terletak di Jalan Kaliurang, satu porsi Kupat Gule Bang Doel berisikan potongan ketupat, suwiran ayam dan telur rebus.

Uniknya meskipun namanya Gule, kuah kupat ini berwarna merah dan punya cita rasa gurih. Jadi perpaduan rasa yang pecah di mulut dan pastinya mengenyangkan sejak pertama Anda menyantapnya. Jadi, tertarik untuk sarapan dengan menu Kupat Gule Bang Doel?

48. Coklat Monggo

Coklat Monggo
Coklat Monggo, Foto oleh Medium Com

Kuliner Jogja ini cocok jadi teman ngemil mengexplore keindahan kota Jogja ataupuns sebagai buah tangan, Coklat Monggo. Seperti namanya Coklat Monggo merupakan olahan coklat dengan berbagai pilihan rasa dan ukuran yang bisa kita pilih sesuai selera.

Uniknya lagi Coklat Monggo khas Jogja ini juga menyediakan edisi khusus yang tidak dijual di tempat manapun. Jadi, manisnya Coklat Monggo bakal bikin ingat momen manis di kota Jogja terus ya sobat Kuliner Kota mulai dari gigitan pertama saja. Untuk mendapatkan Coklat Monggo, Anda bisa datang ke pabriknya langsung di Kota Gedhe, tepatnya Jalan Dalem KG III/ 978, Purabayan.

49. Jogja Scrummy

Jogja Scrummy
Jogja Scrummy, Foto oleh Toko Pedia Com

Kuliner Jogja kekinian yang cocok sebagai teman ngeteh sore hari ataupun sebagai buah tangan adalah Jogja Scrummy. Kue kekinian ini merupakan perpaduan puff pastry dan brownies yang lembut serta lumer di mulut. Rasanya yang khas serta pastinya juga sudah populer di kalangan pecinta kue kekinian membuat makanan ini wajib Anda beli saat berada di Kota Jogja.

Selain nikmat, pastinya Jogja Scrummy juga mempunyai cabang yang tersebar di sudut kota loh sobat Kuliner Kota. Jadi, jika Anda tertarik membelinya bisa datang langsung ke gerai yang dekat dengan penginapan. 

50. Wedang Uwuh

Wedah Uwuh
Wedang Uwuh, Foto oleh Grid Id

Puas menikmati kuliner Jogja, Anda wajib mencoba minuman khas Jogja Wedang Uwuh. Wedang uwuh merupakan minuman yang berasal dari dedaunan seperti cengkeh, pala, jahe, kulit secang dan pemanis gula batu. Selain nikmat dan menyegarkan, Wedang Uwuh juga dipercaya memiliki manfaat untuk menghangatkan tubuh.

Jadi, cocok diminum disaat musim hujan untuk menghangatkan tubuh. Untuk mendapatkan Wedang Uwuh, Anda bisa membelinya di berbagai warung pinggir jalan sampai toko oleh-oleh juga ada. Jadi, bagaimana tertarik mencoba minuman satu ini? 

Itu dia, 50 makanan khas Jogja yang bisa anda cicipi. Jangan lupa sempatkan waktu untuk mencoba kelezatan kuliner Jogja yang legendaris sampai kekinian. Siapkan budget khusus dan coba saja kelezatan kuliner khas Jogja yang dijamin bikin nagih dan menggoyangkan lidah. 

Last Updated on August 7, 2020 by Siti Ruli Wahyuni

Sisca Dwi Rachmawati
Sisca Dwi Rachmawati traveling enthusiast

2 Replies to “✓50 Kuliner Jogja dan Makanan Khas Yang Murah Meriah”

  1. Mantabss sih, informasinya cukup memberikan pengetahuan bagi yang belum tau kuliner-kuliner jogja. saya pernah makan sate klatak di jogja, enakkk

    1. Bener sih, mantaps abis, kuliner Jogja emang murah meriah dan nggak bikin kantong tipis, so pasti enak juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *